HOME » KOREA
KOREA

5 Anime Populer Ini Ternyata Terinspirasi Dari Literatur Klasik Barat Lho! Adakah Favoritmu?

Senin, 13 September 2021 10:45 Penulis: Editor KapanLagi.com

PANDORA HEARTS (Credit IMDb)

Kapanlagi.com - Inspirasi untuk membuat cerita dapat datang dan di dapat dari mana saja. Idenya bisa saja muncul setelah membaca atau pun mendengar sebuah cerita. Hal ini juga berlaku untuk penulis cerita manga dan light novel.

Begitu banyak literatur klasik barat yang mendunia. Beberapa di antaranya adalah seperti cerita dongeng klasik maupun sastra klasik karya Shakespeare. Tentu kepopuleran literatur ini akan menginspirasi banyak penulis-penulis di seluruh dunia.

Berikut adalah deretan anime populer yang ceritanya ternyata terinspirasi dari karya-karya klasik dari barat yang juga tak kalah populernya. Kira-kira apa saja, ya? Simak ulasan berikut!

1. AKAGAMI NO SHIRAYUKI HIME (2015)

AKAGAMI NO SHIRAYUKI HIME merupakan anime yang ceritanya terinspirasi dari dongeng klasik berjudul SNOW WHITE karya The Brothers Grimm. Anime ini berkisah tentang seorang gadis berambut merah langka bernama Shirayuki yang jika namanya diterjemahkan akan menjadi snow white. Karena rambut uniknya itu, seorang raja di kerajaannya memintanya untuk menjadi seorang selir.

Karena tidak ingin dijadikan selir, Shirayuki kabur ke kerajaan tetangga dan bertemu pangeran kedua dari kerajaan itu. Ia lalu bekerja di kerajaan tetangga sebagai seorang dokter kerajaan. Keberadaan Shirayuki di kerajaan itu rupanya tidak cukup diterima dengan baik, hingga ada yang berusaha untuk melenyapkannya.

 

 

2. MAGI: THE LABYRINTH OF MAGIC (2012)

MAGI: THE LABYRINTH OF MAGIC adalah anime yang terinspirasi dari kisah 1001 NIGHTS yang di dalamnya terdapat beberapa cerita dari beberapa penulis. Karakter-karakter anime ini mengambil nama-nama tokoh dari kisah 1001 NIGHTS seperti Alibaba dan Aladdin. Aladdin sendiri adalah tokoh yang memiliki kemampuan untuk memanggil jin biru dari serulingnya.

MAGI bercerita tentang anak laki-laki bernama Alibaba yang bertemu Aladdin yang ternyata adalah seorang magi. Diceritakan, magi adalah orang yang bertugas untuk memilih seseorang sebagai kandidat raja. Kemunculannya disertai dengan kemunculan dungeon yang harus ditaklukkan. Aladdin dan Alibaba pun bersama-sama berjuang untuk menaklukkan dungeon.

 

 

3. HELLSING (2001)

HELLSING terinspirasi dari cerita horror populer berjudul DRACULA oleh Bram Stoker. Anime ini memiliki karakter bernama Alucard yang jika dibalik akan menjadi dracula. Sebenarnya, anime ini bisa dikatakan sebagai sebuah perandaian dari kisah DRACULA yang apabila karakter Dracula tidak dibunuh oleh musuhnya.

HELLSING bercerita tentang vampire terkuat bernama Alucard yang dulunya pernah dikalahkan oleh musuhnya. Ia lalu masuk dan menjadi bagian dari organisasi pemerintahan Inggris yang bertugas untuk membasmi makhluk penghisap darah. Dari sini, Alucard membantu para manusia untuk membasmi makhluk-makhluk sejenisnya yang sangat kejam.

 

 

4. ZETSUEN NO TEMPEST (2012)

Tidak banyak yang tahu bahwa anime ini sebenarnya terinspirasi dari 2 karya klasik penulis terkenal, William Shakespeare. Cerita dari anime ini mendapat ide dari karya Shakespeare berjudul THE TEMPEST dan HAMLET. Anime ini memiliki cerita yang cukup rumit dan banyak terinspirasi dari kedua karya penulis tersohor itu.

ZETSUEN NO TEMPEST berkisah tentang Yoshino yang diam-diam berpacaran dengan Aika, adik sahabatnya. Pada suatu hari, Aika meninggal dengan sangat misterius. Yoshino dan sahabatnya, Mahiro, pun bersama-sama menyelidiki misteri kematiannya.

 

 

5. PANDORA HEARTS (2009)

Meski tidak banyak yang tidak menyadarinya, ternyata cerita dalam PANDORA HEARTS mendapat ide dari karya klasik populer karya Lewiss Carol berjudul ALICE’S ADVENTURES IN WONDERLAND. Anime ini berpusat pada bangsawan muda bernama Oz Vessalius yang tidak peduli dengan dongeng maupun cerita rakyat.

Pada suatu hari, saat upacara kedewasaannya, Oz dilemparkan ke dunia dongeng yang selama ini ia anggap tidak pernah ada bernama Abyss. Mau tidak mau, Oz harus berjuang untuk menjelajahi Abyss dan menguak rahasia di dalamnya. Tak sendirian, suatu eksistensi misterius bernama Alice juga turut membantunya.

Itulah beberapa anime populer yang ceritanya terinspirasi dari cerita klasik barat. Mana yang sudah kamu tonton?

Ditulis oleh Ursea Mayoriska

 

REKOMENDASI
TRENDING