INTERNASIONAL

'CHLOE', Sang Wanita Penggoda

Rabu, 30 Juni 2010 09:13  | 

Julianne Moore







KapanLagi.com - Pemain: Julianne Moore, Liam Neeson, Amanda Seyfried, Nina Dobrev, Max Thieriot

3 star3 star

Oleh: Fatchur Rochim

Berhati-hatilah dengan prasangka. Prasangka memang tak pernah punya dasar pijakan yang kuat namun di titik tertentu prasangka bisa jadi sebuah kenyataan yang hidup di alam pikiran kita. Bila diteruskan, bisa jadi prasangka itu pula yang akan membunuh kita pelan-pelan. Catherine (Julianne Moore), misalnya, selalu mengira suaminya berselingkuh dan gara-gara prasangka ini pula kehidupan keluarga Catherine malah jadi berantakan.

Catherine adalah seorang dokter sukses sementara David (Liam Neeson), suaminya, adalah seorang dosen. Tanpa mereka sadari karier mereka telah membuat hubungan mereka jadi makin renggang. Ditambah lagi dengan Michael (Max Thieriot), putra mereka, yang mulai menginjak remaja dan sering menjadi masalah dalam keluarga mereka.

Suatu ketika, Catherine berencana membuat pesta ulang tahun untuk David namun tiba-tiba saja David mengatakan kalau ia tak bisa pulang karena terlambat sampai di bandara. Dari sini mulai muncul kecurigaan Catherine kalau David berselingkuh. Pertemuan Catherine dengan seorang wanita bernama Chloe (Amanda Seyfried) memunculkan ide gila di benak Catherine. Catherine membayar Chloe untuk menggoda David dengan maksud menguji kesetiaan suaminya ini.

Awalnya rencana Catherine berjalan lancar namun makin lama hubungan Catherine dengan Chloe jadi semakin rumit dan bahkan melibatkan Michael juga. Kini rencana awal Catherine jadi berantakan dan ia harus menghadapi konsekuensi dari rencananya.

Di atas kertas, CHLOE ini memang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, film ini dibuat berdasarkan film berjudul NATHALIE yang beredar di tahun 2004 lalu. Versi aslinya sendiri sempat mendapat banyak pujian dari para kritikus film dan bisa jadi prestasi ini ikut 'menular' pada versi remake-nya.

Lalu ada Atom Egoyan yang dipercaya menjadi sutradara film bergenre thriller ini. Nama Atom Egoyan sendiri adalah nama yang sangat diperhitungkan di dunia film, terutama sejak ia membuat EXOTICA di tahun 1994 lalu. Nama yang disebut sebagai penulis naskah pun tak bisa diremehkan. Erin Cressida Wilson sempat jadi pembicaraan di kalangan film setelah ia sukses menulis naskah film SECRETARY dan FUR.

Didukung dengan nama-nama besar seperti Julianne Moore, Liam Neeson, dan Amanda Seyfried, lengkap sudah nilai plus film ini. Hasilnya, memang tak mengecewakan meski sebenarnya tak lebih bagus dari versi aslinya yang berbahasa Perancis. Chemistry antara tiga pemeran utama ini terbentuk dengan baik meski sebenarnya ketiganya tak benar-benar berinteraksi secara bersamaan.

Kalaupun ada yang sedikit jadi ganjalan barangkali adalah ending film ini yang tak sebanding dengan bagian pembuka dan tubuh dari film ini sendiri. Bisa jadi berbedanya ending dan tone dari film ini sendiri adalah masalah bisnis. Bukan tak mungkin studio ikut campur tangan dalam proses pembuatan untuk memastikan investasi mereka bisa kembali, plus keuntungan dari penjualan tiket.(kpl/roc)

Genre:Thriller
Release Date:March 26, 2010
Director:Atom Egoyan
Script:Erin Cressida Wilson, Anne Fontaine
Producer:Jason Reitman, Ivan Reitman, Tom Pollock
Distributor:Sony Pictures Worldwide
Duration:96 minutes
Budget:US$15 million
Official Site:www.sonyclassics.com/chloe/