INTERNASIONAL

'NIGHT AT THE MUSEUM', Petualangan Seru Penjaga Museum

Jum'at, 29 Desember 2006 22:00






KapanLagi.com - Sebagai seorang ayah yang ingin membuat putranya bangga, Larry Daley (Ben Stiller) selalu berkhayal memperoleh dan mengalami sesuatu yang luar biasa, meski bisa dibilang Larry selalu gagal mencapai sukses dalam berkarir. Terlebih sejak Larry bercerai dari istrinya Erica (Kim Raver), persaingan merebut perhatian putranya Nick (Jake Cherry) menjadi ambisi utamanya. Sampai suatu saat Larry menerima pekerjaan sebagai seorang satpam di Museum of Natural History, yang diyakininya bisa memperbaiki hubungannya dengan Nick.

Saat tiba pertama kali di Museum, Larry disambut pegawai musem yang cantik Rebecca (Carla Gugino). Rebecca mengajak Larry berkeliling museum dan mengenalkan artifak dan benda-benda bersejarah lain yang harus dihapal dan dimengerti Larry.

Rebecca juga mengenalkan Larry pada Mr. McPhee (Ricky Gervais), kepala museum yang dikenal disiplin, rapi, teratur dan sangat membenci keonaran, bahkan tak segan memecat pegawainya yang teledor dan terbukti menyebabkan kerugian dan kerusakan benda-benda musium.

Larry juga berkenalan dengan para satpam, sayang kedatangan Larry tak mendapat respon bagus dari Cecil (Dick Van Dyke), Gus (Mickey Rooney), dan Reginald (Bill Cobbs), pasalnya Larry dipekerjakan untuk menggantikan mereka.

Sebelum pergi, Cecil sempat memberi Larry nasihat dan sebuah buku petunjuk cara 'aman' menjaga museum dan kata-kata penuh tekanan: 'don't let anything IN OR OUT OF THE MUSEUM!!'. Sayang Larry memandang remeh nasihat Cecil. Ketika malam menjelang di malam pertama dia bekerja, seluruh penghuni museum yang didominasi tokoh dan benda-benda bersejarah hidup secara ajaib.

Di awali dengan sebuah fosil T-Rex yang memaksa Larry terlibat permainan penikam dengan salah satu tulang kerangkanya sendiri, bertemu beberapa tokoh museum sepeti Sacajawea (Mizuo Peck), Teddy Roosevelt (Robin Williams), Attila the Hun, Roman leader Octavius, tokoh tenar wild west, Jed (Owen Wilson), suku Mayan, Gladiator Roma, dan koboi keluar dari diorama mereka. Keadaan menjadi tak terkendali, dan memaksa Larry harus segera menemukan cara menghentikan keanehan ini dan menyelamatkan museum dari kehancuran.

Larry yang masih takjub, kelabakan mengatasi kerusuhan museum yang makin tak terkendali. Namun dari kehidupan ajaib penghuni museum, Larry juga mengetahui beberapa rahasia, seperti Teddy Roosevelt yang ternyata menaruh hati pada Sacajawea selama bertahun-tahun, namun dia lebih suka memendamnya dan juga kisah persaingan sengit antara Jed dan Octavius.

Kesulitan semakin bertambah, karena Larry hanya punya waktu semalam. Selain harus menyelamatkan diri dari kejaran para pemangsa, Larry harus menjaga semua penghuni museum agar tidak keluar, karena para penghuni museum akan berubah menjadi debu saat matahari terbit. Bisakah Larry bertahan dan mencari rahasia apa yang menyebabkan penghuni museum hidup?

Kisah ajaib NIGHT AT THE MUSEUM ini diadaptasi dari buku cerita anak-anak karangan Milan Trenc, illustrator Kroasia yang tenar pada tahun 90an. Hampir sama dengan filmnya, cergam ini berkisah tentang penjaga malam di museum nasional New York yang dibuat panik dan kewalahan dengan tingkah penghuni museum yang hidup secara ajaib.

Film besutan sutradara Shawn Levy ini benar-benar sukses mengocok perut, terlebih dengan akting konyol Ben Stiller, yang memang dikenal sebagai aktor spesialis komedi. Sekitar 1.45 menit kita akan diajak menikmati petualangan konyol Stiller menghadapi penghuni museum. Fantastis, menghibur, dan sayang untuk dilewatkan. (moviespoil/rit)