in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 4 Top 21 LIDA 2019, Diyan Duta Kalimantan Barat Tersenggol

Senin, 25 Maret 2019 15:00 Penulis: Louvina Gita

Grup 4 Top 21 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 21 besar. Setelah 3 grup tampil dan mengeliminasi tiga peserta, semalam giliran peserta dari grup 4 yang adu kemampuan untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya, Minggu malam (24/3).
 
Mereka yang berada di grup 4 adalah Faul (Aceh), Diyan (Kalimantan Barat), dan Ebi (Jambi. Setelah diacak urutan tampil, Faul mendapat kesempatan tampil pertama. Membawakan lagu berjudul Sabda Cinta, ia berhasil membuat seluruh juri dan panel provinsi memberikan seluruh lampu dukungan kepadanya.

Bahkan  penampilannya yang spektakuler mendapat lima standing ovation (SO) dari Nassar, Inul Daratista, Rita Sugiarto, Dewi Perssik, dan Caren Delano. Hanya Soimah yang berada di bangku dewan juri yang tidak memberikan Faul SO. Namun begitu, Soimah memberikan Faul sebuah kecupan.

“Seperti biasa kamu tampil bagus. Tapi malam ini saya tidak berdiri karena kamu kurang Waw. Terlihat dari body language nya kamu kurang yakin. Kamu juga harus perhalus falset kamu,” ujar Soimah. 

1. Diyan Gagal Eksekusi Lagu

Diyan menjadi penampil kedua. Membawakan lagu berjudul Sabu Sabu, perwakilan dari provinsi Kalimantan Barat ini tampil kurang maksimal. Penampilannya hanya diganjar tiga lampu dukungan panel provinsi dan satu lampu biru dari juri. Empat juri memberikannya lampu merah tanda tak suka atau tak mendukung.

“Kamu gagal mengeksekusi lagu ini, penyampaian gagal, nge rap juga lupa, saya tidak bisa menikmati nyanyian kamu. Kamu harus bisa mengontrol semuanya agar lebih maksimal,” Inul Daratista mengomentari penampilan Diyan.

Sementara sebagai penampil terakhir, Ebi yang merupakan wakil dari provinsi Jambi tampil memukau. Halnya Faul, Ia juga berhasil memborong seluruh lampu dukungan juri dan panel provinsi. Ia juga membuat tiga juri berdiri untuk memberikannya SO atas penampilannya yang luar biasa dalam melantunkan tembang Dia Lelaki Aku Lelaki.

“Saya menunggu penampilan kamu, cengkok kamu bagus dan mateng. Ekspresi kamu bagus, sesuai dengan ekspektasi saya. Kamu harus pertahankan itu semua untuk penampilan kamu seterusnya,” ucap Nassar.

2. Peserta Tampil Bersama

Setelah tampil solo, ketiga peserta dari grup 4 Top 21, kembali diuji kemampuannya untuk bernyanyi secara bersamaan dalam melantunkan lagu berjudul Judi yang dinilai para dewan juri. Untuk penampilan kedua, Faul meraih empat lampu biru, Ebi empat lampu biru, dan Diyan sama sekali tak meraih lampu biru.

Setelah itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta.

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Faul dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,67. Dari juri sebesar 9,47. Dari pemirsa sebesar 31,66. Setelah digabungkan, Faul meraih total nilai 42,80.

3. Skor Akhir

Sedangkan Diyan yang tampil kedua meraih nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 1. Dari pemirsa sebesar 17,18. Setelah digabungkan, Diyan meraih total nilai 19,89.

Ebi yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 9,47. Dari pemirsa sebesar 26,17. Setelah digabungkan, Ebi meraih total nilai 37,31.

Dengan demikian Faul berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 42,80. Sementara Ebi berada di posisi kedua dengan total nilai 37,31 dan Diyan harus puas  berada di posisi terbawah dengan total nilai 19,89.

Sebagai peraih nilai terendah, Diyan pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING