KOREA

13 Raja dan Ratu Dance (Dancing Machine) SM Entertainment dari Masa ke Masa

Selasa, 18 Juni 2019 07:01 Penulis: Rahmi Safitri

Yunho, Hyoyeon, Kai © Istimewa

Kapanlagi.com - Di setiap boyband atau girlband Korea, setiap member punya posisi masing-masing. Ada yang bertindak sebagai leader, vokalis utama, rapper, sampai tentunya yang nggak boleh terlupakan adalah seorang dancer. Kebetulan, SM Entertainment ini di setiap grup-nya selalu ada saja yang menonjol dalam menari sehingga sering dapat julukan dancing machine.

Kadang di setiap grup terdapat lebih dari dua dancer utama, tapi kali ini KapanLagi.com® akan memilih perwakilan satu dari tiap grup. Pertimbangannya adalah mereka sering mendapat sorotan baik dari fans, netizens, maupun idola lainnya. Bukan berarti dancer lain dalam grup tersebut nggak bagus lho.

 

1. Jang Woo Hyuk

H.O.T adalah boyband pertama yang dibuat oleh SM Entertainment yang disebut-sebut sebagai pencipta fandom culture di Korea Selatan. Semua membernya berbakat. Salah satunya adalah Jang Woo Hyuk, yang tariannya begitu digilai oleh banyak gadis pada masanya. Bahkan setelah H.O.T bubar dan ia membentuk boyband jtl bersama dua member lainnya, karisma Jang Woo Hyuk tak pernah pudar. Ia pun dapat julukan 'Hammer Boy' gara-gara tarian palunya di lagu populer H.O.T, Candy.

2. Lee Min Woo

Boyband SM lainnya yang debut di era 90-an adalah Shinhwa dengan dancer utamanya adalah Lee Min Woo. Dia sudah punya grup dance sendiri sebelum direkrut SM untuk debut. Sampai sekarang dia sering menjadi koreografer untuk lagu-lagu Shinhwa. Lee Min Woo juga dikenal dengan nama M untuk proyek solonya. Ia pun pernah ditunjuk MNet sebagai master di acara MNet Dancing 9.

3. BoA

Bukan member girlband, tapi BoA layak masuk dalam daftar ini. Masuk SM di usia masih sangat muda, hanya dalam dua tahun, ia mampu menguasai nyanyi dan dance serta sukses dengan debut solonya di tahun 2000 saat usianya masih 13. Setelah itu ia pun jadi artis Korea pertama yang sukses berkarir di Jepang.

Selain suaranya yang unik, performance BoA di atas panggung juga enak dipandang. Ia bisa menyanyi dan ngedance dengan stabil. Paket lengkap.

4. Shim Jae Won

Mungkin tak banyak yang tahu kalau SM pernah punya boyband hip-hop bernama Black Beat yang debut di 2002. Salah satu membernya yang pasti akrab di kalangan fans SM adalah Shim Jae Won. Setelah Black Beat bubar, Shim Jae Won memang bertahan di SM. Ia beralih profesi menjadi koreografer dan kini dipercaya sebagai director performance untuk konser-konser para artis SM.

Shim Jae Won juga punya grup bernama Beat Burger. Bukan hanya sebagai tim koreografi untuk artis SM, grup itu juga pernah rilis single.

5. Yunho TVXQ

Dalam setiap daftar penari K-Pop terbaik nama Yunho TVXQ pastinya tak boleh dilewatkan. Ia seakan mematahkan stigma kalau pria tinggi tak bisa menari. Yunho pernah membentuk grup dance saat SMP dan jadi nomor satu acara SM Best Competition tahun 1999 yang membuatnya jadi trainee 2 tahun kemudian.

Yunho sampai sekarang masih dikagumi oleh para juniornya. Ia pun sering berbagi pengalaman dengan artis-artis baru. Bisa dibilang member TVXQ lainnya (Changmin maupun JYJ) semuanya jago nge-dance, tapi Yunho lebih 

6. Stephanie

CSJH atau yang lebih dikenal dengan The Grace adalah girlband yang dibentuk SM di tahun 2004. Selain dikenal lewat vokal mereka yang keren, salah satu membernya, Stephanie, pun menunjukkan bakat luar biasa di bidang dancing. Sebelum bergabung SM, dia adalah penari balet.

Stephanie debut solo di tahun 2012. Setahun sebelumnya ia menjadi anggota dari Los Angeles Ballet. Stephanie meninggalkan SM di 2016.

7. Eunhyuk

Super Junior adalah salah satu boyband tersukses SM Entertainment. Tiap member punya keahlian di bidang masing-masing. Kalau Eunhyuk sih selain lucu dan jago MC, ia pun seorang dancer yang keren banget. Lucu di luar panggung, tapi kalau sudah ngedance on stage, banyak yang jatuh cinta. Eunhyuk juga sering menjadi koreografer untuk lagu-lagu Super Junior.

Eunhyuk dipercaya sebagai mentor untuk bagian performance di acara variety show, Under Nineteen

8. Hyoyeon

Sejak Girls Generation debut dengan lagu Into The New World, sudah kelihatan siapa nih yang jago dance. Di MV tersebut, Hyoyeon yang kala itu masih 18 tahun sudah menunjukkan karisma-nya sebagai seorang main dancer.

Hyoyeon pernah menjadi juara 2 di ajang Dancing With The Stars 2 saat berpasangan dengan Kim Hyung Suk. Kemampuannya ini juga membuatnya dipercaya sebagai peserta Hit The Stage dan master di Dancing 9.

9. Taemin SHINee

Taemin SHINee juga salah satu dancer terbaik yang dimiliki K-Pop. Suka ngedance gara-gara Michael Jackson, ia pun debut di 2008 saat usianya belum genap 15 tahun. Kala itu ia bisa dibilang paling muda.

Kini Taemin juga sukses sebagai solois dan penampilannya pun menginspirasi banyak penyanyi lain. Bahkan Suzy pun sampai melakukan cover dance lagu milik member termuda SHINee ini.

10. Luna f(x)

Di profil, main dancer f(x) memang Victoria. Tapi kenapa dalam daftar ini adalah Luna yang berposisi sebagai vokalis utama? Luna ini punya cerita spesial. Ia menjadi trainee di SM setelah lewat kemampuan dance-nya. Tapi setelah menjadi trainee, ternyata ia menjadi penyanyi yang bagus. Tiap artis SM ngedance bersama di acara konser SMTOWN, Luna sering menjadi perwakilan f(x).

11. Kai EXO

EXO punya banyak member yang jago dance, tapi tak bisa dipungkiri kalau karisma Kai lah yang sering diperbincangkan banyak orang. Kalau sudah ngedance, ia seakan bisa menyihir para penonton. Tak heran kalau pria bernama asli Kim Jongin ini pun banyak jadi inspirasi para idola K-Pop lainnya.

Fancam Kai saat sedang menari pun sering jadi viral, baik di Facebook maupun Twitter.

12. Seulgi Red Velvet

Seulgi adalah main dancer Red Velvet. Kalau sudah ngedance, cowok maupun cewek pun dibuat jatuh cinta olehnya. Yang lebih unik dari wanita berusia 25 tahun ini adalah ia juga jago nyanyi. Nggak heran kalau ia punya banyak penggemar yang memujanya.

13. Taeyong NCT

Percayalah, semua member NCT itu bisa ngedance dan nyanyi. Tapi salah satu yang menarik perhatian dengan bakatnya yang luar biasa adalah Taeyong. Masuk SM karena wajah tampannya yang ditemukan oleh pemandu bakat di jalan, ia malah menguasai semua talenta yang harus dimiliki seorang idola termasuk ngedance.

Selain jadi rapper dan leader di NCT 127 dan NCT U, ia pun dipercaya sebagai main dancer. Saat NCT 127 merilis dance practice, nama yang sering disebut-sebut netizens adalah Taeyong.


REKOMENDASI
TRENDING