INTERNASIONAL

[Review] 'DEAD MAN DOWN', Balas Dendam Untuk Melanjutkan Hidup

Selasa, 09 April 2013 17:33  | 

Colin Farrell


[Review] 'DEAD MAN DOWN', Balas Dendam Untuk Melanjutkan Hidup
Foto: Automatik Entertainment




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Victor (Colin Farrell) adalah salah satu anggota gangster yang dikepalai oleh Alphonse (Terrence Howard). Namun masuknya Victor dalam komplotan tersebut bukannya tanpa maksud. Rupanya dia ingin membalas dendam pada sang bos atas kematian istri dan anaknya dua tahun silam.

Sebelum rencana tersebut berhasil tereksekusi, datanglah Beatrice (Noomi Rapace), tetangga Victor yang meminta bantuan membalaskan dendam pribadinya. Jika Victor tak menyanggupi, tanpa segan Beatrice akan melaporkan pria tersebut pada polisi. Berhasilkah Victor dan Beatrice menyelesaikan dendam masing-masing?

Begitulah sekilas cerita dari film berbahasa Inggris pertama Niels Arden Oplev yang sukses membesut bagian pertama dari trilogi milenium; THE GIRL WITH DRAGON TATTO. Tanpa menghilangkan ciri khas film Eropa, neo noir yang mempertemukan kembali Oplev dengan Rapace dalam satu produksi ini berhasil menjadi thriller yang mencekam.

Sayangnya naskah DEAD MAN DOWN yang ditulis oleh sang produser, J.H. Wyman, tidak begitu kuat. Dengan pace yang lambat, motif pelaku dibuka terlalu cepat sehingga rasa penasaran menguap seketika.

Fortunately duet Farrell dan Rapace tampil begitu memikat sebagai dua orang asing yang kemudian dekat karena dendam dan berusaha melanjutkan hidup. Juga akting Terrence Howard sebagai ketua gangster, cukup memberi kontribusi sendiri meski akan mudah dilupakan.

Beruntung juga naskah masih memberikan ruang pada penonton untuk peduli bagaimana akhir kisah yang ya, sedikit dragging. Jika saja Oplev mau sedikit menyiasati, dia bisa mempertahankan gaya tenang khas Eropa yang sejak awal dibangun dengan begitu rapi, agar ending film tak terlihat 'maksa'.

(kpl/abs)