KOREA

Sukses Lahirkan Ratusan Idol K-Pop, 7 Agensi Besar Korea Ini Ternyata Punya Anak Perusahaan Tak Cukup Satu

Rabu, 07 Oktober 2020 17:55 Penulis: Editor KapanLagi.com

Lee Soo Man © SM Entertainment - JYP © OSEN

Kapanlagi.com - Buat para pecinta K-Pop pasti tidak asing dengan yang namanya agensi. Namun, tahukah kamu kalau beberapa perusahaan yang cukup terkenal di Korea adalah anak dari satu agensi besar? Anak perusahaan tersebut bisa dibentuk atau merupakan hasil akuisisi dari perusahaan sebelumnya.

Ingin tahu apa saja anak perusahaan yang berada di bawah agensi besar? Yuk simak daftar lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. SM Entertainment

Perusahaan yang dibentuk Lee Soo Man ini berdiri tahun 1995 dan saat ini menaungi artis top Korea beberapa di antaranya BoA, TVXQ, Super Junior, Girl’s Generation, SHINee, EXO, Red Velvet, dan NCT. Dikenal sebagai anggota big 4, SM memiliki 4 anak perusahaan yakni Woollim Entertainment, Label SJ, KEYEAST, dan SM C&C.

Woollim sendiri menaungi 4 grup yaitu Infinite, Lovelyz, Golden Child, dan Rocket Punch, sedangkan Label SJ dibuat khusus untuk Super Junior, dan KEYEAST merupakan perusahaan untuk aktor dan aktris yang beberapa diantaranya adalah Moon Ga Young, Park Soo Jin, dan Shin Yun Seob.

Anak perusahaan terakhir adalah SM Culture & Contents yang merupakan perusahaan periklanan, produksi, perjalanan, dan bakat Korea Selatan di bawah SM Entertainment . Perusahaan ini beroperasi sebagai agen pencari bakat, perusahaan produksi konten televisi, perusahaan produksi teater, dan perusahaan perjalanan.

2. JYP Entertainment

JYP merupakan perusahaan yang lebih muda 2 tahun dari SM. Label yang dikenal karena selalu membuat girlband hits ini mempunyai 2 anak perusahaan yakni J. Tune Entertainment dan Studio J. JYP tercatat telah menghasilkan 16 artis baik yang masih berada di agensi tersebut ataupun tidak, beberapa diantaranya ialah Got7, Twice, Stray Kids, dan ITZY.

J. Tune Entertainment sendiri telah dibubarkan sejak 2013, ia pernah menangani 3 artis yakni MBLAQ, Two X, dan Madtown. Berbeda dengan J. Tune, Studio J masih aktif dan mempunyai Day6 dan Nakjoon sebagai artis mereka.

3. YG Entertainment

Agensi yang menaungi BLACKPINK, iKON, Winner, dan TREASURE ini dibentuk tahun 1996. Ia kemudian membuat sub label pertama di tahun 2015 yang diberi nama THE BLACK LABEL, 3 tahun setelahnya YG kembali membuat anak perusahaan baru yakni YGX Entertainment.

THE BLACK LABEL sendiri dipimpin oleh Teddy dan menaungi 5 artis solo yaitu Somi, Zion.T, Okasian, Vince, dan R.Tee. Adiknya, YGX Entertainment baru memiliki 3 anggota yakni VIINI, Blue.D, dan Anda.

4. Big Hit Entertainment

Mencetak kesuksesan baru di industri musik Korea Selatan menjadikan Big Hit sebagai salah satu perusahaan terbesar di Negeri Ginseng itu. Bukan cuma BTS dan TXT ternyata Big Hit pernah menangani sejumlah artis yakni K.Will, 2AM, Glam, Lim Jeong Hee, dan Homme. Mereka juga telah mengakuisisi 2 perusahaan yaitu Source Music yang menaungi Gfriend serta Pledis Entertainment yang memiliki NUEST dan SEVENTEEN.

5. Cube Entertainment

Meski tidak masuk ke dalam 4 besar, Cube ternyata memiliki beberapa anak perusahaan juga lho! Label tempat Pentagon, CLC, dan (G)I-DLE ini memiliki 5 subsidiaries yakni Music Cube, Cube DC, Cube Entertainment Japan, Starline Entertainment, dan U-Cube. Banyak juga kan?

6. kakaoM

kakaoM merupakan perusahaan yang sebelumnya bernama LOEN Entertainment. Fokus pada musik, kakao M juga mencakup merek konten musik 1theK. Nggak cuma itu, mereka juga merangkul 4 perusahaan besar yaitu Play M Entertainment, Cre.Ker Entertainment, Starship Entertainment, dan EDAM Entertainment.

Play M terdiri dari beberapa grup populer seperti Apink, Weekly, dan Victon. Cre.Ker Entertainment menaungi THE BOYZ, Starship mempunyai sejumlah artis seperti Monsta X dan Cravity, dan terakhir EDAM Entertainment yang menangani IU.

7. CJ E&M

Kalau yang satu ini pasti kamu udah sering lihatkan? CJ memang dikenal sebagai perusahaan yang sangat besar di Korea, ia memiliki saluran TV yakni tvN, O’live, OCN, dan Mnet. Nggak cuma itu ia juga punya perusahaan produksi, pemasaran, dan distribusi drama bernama Studio Dragon. CJ juga menaungi Stone Music Entertainment yang memiliki 5 anak perusahaan lain yakni MMO Entertainment, Off The Record Entertainment, Swing Entertainment, LM Entertainment, dan Studio Blu.

Tidak puas dengan satu perusahaan saja, ternyata beberapa label besar di atas melebarkan sayap mereka dengan membuat anak-anak perusahaan. Dari 7 diantaranya, mana nih yang bikin kamu kagum?

Ditulis oleh: Ghariza Fathia


REKOMENDASI
TRENDING