Soal Persamaan Lagunya Dengan EXO-CBX, Anji: Mirip Itu Wajar

Selasa, 03 April 2018 20:00 Penulis: Rahmi Safitri
Soal Persamaan Lagunya Dengan EXO-CBX, Anji: Mirip Itu Wajar Anji dan EXO-CBX © Istimewa

Kapanlagi.com - Beberapa hari ini ramai 'perang' antara penyanyi Anji dengan fans EXO yang biasa disebut dengan EXO-L di Indonesia. Semua ini bermula kala Anji mengunggah sebuah video di mana dia bertanya apakah lagu yang dinyanyikan oleh EXO-CBX yang berjudul Someone Like You mirip dengan single-nya yang rilis di tahun 2012, Kekasih Terhebat.

Sayangnya, banyak fans EXO yang salah kaprah dan menuduh Anji telah menganggap idola mereka plagiat lagunya. Fans EXO yang tak terima ini pun akhirnya marah-marah di Instagram Anji bahkan sampai ada yang mengancamnya untuk mati. Anji lalu menjelaskan lebih jauh bagaimana kronologi masalah ini.

"Jadi beberapa fans dari EXO itu panas karena pemberitaan yang salah. Kan saya nggak ngomong bahwa EXO itu plagiat, saya bertanya (di Instagram) apakah kalau mirip adalah plagiat? Media yang memberitakannya, ada yang (judul) boyband EXO plagiat lagu Anji. Nah mereka itu ngerasa terbakar gara-gara itu. Setelah terbakar, mereka tanpa melihat caption saya, langsung nyerang saya. Tapi nggak semua lho. Banyak yang minta maaf sama saya, ribuan," cerita Anji saat ditemui di Epiwalk, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2018).

Anji ingin memberikan edukasi soal plagiarisme © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaAnji ingin memberikan edukasi soal plagiarisme © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Sementara soal kemiripan lagu antara Someone Like You dan Kekasih Terhebat, Anji bilang bohong kalau sampai ada yang bilang tidak sama. Bahkan Anji mengakui kedua lagu tersebut juga sama dengan sebuah lagu yang rilis di tahun 2008. Baginya, lagu mirip itu hal biasa.

"Saya kan penulis lagu, penyanyi, saya sering membuat lagu yang tiba-tiba kok mirip sama lagu yang ada. Tidak ada ciptaan sekarang yang sebelumnya nggak ada, sebelumnya sudah pernah diciptakan. Bahkan nada-nada juga sama. Ini saya pengin temen-temen jangan sampai salah memberitakan lagi karena udah adem kemarin. Ini sebenarnya edukasi kalau mirip itu wajar, tapi, sebuah lagu dibilang plagiat kalau udah delapan bar. Kalau EXO sama saya yang terdengar ada tujuh bar. Kalau EXO sama Orion satu setengah bar," jelas Anji.

"Permasalahan tentang plagiat ini ada delapan bar. Satu bar itu kalau birama empat ber empat ada empat ketuk. Jadi kalau delapan itu panjang banget. Jelas-jelas itu mirip atau plagiat. Atau memang membeli hak cipta untuk membawakan lagu itu. Karena banyak orang membeli lisensi untuk sebuah lagu. Jadi mirip, liriknya terjemahan, dan itu legal. Banyak hal tentang plagiat yang harus diedukasi pada masyarakat. Karena beberapa teman saya lagunya dibilang plagiat. Dan saya membahas di channel YouTube saya dua kali postingan. Mungkin nanti akan saya bahas lagi," tambah Anji menutup pembicaraan soal plagiat.

(kpl/abs/pit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING