INTERNASIONAL

[Review] 'THE BOURNE LEGACY', Berkas Baru Kasus Jason Bourne

Rabu, 05 September 2012 09:01  | 

Jeremy Renner


[Review] 'THE BOURNE LEGACY', Berkas Baru Kasus Jason Bourne
www2.relishnow.com




KapanLagi.com - Oleh: Mahardi Eka

Kisah konspirasi CIA dalam menutupi program rahasia mereka dalam trilogi pertama BOURNE ternyata hanya puncak dari gunung es rahasia kelam CIA. Pelarian Bourne (Matt Damon) punya efek domino, operasi rahasia CIA lainnya terancam terekspos.

Ulah Bourne membuka tabir operasi Treadstone dan Blackbriar yang sebetulnya disimpan rapat oleh beberapa petinggi CIA, salah satunya adalah Ric Bryer (Edward Norton). Bryer tak mau ambil pusing, ia segera memerintahkan sapu bersih semua bukti yang mengarahkan pada operasi binaannya, operasi Outcome. Agen-agen yang sebelumnya berada pada payung operasi Outcome dihabisi satu per satu.

Aaron Cross (Jeremy Renner) adalah satu-satunya agen Outcome yang berhasil lolos dari usaha sapu bersih Ric Bryer. Dengan begitu, kini ia menjadi buronan utama Bryer dan anak buahnya.  

LEGACY menjadi obat kangen penggemar seri Bourne setelah yang terakhir, ULTIMATUM dibuat lima tahun yang lalu. Tony Gilroy yang sebelumnya menulis naskah ULTIMATUM lah yang berusaha meracik "obat kangen" ini dengan jajaran cast baru dan plot sempalan dari apa yang tersaji dalam 3 film pertamanya. Dalam usahanya, Tony nampaknya memberikan takaran yang kurang pas dalam beberapa aspek filmnya.

Tony dan tandem penulis naskahnya, Dan Gilroy, memakai gaya bertutur yang berbeda dalam LEGACY. Lewat ketiga tokoh utamanya, Cross (Renner), Dr. Martha Sterling (Rachel Weisz), Ric Byer (Norton), Tony meramu cerita lewat dialog-dialog yang panjang dan rinci. Hal ini tak salah mengingat banyak sekali detil baru yang dipaparkan dalam LEGACY, namun terasa tak efektif karena penonton terlanjur terbiasa (dan suka) dengan gaya bertutur di tiga film pertamanya. Penonton akan lebih terhibur bila detil tersebut dengan cerdas diselipkan pada intensitas aksi kejar-kejaran antara Cross dan pihak CIA.

Berbicara tentang intensitas ketegangan cerita, sinematografi yang berbeda dalam LEGACY turut mengambil peran. Robert Elswit yang mengambil alih posisi Oliver Wood minim menyertakan adegan-adegan dengan teknik pengambilan gambar kamera handeld. Sepintas memang teknik tersebut membuat pusing penonton, namun pada fungsinya mampu menambah intensitas ketegangan aksi dalam film. Ambil contoh adegan car chase di SUPREMACY atau aksi parkour BOURNE di ULTIMATUM. 

Tony memang tak memberi takaran yang pas dalam LEGACY, meski demikian ia sudah melakukan tugasnya untuk memberikan penawar kangen tersebut kepada penonton. Adegan hand-to-hand combat yang menjadi ciri khas Bourne dihadirkan kembali. Tiga adegan seru yang bisa jadi poin plus LEGACY ada pada usaha Cross melarikan diri di bukit bersalju, aksi parkour di Manilla, dan yang terakhir aksi kebut di jalanan padat Manilla. Untuk yang terakhir sepantasnya kita beri pujian kepada Renner yang melakukannya tanpa bantuan stunt double.

Seperti sebuah berkas kasus, LEGACY memberikan lembar-lembar baru terkait operasi gelap CIA beserta siapa-siapa yang terlibat di dalamnya. Penonton diminta untuk bersabar hingga ada lanjutannya nanti untuk bisa menangkap gambaran utuhnya serta menarik kesimpulan.

LEGACY seperti menahan diri untuk tidak terlalu banyak membeberkan kelanjutan dari ULTIMATUM demi kontinuitas cerita. Ending terbuka serta banyak nasib tokoh-tokohnya yang dibiarkan menggantung merupakan treatment Tony untuk bisa mengembangkan cerita di film selanjutnya nanti,

Overall, LEGACY menjadi versi paling ringan dalam franchise BOURNE sampai saat ini. Tensi yang dihadirkan belum lah bisa menyamai ketiga pendahulunya meski aksi pelarian Jeremy Renner tetaplah menghibur.

Favorite Quote:

"Jason Bourne was just the tip of the iceberg," (Ric Bryer)

 

Genre:Aksi Spionase
Pemain:Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton
Jadwal Rilis:30 September 2012
Sutradara:Tony Gilroy
Screenwriter:Dan Gilroy
Produser:Patrick Crowley dan Frank Marshall
Produksi:Universal Pictures
Durasi:135 menit
Situs resmi:www.thebournelegacy.com
(kpl/dka)