Deretan Film Bollywood Tanpa Tarian Khas India, Menarik!

Jum'at, 24 Maret 2017 17:38 Penulis: Wulan Noviarina
Deretan Film Bollywood Tanpa Tarian Khas India, Menarik! ©istimewa

Kapanlagi.com - Film Bollywood selalu identik dengan tarian dan lagu khas India yang riang dan menghentak. Hampir semua film Bollywood memiliki adegan tarian ini, bahkan scene untuk lagu dibuat lebih dulu daripada scene film aslinya.

Tujuannya apa? Selain sebagai sarana promo dengan merilis klip single original soundtrack asli filmnya, tarian adalah hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat India. Tarian dari sebuah lagu biasanya dipelajari dan dimainkan di acara-acara pesta.

Lalu apa jadinya kalau sebuah film India dibuat tanpa tarian sedikitpun? Lagu tentu masih ada, tapi tidak dibuatkan tarian seperti pada umumnya. Well, hasilnya ternyata beragam. Ada penonton yang tetap suka dan nonton film itu, ada juga yang hasilnya flop.

Bukan, bukan hanya tarian yang bikin sebuah film India jadi laris. Belakangan, pecinta film tetap nonton meski tak ada adegan tariannya. Asal...naskahnya bagus dan memang layak tonton. Kalau ada yang nggak laris, alasannya bukan semata karena tarian kok.

Di antara banyak film India tanpa lagu, beberapa film berikut ini layak masuk list wajib tonton. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibilang kualitasnya sama bagus dengan Hollywood. Hmm, penasaran kan?

ENGLISH VINGLISH

©High on Films©High on Films

Berkisah tentang seorang ibu yang selalu diejek anak dan keluarganya karena tak bisa bahasa Inggris. Lalu karena satu hal ia terpaksa terbang sendirian ke Amerika dan mulai mempelajari bahasa Inggris dengan tempo yang singkat.

Kisahnya sederhana, namun mencakup hubungan yang dalam antara ibu, anak, suami dan keluarganya. Dibintangi oleh Sridevi, film ini sangat layak untuk ditonton akhir pekan ini.

MY NAME IS KHAN
©High on Films©High on Films

Selain akting Shahrukh Khan yang sangat memukau di film ini, MY NAME IS KHAN memiliki naskah yang bagus. Berkisah tentang seorang pria Muslim bernama Khan yang sempat dicurigai sebagai teroris, lalu berjuang untuk bisa membersihkan namanya.

Pasang surut yang terjadi dalam film MY NAME IS KHAN bagaikan tamparan bagi semua orang yang berperang dan bermusuhan atas nama agama. Film ini tidak hanya memiliki gambar yang bagus, namun nilai yang terkandung di dalamnya juga amat penting untuk kehidupan sehari-hari.

FAN
©High on Films©High on Films

Kehadiran fans memang sangat penting bagi seorang bintang film. Tapi bagaimana jadinya kalau penggemar itu ternyata sangat obsesif dan membahayakan nyawa sang idola?

Film yang dibintangi Shahrukh Khan ini menunjukkan bagaimana dilema seorang bintang dan fans. Meski ada sedikit kekurangan, namun overall film ini layak untuk ditonton.

BLACK
©High on Films©High on Films

Film ini berkisah tentang seorang anak perempuan yang buta serta tuli dan gurunya, yang kemudian menderita alzheimer. Hubungan mereka sangat manis dengan naskah yang ditulis dengan sangat mengagumkan.

Karena film ini, Rani Mukherjee diganjar piala aktris terbaik tahun 2005 dan Amitabh Bachchan jadi aktor terbaik. Film BLACK sendiri dinobatkan jadi film terbaik oleh majalah TIME. Menarik bukan?

DEAR ZINDAGI
©High on Films©High on Films

Pikiran adalah bagian dari tubuh, ketika sakit, ia juga harus diperiksakan dan disembuhkan. Itulah pesan yang disampaikan oleh film DEAR ZINDAGI yang menyorot tentang masalah kejiwaan yang kerap kali disangkal oleh sebagian besar masyarakat.

Padahal ketika dikonsultasikan dan mendapatkan penanganan yang benar, depresi dan berbagai penyakit kejiwaan lainnya tak akan berujung fatal seperti nekat bunuh diri. Film ini juga memberikan pelajaran berharga tentang hubungan anak dengan orangtua yang dibawakan dengan baik oleh Alia Bhatt.

DANGAL
©High on Films©High on Films

Film terbaru Aamir Khan ini mengusung genre tentang seorang pegulat yang ingin anaknya juga jadi atlet untuk memenuhi impian masa mudanya yang tak kesampaian. Perjuangan Aamir untuk membesarkan anak-anaknya berbuah manis dengan medali emas yang dibawa oleh putrinya dari arena gulat.

DANGAL dibuat berdasarkan kisah nyata, namun bukan sepenuhnya film biografi. Alur ceritanya berjalan smooth, dan akting Aamir benar-benar patut diacungi jempol di film ini.

THE LUNCHBOX
©High on Films©High on Films

Berkisah tentang bekal makan siang yang salah alamat, berujung pada surat-surat penuh makna yang setiap hari dikirimkan oleh pemberi dan penerima makan siang. Film ini mengungkap banyak hal tentang kehidupan masyarakat India pada umumnya.

Bagaimana seorang pria yang hampir pensiun menerima nasibnya. Juga tentang seorang ibu rumah tangga yang terkungkung dalam cinta bertepuk sebelah tangan dari suaminya. Menarik dan layak untuk jadi koleksi.

Penasaran kan dengan semua film di atas? Yakin deh, pandangan kamu akan berubah tentang film Bollywood.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING