in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Mengenang Didi Kempot lewat Silsilahnya, Berasal Dari Keluarga Seniman Asal Surakarta

Selasa, 05 Mei 2020 12:34

© istimewa

Kapanlagi.com - Didi Kempot sang 'Godfather of Broken Heart' meninggal dunia di usia 53 tahun pada Selasa (5/5/2020) pagi pukul 07.30 di RS Kasih Ibu Solo. Kepergian Didi Kempot yang mendadak meninggalkan duka untuk para sobat ambyar (sebutan untuk penggemar) dan segenap masyarakat Indonesia yang mengagumi karya-karyanya.

Keberhasilan Didi Kempot tak lepas dari dukungan dan teladan keluarganya yang berasal dari Surakarta. Sang maestro campur sari ini berasal dari keluarga yang mayoritas anggotanya adalah seniman. Kedua orang tua dan saudara-saudara Didi Kempot bergelut di dunia seni, mulai dari pelawak hingga penyanyi. Simak yuk silsilah Didi Kempot yang berasal dari keluarga seniman asal Surakarta.

1. Maestro Campur Sari

Didi Kempot yang memiliki nama asli Dionisius Prastyo lahir di Surakarta pada 31 Desember 1966. Ia memulai karir di dunia musik sebagai musisi jalanan lalu mengadu nasib di ibukota. Nama panggungnya 'Kempot' merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar.

2. Istri Rekan Duet

Yan Vellia merupakan istri Didi Kempot yang terpaut usia 15 tahun. Yan Vellia sendiri adalah seorang penyanyi dangdut. Keduanya pernah merilis lagu bersama dan kerap duet di atas panggung. Meski jarang terekspos, Yan Vellia selalu setia menemani sang suami bahkan hingga menghembuskan nafas terakhirnya.

3. Ayah Pelawak Kondang

Ranto Edi Gudel adalah seorang seniman ketoprak dan pelawak Solo yang kondang pada zamannya. Ranto Gudel kerap mengajak Didi Kempot dan Mamiek Prakoso saat tampil dan menginspirasi sang maestro campur sari untuk bergelut di bidang seni.

4. Ibu Penyanyi Tradisional

Ibunda Didi Kempot merupakan seorang penyanyi tradisional bernama Umiyati Siti Nurjanah. Sang ibu juga merupakan sosok kebanggaan yang menjadi teladan Didi Kempot di dunia musik, khususnya genre musik tradisional.

5. Kakak Personil Srimulat

Mamiek Prakoso mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi seorang pelawak. Pria kelahiran 1961 yang merupakan kakak dari Didi Kempot ini mengawali karirnya sebagai pelawak bersama grup Srimulat. Ia juga sempat menjajal kemampuannya di dunia akting. Pelawak kenamaan Indonesia ini meninggal dunia di usianya yang ke-53 pada tanggal 3 Agustus 2014 silam akibat penyakit liver.

6. Kakak Musisi Campur Sari

Joko Lelur Sentot Suwarso atau Sentot Selino adalah salah satu kakak Didi Kempot. Ia merupakan seorang musisi campur sari yang turut andil salam perjalanan karir sang 'Godfather of Broken Heart' dari awal hingga meraih sukses. Sentot Selino tutup usia di tahun 2016 silam akibat gagal ginjal.

7. Adik Penyanyi Campur Sari

Eko Guntur Martinus atau yang dikenal dengan nama Eko Gudel menikuti jejak sang kakak menjadi seorang penyanyi campur sari. Eko Gudel kerap tampil membuka show Didi Kempot di berbagai daerah di Indonesia.

REKOMENDASI
TRENDING