INTERNASIONAL

[Review] 'TALAASH', Tentang Merelakan Kehilangan

Sabtu, 08 Desember 2012 05:01  | 

Aamir Khan


[Review] 'TALAASH', Tentang Merelakan Kehilangan
Reliance Film




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Film dibuka oleh kecelakaan ganjil yang menewaskan seorang aktor bernama Armaan Kapoor (Vivan Bhatena). Karena keganjilan peristiwa itulah inspektur kepolisian bernama Suri (Aamir Khan) tertarik untuk menyelidikinya. Sayangnya semakin dalam Suri terlibat, masalah-masalah baru semakin bermunculan hingga dirinya tak bisa membedakan batas antara kenyataan dan maya.

TALAASH adalah salah satu film India terbaik tahun ini. Bayangkan saja, selain diisi departemen akting yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya, urusan naskah pun begitu solid. Maka, tak ada alasan untuk tidak dibuat jatuh cinta.

Film ini semakin berkilau berkat kompromi Meera Kagti dalam menerjemahkan keinginan naskah yang ia garap bersama Zoya Akhtar. Maka dari itu Kagti tahu bagaimana film ini berjalan sehingga tanpa ampun tak memberikan kesempatan penonton untuk lengah sedikit pun.

Yup, sejak awal film dimulai, Kagti memang sudah membius dengan paparan kisah yang intens dan semakin memuncak dari menit ke menit hingga kemudian... BLAM! ditutup oleh twist yang sangat manis.

Rasanya selain naskah jawara, Kagti juga harus berterima kasih pada tiga main cast yang berakting begitu cemerlang. Sebut saja Aamir Khan yang semakin matang di usia tak lagi muda, Rani Mukherjee yang begitu natural berperan sebagai ibu hingga Kareena Kapoor yang sukses bermain sebagai pekerja seks komersil.

Jangan lupakan tata sinematografi oleh Mohanan hingga tata musik dari Ram Sampath yang sukses memberikan tatanan emosi pada filmnya. Membuat TALAASH semakin memikat. Seolah makanan, selain lezat, film ini juga mengenyangkan.

For your information, ketiga pemeran utama sempat menandatangani perjanjian non disclosure demi kepentingan rahasia akhir kisah dalam filmnya. Dan memang berhasil, meski bukanlah barang baru, konklusi yang digunakan cukup masuk akal.

RATING EDITOR: 8/10

(kpl/abs)