Anak Bintang Jadi Seleb, Bakat Turun Temurun Atau Aji Mumpung?

Kamis, 24 November 2016 10:38 Penulis: Wulan Noviarina
Anak Bintang Jadi Seleb, Bakat Turun Temurun Atau Aji Mumpung? ©istimewa

Kapanlagi.com - Tak hanya Indonesia yang punya fenomena anak bintang film atau penyanyi ikut jadi selebritis seperti orangtuanya. India pun mengalami hal seperti ini, bahkan banyak keluarga yang hampir seluruh anggotanya jadi seorang selebritis, terutama di kalangan bintang film.

Ada yang memang hampir semua anggota keluarganya memiliki bakat untuk berakting. Tapi tak sedikit pula yang memaksa untuk jadi bintang hanya dengan modal anaknya selebritis A, meski aslinya tak terlalu punya bakat di bidang seni peran.

Bakat Turunan

Tidak bisa dipungkiri, sebagian asal bakat dalam diri seseorang adalah turunan dari orangtuanya. Mereka yang pandai berakting, kemungkinan memiliki orangtua aktor atau aktris. Demikian pula mereka yang pandai bernyanyi, biasanya juga turunan dari salah satu anggota keluarganya.

Banyak aktor dan aktris tenar di Bollywood saat ini yang merupakan anak dari seleb ternama. Sebut saja Kareena Kapoor dan Karisma Kapoor yang merupakan anak dari Randhir Kapoor dan Babita, aktor dan aktris ternama di tahun 1970-an.

Nama lain yang tidak kalah tenar adalah Salman Khan yang merupakan anak dari seorang penulis naskah dan produser ternama di Bollywood. Juga Aamir Khan, yang tak lain adalah anak dari sutradara tenar di India.

Ranbir Kapoor yang sekarang sukses, pernah masuk daftar anak seleb yang numpang tenar nama orangtua. Berulang kali Ranbir mengecap kegagalan, sampai akhirnya ia mendapatkan pujian atas aktingnya dan sekarang masuk list aktor berbakat di India.

Mereka Yang Sukses Karena Berbakat

Kajol memang anak aktris, tapi ia sukses dengan karirnya karena bakatnya yang luar biasa ©instagram/kajolKajol memang anak aktris, tapi ia sukses dengan karirnya karena bakatnya yang luar biasa ©instagram/kajol


Selain nama-nama yang sudah disebutkan di atas, banyak anak seleb lain yang mencicip kesuksesan seperti orangtua mereka. Sebut saja Alia Bhatt, putri sutradara Mahesh Bhatt yang kini jadi salah satu aktris paling laris di Bollywood. Meski anak sutradara, tapi Alia sukses dengan jalannya sendiri.

Arjun Kapoor yang tak lain adalah anak dari produser Boney Kapoor juga sukses dengan karirnya tanpa bantuan sang ayah. Justru Salman Khan yang jadi sosok di balik kesuksesan Arjun di dunia seni peran.

Kajol juga jadi salah satu aktris India yang masuk ke dunia seni peran karena turunan. Ibu Kajol, Tanuja adalah seorang aktris yang sampai sekarang masih dihormati di kalangan pelaku industri hiburan Bollywood.

Mereka Sukses Karena Ganteng dan Cantik

Sepanjang karirnya, baru 1 film Sonam yang dianggap bagus. Selebihnya, beruntung karena ia cantik ©AFPSepanjang karirnya, baru 1 film Sonam yang dianggap bagus. Selebihnya, beruntung karena ia cantik ©AFP


Ada anak selebritis yang sukses karena bakatnya, ada juga yang bertahan selama bertahun-tahun lamanya hanya karena wajah. Salah satunya adalah Sonam Kapoor, putri Anil Kapoor yang sampai sekarang masih sukses di Bollywood. Sampai detik ini banyak kritikus yang menyebut akting Sonam tak terlalu bagus, tapi ia selalu laris karena wajahnya amat cantik.

Selain Sonam, juga ada nama Shraddha Kapoor yang tak lain adalah anak dari aktor Shakti Kapoor. Aktingnya belum terlalu bagus, namun ia juga laris di pasaran karena wajahnya menawan.

Sooraj Pancholi, putra dari aktor Aditya Pancholi pun masuk dalam daftar ini. Selain tenar karena nama ayahnya, Sooraj pun mampu bertahan karena wajah ganteng dan bantuan besar Salman Khan untuk mengatrol karirnya di Bollywood.

Ortu Sukses, Anak Gagal Total

Berulang kali mencoba, belum satupun film Tanisha Mukherjee yang sukses ©instagramBerulang kali mencoba, belum satupun film Tanisha Mukherjee yang sukses ©instagram

Tidak sedikit anak seleb Bollywood yang gagal total meski sudah membawa nama besar orangtua mereka. Seperti yang terjadi pada Esha Deol, yang sudah berjuang sekuat tenaga agar bisa sukses, namun tak pernah bisa setenar orangtuanya.

Nama lain yang gagal setenar orangtua mereka adalah Uday Chopra. Putra sutradara Yash Chopra ini gagal total jadi aktor, dan sampai sekarang karirnya mandeg di situ-situ saja meski keluarganya punya rumah produksi paling besar di India, YRF.

Tanisha Mukherjee, adik kandung Kajol juga mengalami hal yang sama. Sampai sekarang Tanisha belum bisa menyamai kesuksesan Tanuja dan juga Kajol di dunia seni peran. Meski selalu didukung Kajol, tapi nampaknya dewi fortuna belum memihak pada Tanisha.

Mereka Sedang Mencoba...

Jhanvi sedang bersiap terjun ke dunia film seperti ibunya. Akankah ia sukses? ©instagram/instantbollywoodJhanvi sedang bersiap terjun ke dunia film seperti ibunya. Akankah ia sukses? ©instagram/instantbollywood

Belakangan kencang berhembus kabar kalau putri Sridevi, Jhanvi Kapoor bakal segera debut di Bollywood. Demi debut Jhanvi, Sridevi mulai membawa sang buah hati ke acara-acara penting seleb Bollywood. Namun sampai sekarang Sridevi masih belum memutuskan naskah mana yang bakal diambil oleh Jhanvi.

Anak tiri Kareena Kapoor, Sara Ali Khan juga sedang bersiap untuk terjun ke dunia film. Sejauh ini, Sara sudah menolak beberapa tawaran karena masih kurang tepat untuknya. Kira-kira, Sara bakal sukses nggak ya di Bollywood seperti ibu, ayah dan ibu tirinya?

Antara sukses karena bakat turun temurun atau aji mumpung, bedanya tipis. Tapi bisa dipastikan, mereka yang terus berusaha dan berjuang mendapatkan hasil yang lebih baik daripada yang hanya mengandalkan nama orangtua saja.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING