INTERNASIONAL

[Review] 'HANSEL & GRETEL: WITCH HUNTERS', Kisah Setelah Dongeng Usai

Selasa, 12 Februari 2013 22:15  | 

Gemma Arterton


[Review] 'HANSEL & GRETEL: WITCH HUNTERS', Kisah Setelah Dongeng Usai
Paramount Pictures




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Tahun lalu Hollywood menyajikan modernisasi kisah Putih Salju rekaan Grimm bersuadara lewat dua film dengan penuturan berbeda yang masing-masing dibintangi Lily Collins dan Kristen Stewart. Kali ini giliran petualangan Hansel dan Gretel yang disutradarai dan ditulis naskahnya oleh pria asal Norwegia, Tommy Wirkola.

Hansel dan Gretel a la Wirkola memaparkan kejadian setelah kisah dalam dongeng asli usai. Lepas dari rumah permen, kedua anak itu tumbuh menjadi pemburu penyihir jahat bayaran dengan perlengkapan mereka yang mematikan.

Hingga pada suatu hari Walikota Augsburg, Mayor Englemann (Rainer Block), menyewa jasa Hansel (Jeremy Renner) dan Gretel (Gemma Arterton) untuk memburu penyihir yang menculik anak-anak di sekitar tempat tinggalnya. Setelah diselidiki, ternyata dalang di balik semua adalah Muriel (Famke Janssen), penyihir jahat yang berhubungan dengan masa lalu kakak beradik ini.

Jika MIRROR MIRROR dan SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN tergolong aman untuk konsumsi anak-anak dan remaja, berbeda dengan HANSEL & GRETEL: WITCH HUNTERS. Wirkola memaparkan modernisasi produksi Paramount Pictures dan Metro-Goldwyn-Mayer tersebut untuk menyasar pangsa penonton dewasa. Tak heran bila filmnya dipenuhi adegan brutal penuh darah serta telanjang sepintas.

Ceritanya memang sangat tipis, tapi Wirkola mampu menawarkan treatment yang memuaskan bagi penyuka tontonan tanpa otak sejenis ini. Lihat saja visualisasi dari setting dan kostum yang mampu bersinergi dengan pace cerita yang cepat. Jangan lupakan adegan aksi serta efek 3D yang lumayan membantu.

Lalu bagaimana dengan duet Renner dan Arterton? Well, mereka tahu kalau terlibat dalam sebuah film pop, meski chemistry kurang terbangun, kualitas akting masing-masing tidaklah buruk.

Melihat bagaimana filmnya berakhir, bisa jadi HANSEL & GRETEL: WITCH HUNTERS akan memiliki sekuel yang mungkin tak kalah gila dan brutal. Kita lihat saja nanti.

(kpl/abs)