INDONESIA

Artis Yang Memerankan Karakter Beda Agama

Rabu, 06 Juni 2012 18:00  | 

Hanung Bramantyo


Artis Yang Memerankan Karakter Beda Agama
Mahaka Pictures




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Menjadi seorang pemain film harus memiliki totalitas untuk setiap karakter yang diembankan padanya. Baik karakter protagonis maupun antagonis. Baik yang dekat dengan keseharian atau jauh berbeda. Setiap aktor maupun aktris harus memiliki keberanian menjauh dari zona aman agar penonton berhasil terperdaya seolah karakter yang mereka mainkan adalah nyata.

Atas nama totalitas pula, ada beberapa selebritas Indonesia yang mau bermain film jauh dari latar belakang mereka. Dalam hal ini kita akan menyinggung soal agama. Pasca AYAT-AYAT CINTA sukses merebut hati pecinta film tanah air, film bertema keagamaan semakin sering dibuat.

Untuk kepentingan naskah, kadang dipilih orang-orang berbeda agama untuk memainkan karakter tersebut. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orang-orang ini mampu bermain dengan begitu mumpuni karena totalitas. Penasaran siapa saja mereka? Di bawah ini kami berikan daftar artis yang memainkan karakter berbeda agama.

CARISSA PUTRI


Foto: MD Pictures

Dalam AYAT-AYAT CINTA, Carissa Putri diplot memerankan sosok Maria. Seorang gadis beragama nasrani yang gemar menghafal ayat-ayat Al-Quran. Film yang diadaptasi berdasarkan novel best seller ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Turut dibintangi oleh Fedi Nuril dan Rianti Cartwright.

RIO DEWANTO


Foto: Mahaka Pictures

Sosok berwajah oriental ini mulai dikenal sejak berakting dalam film fenomenal yang rilis tahun 2011. Dalam film bertajuk '?' ini, Rio diplot memerankan sosok keturunan Tionghoa dengan karakter yang keras. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, Rio adalah seorang muslim. Dalam proyek film terbarunya nanti, Rio akan berperan dalam sebuah film religi berjudul BAIT SURAU.

LADYA CHERYL


Foto: Istimewa

BABI BUTA INGIN TERBANG adalah salah debut film panjang Edwin yang dilarang beredar. Drama yang menyorot masalah sosial kaum minoritas Indonesia ini memasang Ladya Cheryl sebagai karakter sentral. Ladya diplot memerankan sosok Tionghoa yang dikucilkan karena dianggap berbeda. Dalam keseharian, pemeran Alya dalam ADA APA DENGAN CINTA? Ini merupakan pemeluk agama Islam.

ENDHITA


Foto: Mahaka Pictures

Endhita merupakan istri dari Onci, salah satu member Ungu yang beragama muslim. Dalam film '?' yang disutradarai Hanung Bramantyo, Endhita diplot memerankan karakter yang pindah agama dari Islam ke Kristen.

MARSHA TIMOTHY


Foto: Frame Ritz

Marsha Timothy yang dalam keseharian adalah aktris beragama Nasrani  diemban sebagai wanita muslim dalam KHALIFAH. Di film ini, Marsha mengaku benar-benar menjiwai karakter yang dipercayakan oleh sang sutradara padanya. Pasalnya dalam film yang juga dibintangi oleh Ben Joshua dan Indra Herlambang ini, Marsha memerankan karakter wanita penurut yang kemudian didoktrin oleh suami hasil perjodohan keluarganya. Termasuk atas keputusan memakai burqa.

AGUS KUNCORO


Foto: Mahaka Pictures

Dalam '?' Agus Kuncoro memang memerankan karakter sesuai dengan agama Islam yang dia percaya. Namun pilihan yang diambil karakter di naskah untuk terlibat dalam sebuah pentas keagamaan lain membuat film ini akhirnya diprotes. Bahkan sempat hampir ditarik dari peredaran. Dan diprotes ketika akan tayang di salah satu stasiun TV swasta.

SHANDY AULIA

                                     Foto: Soraya Intercine Films

Sosok cantik Shandy Aulia dikenal lewat film sukses EIFFEL I'M IN LOVE. Setelah jarang terlihat di layar lebar, Shandy memutuskan untuk bermain dalam sebuah sinetron berjudul INAYAH. Dalam sinetron produksi Soraya Intercine Films tersebut Shandy memerankan karakter wanita muslimah yang selalu tertindas.

NIRWAN DEWANTO BAKRIE


Foto: Puskat Film

Mengaku dipaksa memerankan sosok uskup pertama di Indonesia oleh Garin Nugroho, Nirwan memperoleh sesuatu yang lain dalam film debutnya bertajuk SOEGIJA tersebut. Nirwan yang dalam keseharian adalah pemeluk agama Islam telah diberi pencerahan bagaimana itu toleransi.

Demikian beberapa aktor-aktris yang memerankan karakter berbeda agama. Bagaimana, setujukah Anda bahwa akting mereka memang patut diacungi jempol ? (kpl/abs)