HOME » EVENT

10 Tradisi Merayakan Tahun Baru Di Indonesia, Nomor 2 Bisa Memakan Korban Number

Jum'at, 03 Januari 2020 17:39

10 Tradisi Merayakan Tahun Baru Di Indonesia, Nomor 2 Bisa Memakan Korban Number
Pesta Kembang Api di Ancol (Credit: liputan6.com)






Kapanlagi.com - Pergantian tahun menjadi momen yang disambut meriah oleh dunia. Tidak lama lagi kita akan meninggalkan tahun 2018, dan akan menyambut tahun baru 2019 dengan berbagai macam perayaan. Perayaan malam tahun baru yang tepatnya pada tanggal 31 Desember merupakan perayaan yang dilakukan setiap tahun diberbagai negara. Setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan malam pergantian tahun, termasuk Indonesia. Berikut ini 10 tradisi merayakan tahun baru di Indonesia:

1. Meniup Terompet

Ketika malam pergantian tahun, semua orang yang turut merayakannya akan berkumpul disatu titik pusat kota, misalnya alun-alun. Kumpulnya banyak orang dipusat kota akan semakin ramai ketika setiap orang meniup terompetnya masing-masing. Ada berbagai macam terompet yang digunakan untuk merayakan pergantian tahun, seperti terompet biasa atau jenis tegon dan topi, berbentuk burung, udang, ular, gitar, terompet plastik, dan lain-lain.

2. Pesta Kembang Api

Tak hanya meniup terompet, pesta kembang api juga momen yang paling ditunggu-tunggu dalam malam pergantian tahun. Kembang api yang berwarna-warni dan berbentuk pijar-pijar api akan diluncurkan ke angkasa tepat pada pukul 00.00, dimana hal tersebut sebagai pertanda bahwa tahun baru sudah datang. Namun perlu diingat bahwa bermain petasan tak selamanya aman. Banyak korban umumnya anak-anak yang menjadi korban.

3. Kumpul Bersama Keluarga

Malam pergantian tahun baru merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga yang pisah dengan anggota keluarga lainnya. Dimana pada malam itu, para anggota keluarga yang jauh atau merantau akan kembali kerumah untuk berkumpul kembali bersama keluarganya.

4. Bakar-Bakar

Berkumpul bersama keluarga rasanya kurang lengkap jika tidak memasak bersama. Momen tahun baru selalu identik dengan teknik memasak bakar atau panggang. Biasanya sebuah keluarga akan membakar jagung, ikan, maupun daging untuk dimakan bersama-sama. Selain itu, bara api di malam hari membuat suasana menjadi lebih hangat.

5. Berkemah

Para remaja biasanya memanfaatkan malam pergantian tahun untuk berkemah bersama teman-temannya, baik itu teman sekolah, teman kuliah, maupun teman bermain.

6. Liburan

Desember merupakan bulan yang ditunggu-tunggu, karena dibulan ini bisa jadi libur panjang. Mulai dari liburan natal hingga tahun baru. Libur panjang ini dimanfaatkan oleh para keluarga untuk mengisi waktunya dengan liburan.

7. Banyak Event Konser

Ketika malam pergantian tahun baru, banyak event konser yang diadakan baik itu off air maupun on air. Stasiun televisi swasta biasanya mengadakan konser untuk turut memeriahkan acara malam pergantian tahun baru, konser tersebut dimeriahkan pula oleh artis-artis papan atas sehingga dapat menarik perhatian para penonton. Tak hanya konser musik, pihak penyelenggara konser juga biasanya turut melakukan pesta kembang api ketika pukul 00.00.

8. Mandok Hatta

Bagi orang Batak, dalam sukunya ada tradisi di mana setiap pergantian tahun baru, tepat pukul 12 malam, ada yang namanya Mandok Hatta (menyampaikan kata) di keluarga. Mandok hatta ini merupakan acara ibadah bersama. Kemudian setelah selesai beribadah, anak paling kecil di keluarga tersebut harus mengungkapkan isi hatinya selama setahun ke belakang, seperti permintaan maaf, perubahan sikap, harapan, dan impiannya pada tahun mendatang. Semua itu diungkapkan di depan keluarga, sehingga semua saling terbuka satu sama lain dan saling memaafkan.

9. Menyewa Villa

Tidak sedikit dari beberapa keluarga yang menyewa villa ketika malam pergantian tahun baru. Villa yang paling banyak disewa adalah disekitar puncak, misalnya puncak Bogor. Di villa tersebut seluruh anggota keluarga kumpul bersama. Tak hanya berkumpul, aktivitas lainnya juga dilakukan misalnya bakar-bakar makanan, bermain game, dan besok paginya berenang.

10. Tidur di Rumah

Tidak semua orang turut merayakan malam pergantian tahun baru, ada sebagian juga yang memilih diam dirumah. Karena banyaknya orang yang keluar pada malam tahun baru akan menyebabkan macet, dan seluruh tempat wisata pun juga penuh dan ramai. Maka ada sebagian orang yang lebih memilih untuk diam dan tidur dirumah saja.

Tahun baru 2019 sudah didepan mata. Diantara 10 tradisi meramaikan malam pergantian tahun baru, nomor berapa yang akan kamu lakukan untuk merayakan tahun baru 2019 ini?

(kpl/mel)


    > KEMBALI KE DEPAN