KOREA

10 Idol K-Pop Super Populer yang Pernah Jalani Masa Trainee Sangat Lama

Sabtu, 26 Desember 2020 15:45 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Mendapatkan kesuksesan dan nama besar, boleh dibilang menjadi impian sebagian besar para idol K-Pop. Namun, untuk menuju ke sana, terlebih dulu mereka harus ikut audisi yang diadakan oleh agensi.

Jika lolos, menjalani masa trainee pun menjadi salah satu proses yang wajib mereka ikuti. Sedihnya, masa trainee ini bukan hanya berat, tetapi juga tak serta memberikan kepastian kapan mereka bisa debut.

Beruntungnya sederet idol K-Pop ini berhasil meraih popularitas dan nama besar, setelah menjalani masa trainee sangat lama. Ada siapa saja?

1. RM BTS

Punya nama besar bersama grupnya, BTS, RM dikenal sebagai salah satu leader terbaik dalam industri K-Pop. Menariknya, sebelum berada di puncak ketenaran seperti sekarang, RM BTS menjalani masa trainee selama 4 tahun, paling lama dibandingkan semua member, di Big Hit Entertainment.

Awalnya, ia diproyeksikan debut sebagai duo rapper bersama Iron, tetapi kemudian diputuskan untuk masuk line up debut bersama BTS dan sukses seperti sekarang.

2. Seulgi Red Velvet

Sebelum debut bersama Red Velvet, Seulgi sudah menjalani masa trainee sejak SMP pada 2007, atau waktu Girls Generation debut. Total Seulgi menjalani masa trainee selama 7 tahun sebelum akhirnya debut bersama Irene, Joy, Yeri dan Wendy. Seulgi kerap disebut sebagai triple threat, karena kemampuan bernyanyi, menari sekaligus visual yang luar biasa.

3. G-Dragon BIGBANG

Dijuluki sebagai King of K-Pop, G-Dragon ternyata juga menjalani masa trainee yang cukup lama. Total ia telah menjalani trainee selaam 11 tahun, di mana 5 tahun di SM Entertainment dan 6 tahun di YG Entertainment.

Awalnya, G-Dragon direncanakan debut sebagai duo bersama Taeyang, tetapi kemudian diputuskan debut bersama BIGBANG, salah satu idol K-Pop tersukses dalam sejarah.

4. Jihyo TWICE

Jihyo TWICE menjalani masa trainee selama 10 tahun atau sejak ia berusia 8 tahun. Boleh dibilang masa kecilnya banyak dihabiskan untuk menjalani masa trainee.

Kini ia menjadi leader salah satu girlgroup tersukses di Korea. Bahkan, Taecyeon 2PM dan Seulong 2AM terkejut jika anak kecil yang sering lari-lari di ruang latihan dulu, kini telah sukses sebagai idol K-Pop.

5. Jennie BLACKPINK

Jennie mulai menjadi trainee di YG Entertainment pada 2010 alias member pertama BLACKPINK yang gabung dengan agensi tersebut. Pada 2012, Jennie menarik banyak perhatian karena bakal debut sebagai girlgroup kedua YG Entertainment, setelah kesuksesan 2NE1.

Dia juga sempat berkolaborasi dalam album G-Dragon. Setelah 6 tahun jalani masa trainee, Jennie pun kini menjadi salah satu member idol K-Pop paling bersinar di dunia, BLACKPINK.

6. S.Coups SEVENTEEN

S.Coups menjalani masa trainee selama 6 tahun sebelum debut bersama SEVENTEEN. Durasi traineenya pun termasuk yang paling lama dibandingkan member SEVENTEEN lainnya. Bahkan, S.Coups termasuk trainee cowok pertama Pledis Entertainment.

Malah saking lamanya, ia awalnya diproyeksikan debut bersama NU'EST. Namun, takdir berkata lain, ia kini sukses menjadi leader Hip-Hop Unit sekaligus leader SEVENTEEN.

7. Chaeryeong ITZY

Grupnya memang baru debut tahun kemarin, tetapi ITZY termasuk idol K-Pop pendatang baru yang dengan cepat meraih popularitas. Salah satu member-nya, Chaeryeong bahkan ikut kompetisi SIXTEEN bersama saudara perempuannya, yang berakhir dengan debutnya TWICE.

Sayang Chaeryeong tak lolos dalam line up debut TWICE. Namun, ia tetap bertahan sebagai trainee JYP Entertainment, hingga akhirnya sukses debut bersama ITZY.

8. Johnny NCT

Johnny bukan hanya member yang pernah menjalani masa trainee di NCT, melainkan di SM Entertainment. Dia gabung dengan SM Entertainment pertama kali pada 2008 atau bertepatan dengan debutnya SHINee.

Johnny juga menjalani masa trainee dengan para member EXO. Ia merasa belum siap debut pada 2012, tetapi setelah sembilan tahun menjalani masa trainee, Johnny pun akhirnya debut dengan sukses bersama NCT 127 pada 2017.

9. Yeonjun TXT

Meski termasuk kelahiran 1999, nyatanya Yeonjun termasuk idol K-Pop yang menjalani masa trainee sangat lama. Bahkan, ia disebut telah menjadi trainee Big Hit Entertainment sejak BTS pertama kali debut pada 2013.

Tak heran jika ia kerap disebut trainee legendaris Big Hit Entertainment, di samping juga berbakat dalam bernyanyi, menari dan rap.

Namun, usahanya menjalani masa trainee pun terbayar, karena Yeonjun sukses debut bersama Tomorrow X Together atau TXT. Idol K-Pop baru ini pun sukses menyabet banyak penghargaan, hingga dijuluki monster rookie.

10. JB dan Jinyoung GOT7

Last but not least, ada JB dan Jinyoung GOT7. Keduanya termasuk yang paling lama menjalani masa trainee, dibandingkan member GOT7 lainnya. Bahkan, JB dan Jinyoung hanya dua dari 10.000 peserta yang mendaftar untuk audisi di JYP Entertainment. 

Itulah kenapa keduanya sempat diproyeksikan debut bersama sebagai duo. Meski pada akhirnya debut bersama GOT7, tetapi JB dan Jinyoung juga sempat merilis musik bersama dalam unit bernama JJ Project.

Dari beberapa idol K-Pop tersebut ada favorit atau bahkan biasa kamu, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING