SELEBRITI

Terbukti Bersalah, Fajar Umbara Divonis 2 Tahun Penjara

Selasa, 14 September 2021 06:55

Fajar Umbara terbukti bersalah © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pengadilan Negeri Tangerang kembali menggelar sidang kasus dugaan penganiayaan anak di bawah umur dengan terdakwa sutradara Fajar Umbara, Senin (13/9/2021). Pada sidang beragendakan putusan tersebut, Fajar Umbara dinyatakan bersalah telah melanggar Pasal 80 UU no 23 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Atas perbuatannya, Fajar Umbara divonis hukuman 2 tahun penjara. Selain itu, ia juga dikenai denda Rp 100 juta subsider 3 bulan penjara, dipotong masa tahanan.

"Menetapkan terdakwa bersalah dan menjatuhkan pidana 2 tahun dipotong masa tahanan dan denda Rp. 100 juta. Apabila tidak bisa membayar denda, maka diganti dengan kurungan penjara selam 3 bulan," kata Hakim di ruang sidang.

Putusan ini lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa yang meminta Hakim menjatuhkan vonis hukuman 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp. 100 juta subsider 5 bulan.

1. Fajar Umbara Menerima Hasil Putusan?

Dalam keputusan tersebut, Hakim menimbang hal yang meringankan bagi Fajar Umbara, yakni sebelumnya Fajar tidak pernah melakukan tindak pidana.

"Hal yang meringankan adalah terdakwa sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan hukum," kata Hakim.

Sebelum mengetuk palu, Hakim bertanya kepada Fajar Umbara yang menghadiri sidang secara virtual, apakah menerima hasil putusan atau akan mengajukan banding? "Saya serahkan kepada penasihat hukum yang mulia," kata Fajar Umbara yang langsung dijawab kuasa hukum Fajar.

"Kami akan pikir-pikir dahulu yang mulia," tutur pengacara Fajar, Boy Sulimas.


REKOMENDASI
TRENDING