Tampilan Adegan Yang Bikin Ngeri, Serial 'Ashoka' Kena Tegur KPI

Selasa, 15 September 2015 17:38 Penulis: Wulan Noviarina
Tampilan Adegan Yang Bikin Ngeri, Serial 'Ashoka' Kena Tegur KPI Ashoka ©yodesi.net
Kapanlagi.com - Serial asal India, Ashoka yang ditayangkan oleh ANTV mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Surat teguran itu dilayangkan oleh KPI lantaran menemukan beberapa pelanggaran dari serial yang dibintangi oleh Siddharth Nigam tersebut.

Teguran tertulis bernomor 969/K/KPI/09/15 tersebut disampaikan kepada ANTV pada 15 September 2015. Berdasarkan pedoman penyiaran yang berlaku di Indonesia, serial yang berjudul lengkap Chakravartin Ashoka Samrat itu melanggar beberapa hal.

"Program tersebut menampilkan secara eksplisit adegan seorang pria yang menyayat lehernya dengan pisau hingga berdarah. KPI Pusat menilai tayangan dengan muatan tersebut tidak dapat ditampilkan karena dapat menimbulkan kengerian pada khalayak. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak-anak dan remaja, larangan adegan kekerasan serta penggolongan program siaran," bunyi surat tersebut.

'Ashoka' ditegur karena menampilkan adegan sayat leher. ©kpi'Ashoka' ditegur karena menampilkan adegan sayat leher. ©kpi

Episode yang menampilkan adegan ini ditayangkan oleh ANTV pada 1 September silam pukul 19.10. Karena memuat adegan berdarah-darah, ditakutkan akan menimbulkan rasa ngeri untuk anak-anak karena ditayangkan pada sore hari.

Adegan ini melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 Ayat (1). Juga melanggar Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a.

Bila tidak dibenahi, maka program dengan pelanggaran seperti ini akan mendapatkan sanksi berupa penghentian tayangan sementara. Namun sejauh ini KPI baru memberikan teguran tertulis kepada pihak ANTV selaku stasiun televisi yang menayangkan serial ini.

Sampai berita ini diturunkan, ANTV belum memberikan komentar atas teguran yang diterima oleh Ashoka. Dan sampai saat ini Ashoka masih jadi salah satu tayangan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING