Habiskan Budget 266 M, Drama Satu Ini Justru Miliki Rating Rendah

Minggu, 07 Mei 2017 17:35 Penulis: Agista Rully
Habiskan Budget 266 M, Drama Satu Ini Justru Miliki Rating Rendah © koreaboo

Kapanlagi.com - Kepopuleran Lee Young Ae di Korea Selatan memang tak bisa dipungkiri lagi. Apalagi setelah dirinya bermain di drama sejarah (saeguk) berjudul JEWEL IN THE PALACE. Perannya sebagai Dae Jang Geum membuat namanya semakin melambung dan digemari oleh publik Korea Selatan, termasuk Indonesia.

Sayangnya, tak semua drama yang dibintangi oleh selebritis papan atas Korea berakhir sukses. Ada beberapa drama yang justru memperoleh rating rendah meskipun dibintangi oleh sederet aktor dan aktris populer. Drama Lee Young Ae terbaru, SAIMDANG, THE LIGHTS DIARY adalah salah satunya.

Drama yang didanai sebesar Rp 266 Miliar ini justru tak meraih rating tinggi seperti drama fenomenal DESCENDANTS OF THE SUN atau GOBLIN yang sering dibicarakan pecinta drama Korea beberapa waktu terakhir. Padahal Lee Young Ae dipasangkan dengan Song Seung Hun, aktor yang ngetop lewat drama ENDLESS LOVE.

Drama terbaru Lee Young Ae gagal di Korea Selatan tapi mencuri hati fans internasional © koreaboo.comDrama terbaru Lee Young Ae gagal di Korea Selatan tapi mencuri hati fans internasional © koreaboo.com

SAIMDANG hanya berhasil mencatat rata-rata rating 8.4% untuk 28 episode dengan raihan tertinggi 13.9% di episode pertamanya. Selanjutnya rating drama yang mengisahkan tentang tabrakan dua waktu ini terus melorot. Beruntung promosi SAIMDANG telah dilakukan sejak beberapa tahun sebelumnya.

Drama ini justru meraup keuntungan dari penonton luar Korea Selatan daripada publiknya sendiri. Pendapatan SAIMDANG dari tujuh negara Asia Timur seperti China, Hong Kong, Jepang, dan Taiwan berhasil mengalahkan pendapatan domestik. 

"Kami tak bisa menyebutkan nilai keuntungan secara gamblang (di Korea Selatan) tapi hasil ekspor drama ini memberikan kontribusi besar," ujar Group 8, produser drama SAIMDANG dikutip dari Koreaboo. "Drama ini jadi drama paling banyak ditonton di Taiwan sejak episode pertama. Drama ini juga diterima dengan baik di Hong Kong, Jepang, Singapura, dan Malaysia." Untung masih ada fans internasional ya, bila tidak mungkin tim produksi SAIMDANG malah rugi.

(kor/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING