FILM INDONESIA

Syuting Film 'SOEKARNO', Hanung Lakukan Ritual

Jum'at, 10 Mei 2013 12:11 | 

Hanung Bramantyo


Syuting Film 'SOEKARNO', Hanung Lakukan Ritual




Kapanlagi.com - Antara percaya dan tak percaya, Hanung Bramantyo akhirnya memilih untuk melakukan sebuah ritual kala akan memulai syuting film SOEKARNO: INDONESIA MERDEKA. Menurutnya, kondisi mengharuskannya untuk melakukan ritual tersebut.

"Mungkin tidak logis ya. Awalnya saya menolak namun karena keadaan yang mengharuskan seperti itu. Saya harus menjalani ritual-ritual tertentu supaya berjalan baik," kata Hanung dalam gathering film SOEKARNO: INDONESIA MERDEKA di Hotel Four Season, Kuningan, Jakarta Selatan (8/5).

Hanung BramantyoHanung Bramantyo

Diceritakan oleh Hanung, bahwa pada hari pertama syuting di bulan April, dirinya terkendala oleh cuaca yang sangat tidak memungkinkan untuk melanjutkan syuting. "Padahal 1 hari sebelum syuting kondisi cerah, stamina penuh optimis dan lainnya. Pas syuting semua gelap dan mendung," lanjutnya.

"Satu hari yang harusnya 5 scene hanya 1 scene dan ga selesai. Makanya ada yang bilang harus jalani ritual," tutur Hanung.

Hanung pun melakukan meditasi dan berdoa dalam ritualnya. "Cuma berdoa, meditasi, bilang bahwa saya buat skenario Soekarno, hari berikutnya cuaca cerah. Emang ada mitologi-mitologi tertentu. Dan Bung Karno itu dekat dengan hal itu. Sekalipun beliau sudah tinggal nama, aura dan kharismanya itu tidak bisa hilang dan tidak tergantikan," tandasnya.

Simak juga:

Film Tentang Pemilu '2014' Rilis Poster Pertama
Hanung Bramantyo Izin Ahok Untuk Buat Film 'SOEKARNO'
Menanti Tiga Film Kisah Hidup Soekarno
Daftar Pemenang XXI Short Film Festival 2013
Zaskia Adya Mecca Santai di Kehamilan Kedua
  (kpl/kid)




Lihat Arsip Film Indonesia

- - -