INDONESIA

Bikin Film? Ini Soal Kerja Tim

Jum'at, 20 Juli 2012 00:00

Bikin Film? Ini Soal Kerja Tim
German Mintapradja, director of photography. Foto: LA Lights Indiemovie





KapanLagi.com - Sebuah film bagus itu tidak hanya bergantung pada sutradara, jalan cerita, dan pemain saja. Sebuah film bakal tergarap sempurna bila tercipta kerja tim yang bagus dan proses kreatif maksimal dari setiap yang terlibat di dalamnya.

Salah satunya adalah peran seorang Director of Photography (DoP). German Mintapradja, jurnalis yang 'hobi'-nya membuat film secara profesional, menekankan pentingnya pengertian teknis bagi seorang DoP.

Bila tertarik menjadi seorang DoP, atau bahkan menekuninya hingga tingkatan profesional, hal-hal teknis adalah dasar untuk bisa berimprovisasi dari sisi sinematografi. Karena dalam membuat film, bukan hanya aktor dan aktris saja yang boleh improvisasi.

Seorang DoP harus menemukan cara-cara kreatif dalam menemukan solusi untuk menghasilkan gambar yang menarik walau dengan peralatan yang seadanya. Bahkan kalau perlu, diada-adakan aja!.

Dengan latar belakang jurnalistik, German menceritakan pengalaman uniknya sebagai anggota Associated Press. Bagi dia, mengambil gambar itu sama dengan mendongeng. "Gambar itu harus lebih dari sekedar informasi 'ada apa di sana'. Kamera bagi seorang DoP adalah sebuah pena, shot adalah kata, scene adalah kalimat dan tugas DoP adalah menuliskan cerita dalam bentuk gambar bergerak," paparnya. 

Sebagai gambaran, ketika mengambil gambar kebakaran, German tak akan mengambil gambar wartawan reportase dengan latar belakang api yang berkobar. Ia akan memulai liputannya dengan mengambil gambar seorang anak yang berlari membawa ember, mengoperkannya kepada seseorang, begitu seterusnya sampai orang terakhir menyiramkan seember air ke kobaran api.

German mengingatkan bahwa tugas seorang DoP adalah membantu mewujudkan visi seorang sutradara dalam bentuk gambar bergerak. DoP harus memberikan saran terbaiknya kepada sutradara.

Namun, walaupun sama-sama dipanggil "director", keputusan akhir tetap ada di tangan sutradara. Salah satu kontribusi DoP adalah memastikan gambar yang dihasilkan lebih dari layak untuk ditayangkan.

Salah satu contoh kreativitas seorang DoP adalah ketika budget terbatas, maka seorang DoP menggunakan skateboard untuk solusi tracking yang dibutuhkan dalam shot. Atau yang lebih ekstrim seorang DoP meminjam kursi roda dari puskesmas. Jangan salah, tracking juga bisa disiasati dengan memakai kursi roda juga lho!

Kreativitas bisa tercipta dengan sumber daya yang ada bukan? Ayo segera kumpulkan ide kreatif untuk membuat filmmu lebih keren lagi.

(prl/dka)