KOREA

Benarkah Posting Foto Eiffel Saat Malam Seperti Kai EXO Dilarang? Begini Faktanya!

Rabu, 26 September 2018 15:45 Penulis: Rahmi Safitri

Kai © instagram.com/zkdlin

Kapanlagi.com - Kai EXO baru saja membuat banyak orang penasaran gara-gara kehebohan yang ditimbulkannya kala menghadiri event Gucci dalam rangkaian Paris Fashion Week Spring / Summer yang berlangsung di Le Palace, pada hari Senin (24/92018), waktu setempat. Mumpung di Paris, dancer utama EXO ini pun menyempatkan diri untuk jalan-jalan.

Kai pun memposting beberapa fotonya saat berada di jalanan Paris, termasuk saat ia mengunjungi museum. Aktor Andante ini pun juga pastinya mengunjungi salah satu landmark Paris yang terkenal di seluruh dunia, Menara Eiffel. 

Kai bahkan memposting video saat dirinya tengah ngedance dan menikmati momen berada di bawah Menara Eiffel. Gemerlap cahaya lampu display dari Eiffel membuat video terlihat makin eksotis.

1. Diperingatkan Fans

Fans pun segera memberikan likes dan komentar untuk foto dan video Kai selama di Paris. Tapi untuk video-nya kala ngedance di bawah menara Eiffel, terdapat beberapa komentar. Video Kai sendiri bisa dilihat di sini ya.

Beberapa penggemar (atau mungkin netizens) bilang kalau memfoto atau merekam Eiffel di malam hari itu terlarang dan Kai bisa mendapat masalah. Tak sedikit fans yang khawatir meminta Kai untuk menghapus videonya. Komentar-komentar ini pun menimbulkan pro dan kontra di kalangan penggemar EXO.

Memang sebenarnya boleh nggak sih memfoto Eiffel di kala malam? Mungkin penjelasan berikut bisa membuat beberapa orang mengerti soal permasalahan ini.

2. Hak Cipta di Uni Eropa

Mungkin ada yang bertanya-tanya, 'Kenapa memangnya memposting foto atau video Eiffel saat malam hari dilarang?'. 

Menurut My Modern Met, Uni Eropa memiliki hukum hak cipta yang menegaskan kalau karya seni mulai dari lagu, lukisan, foto, video sampai bangunan, adalah milik sepenuhnya oleh sang pencipta sampai dia meninggal ditambah 70 tahun (setelah dia meninggal). Jadi hak cipta benar-benar sangat dilindungi di Eropa.

Dari sini bisa timbul pertanyaan, 'Kan Eiffel itu ada di tempat terbuka? Kan sudah banyak orang yang posting foto Eiffel di IG?'. Kalau ini sih ada hubungannya dengan freedom of panorama.

Freedom of panorama adalah diperbolehkannya seseorang untuk mengabadikan (melukis atau memfoto) karya seni yang berada di tempat umum seperti patung, menara, atau gedung tanpa izin dari penciptanya. Kalau menganut pada freedom of panorama, Eiffel punya hal istimewa nih.

3. Soal Memfoto Eiffel

Jadi pencipta Eiffel Tower, Gustave Eiffel, meninggal dunia pada tahun 1923. Tujuh puluh tahun kemudian atau tepatnya 1993, Eiffel pun tidak lagi dimiliki perseorangan untuk hak ciptanya. Artinya siapapun boleh membuat replika, lukisan, atau memfoto Eiffel. Ada tapinya nih.

Eiffel bebas difoto atau dilukis pada pagi sampai sore hari (mengacu pada freedom of panorama), tapi tidak saat malam. Kenapa? Karena di malam hari ada yang namanya The Tower Illuminated di mana kita bisa melihat cahaya keemasan, kerlap-kerlip, suar, sampai ligtning events (yang bisa dilihat di video Kai).

Pencipta Eiffel memang sudah meninggal, tapi penggagas dari The Tower Illuminated yang membuat menara makin indah di kala malam masih punya hak atas apa yang dibuatnya itu. Makanya nggak bisa sembarang memfoto gemerlapnya Eiffel di kala malam.

4. Bagaimana Dengan Kai?

Lalu apakah ini berarti Kai melanggar hak cipta dengan memposting video dirinya menari di bawah kerlap-kerlip cahaya Eiffel?

Menurut situs resmi Tour Eiffel di bagian hak cipta foto, dijelaskan kalau segala bentuk image dari menara yang diambil saat siang hari, tidak melanggar hak cipta dan bisa direproduksi tanpa perlu izin atau membayar lisensi terlebih dahulu.

Sedangkan untuk foto Eiffel yang diambil saat malam, masuk dalam kategori controlled use. Yang artinya siapa saja yang ingin menggunakan foto Eiffel kala malam untuk kepentingan tertentu (menjual foto tersebut, media, dll), harus meminta izin pada Société d’Exploitation de la Tour Eiffel (SETE).

Foto menara Eiffel di kala malam yang diambil oleh individu untuk digunakan secara pribadi tidak perlu persetujuan. Tapi kalau fotografer profesional harus mengontak tim SETE yang akan memberikan informasi dan syarat dalam pengabadian bangunan yang dilindungi oleh pemerintah.

Scopes.com juga menjelaskan jika Eiffel memberlakukan peraturan hak cipta ini kepada semua pengunjung menara tersebut, pastinya tidak akan praktis, karena ribuan orang tiap harinya datang dan mengabadikan momen mereka di Paris. Jadi jika turis memposting foto Eiffel di malam hari di Instagram atau Facebook tidak akan dapat masalah selama tidak menggunakannya untuk kepentingan komersial.


REKOMENDASI
TRENDING