EKSKLUSIF
Film Biopic (4)

Pro-Kontra Film Biopic Internasional, di Indonesia?

Pro-Kontra Film Biopic Internasional, di Indonesia?



Selasa, 24 September 2013 14:31 | 

Jim Morrison


Kapanlagi.com - Faktanya, film biopic untuk para musisi bukanlah hal baru. Bila bicara soal biopic musisi, ah, jadi panjang sekali dan bahkan, bisa melahirkan perdebatan akibat selera yang berbeda-beda.

Selain hiburan, film biopic juga berfungsi sebagai media pembelajaran. Dari generasi ke generasi, anak-anak muda mengenakan T-shirt bertuliskan Sex Pistols, dan film SID & NANCY membantu mereka mendapat gambaran se-'kacau' apa band itu, serta mengapa mereka jadi legenda.

Satu film yang terbilang menggebrak Hollywood adalah RAY (2004) yang menuturkan kisah hidup musisi Amerika, Ray Charles. Diperankan oleh Jamie Foxx, film ini tak hanya memberinya Academy Awards untuk Kategori Aktor Terbaik, namun juga mengantar Jamie naik level sebagai seorang aktor.

Film biopic memang tidak bisa diremehkan keberadaannya. Untuk peran Jim Morrison dalam biopik THE DOORS (1991), tak main-main, mulai dari Tom Cruise, Johnny Depp, John Travolta, Richard Gere bahkan sampai Bono (U2) ingin menjajal watak Morrison.

Seperti diketahui, akhirnya peran jatuh ke tangan Val Kilmer, yang begitu sukses mendramatisir. Dia bahkan menyanyikan sendiri lagu-lagu The Doors yang dipakai sebagai soundtrack film. Sampai sekarang, Jim Morrison adalah salah satu peran terbaik Val Kilmer, dan kerap disebut sebagai penampilan terbaik sepanjang tahun 1991.

Personel The Doors lain dikabarkan tidak bermasalah dengan penampilan Val Kilmer yang menghebohkan. Disebutkan, mereka bahkan kesulitan membedakan vokal Morrison dengan Kilmer! Penampilan Kilmer begitu membekas, sehingga terkadang ketika mencari gambar Jim Morrison di internet, yang muncul adalah wajah Val Kilmer dengan pose termasyhur ini.

©atoztalk.com©atoztalk.com

Berbeda nasib dengan Beyonce Knowles. Dalam film CADILLAC RECORDS, Beyonce memerankan Etta James dan menyanyikan megahit legendaris I'd Rather Go Blind. Kemudian, Beyonce mulai sering membawakan hit Etta lainnya, yaitu At Last. Awalnya, Etta mengaku tak ada masalah dengan penampilan Beyonce, namun lama-kelamaan dia mulai terganggu dan bahkan mengancam memukul pantat Beyonce karena dirasa mengganggunya.

Film biopic lain yang sempat ramai jadi pembicaraan adalah WALK THE LINE. Bertutur soal musisi country kesayangan Amerika, Johnny Cash, film ini dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Reese Witherspoon. WALK THE LINE mendapat lima nominasi, termasuk Aktor Terbaik, Aktris Terbaik (dimenangkan oleh Reese Witherspoon) dan Kostum Terbaik.

Mendapatkan banyak pujian dan sanjungan, adik Johnny, Rosanne Cash, justru melontarkan kritikan tajam. Menurutnya, menonton WALK THE LINE sangat menyakitkan, karena tidak ada kemiripan para pemeran dengan keluarganya.

Penolakan juga sempat datang dari ibu Nancy Spungen. Nancy adalah kekasih Sid Vicious, bassist band punk Inggris, Sex Pistols yang menjalin cinta segitiga dengan obat-obatan terlarang. Pada akhirnya, narkoba adalah yang merenggut nyawa Sid dan Nancy, serta membuat Sex Pistols menjadi legenda. SID AND NANCY (1986) mendapat rating dewasa, akibat banyak adegan penggunaan narkoba, kekerasan dan seksualitas.

Vokalis Sex Pistols, John Lydon juga menyuarakan ketidaksukaannya terhadap film SID AND NANCY dalam buku autobiografi, ROTTEN: NO IRISH, NO BLACKS, NO DOGS. Selain mengubah jalan cerita, Lydon juga merasa tidak dianggap selaku seorang saksi hidup. Walaupun gagal masuk nominasi ajang Academy Awards, namun SID AND NANCY mendapat nominasi di ajang-ajang film yang lebih tidak mainstream, seperti Boston Society of Film Critics.

Ramainya pro dan kontra tentu tidak menghentikan pembuatan film-film biopic ini. Yang sudah masuk jadwal, antara lain biopic untuk bintang RnB yang meninggal dalam kecelakaan pesawat, Aaliyah. Rekannya, Tupac Shakur, juga dipersiapkan biopicnya di bawah judul TUPAC, sementara Freddie Mercury (Queen, meninggal akibat AIDS), akan tampil dalam MERCURY.

Andre Benjamin mendapat kehormatan memerankan legenda Jimi Hendrix dalam ALL IS BY MY SIDE. Seorang musisi tampil sebagai musisi legenda yang sudah tiada, rasanya tentu luar biasa. Sayangnya Andre yang populer dengan nama Andre 3000 (Outkast) dilarang menyanyikan lagu-lagu Jimi Hendrix. Saudara Jimi yang memegang kontrol perizinan, menolak ide tersebut.

Di Indonesia sendiri, sampai tulisan ini diturunkan, belum pernah ada pembuatan film biopic musisi. Slank memang dikabarkan akan menjadi tokoh sebuah film, namun bukan biopic, melainkan biografi.

Namun sudah sejak lama, Indonesia dikenal lemah soal pendokumentasian. Bukan tak mungkin, sudah tercetus niat-niat melahirkan film biopic, namun masih terhalang oleh data riset. Generasi sekarang tentu perlu tahu soal Benyamin S, Koes Plus, bahkan mungkin The Tiellman Brothers, agar seimbang dengan Justin Bieber, Miley Cyrus dan Rihanna. Sebuah film biopic, juga bisa menjadi bentuk penghargaan terhadap seseorang.

# Simak seri pembahasan film biopic yang lain:

Risiko Tinggi Film Biografi Tokoh Terkenal
Pasang Surut Film Biografi Tokoh Terkenal Tanah Air
Film Biografi Tokoh Terkenal, Tak Selamanya Akurat
Pro-Kontra Film Biopic Internasional, di Indonesia?
(kpl/rea/dew)