FILM INDONESIA

5 Fakta di Balik Film 'KKN DI DESA PENARI' Yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Nonton di Bioskop

Senin, 11 April 2022 17:33

Fakta-Fakta 'KKN DI DESA PENARI' / Credit Foto: MD Pictures

Kapanlagi.com - Film-film horor selalu punya tempat di hati para pecinta film Indonesia. Dan bulan ini, beberapa judul top pun akan segera ditayangkan di layar lebar, di mana salah satunya sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, yakni KKN DI DESA PENARI.

Bukan tanpa alasan, ada beberapa fakta menarik yang membuat film rilisan rumah produksi MD Pictures itu dinanti-nanti banyak pihak. Nah sebelum film-nya tayang di akhir bulan April nanti, kalian harus banget ceki-ceki fakta film KKN DI DESA PENARI berikut..

1. Diangkat dari Kisah Viral di Twitter

Tahun 2019 silam, Twitter dibuat heboh oleh sebuah thread yang ditulis oleh seorang user bernama Simpleman. Kisah horor itu diberi nama KKN di Desa Penari dan diceritakan dari 2 sudut pandang berbeda, yakni versi Nur dan Widya. Kisah mengerikan itu diangkat dari kisah nyata.

Saking populernya, kisah tersebut akhirnya diangkat jadi sebuah buku juga loh. Dan tak cuma itu saja, sederet sineas maupun rumah produksi pun berlomba-lomba untuk mendapatkan hak tayang dari kisah KKN di Desa Penari. Hingga pada akhirnya, MD Pictures lah yang mendapatkannya.

2. Nama Penulis dan Desa Hingga Kini Masih Jadi Misteri

Uniknya, hingga sekarang sosok sang penulis alias Simpleman masih menjadi misteri. Tidak ada yang tahu identitas aslinya. Beliau pun rupanya tak tergiur dengan hingar-bingar kepopuleran dan memilih untuk menyimpan jati dirinya rapat-rapat.

Selain penulisnya yang misterius, semua nama desa dan lokasi yang diceritakan pada kisah tersebut amat sangat dirahasiakan oleh Simpleman. Ia hanya menulis jika kota tempat kejadian itu berinisial B, sementara mahasiswa yang jadi korban di ceritanya berasal dari kota S.

Beberapa netizen sudah membuat analisa sendiri mengenai lokasi yang dimaksud pada cerita tersebut, di mana mereka menduga jika B adalah Banyuwangi, sementara S adalah Surabaya. Kalau menurut KLovers sendiri?

3. Penayangan Ditunda Hingga 2 Tahun

Film KKN DI DESA PENARI yang digarap oleh MD Pictures sejatinya sudah selesai di tahun 2019 silam dan dijadwalkan tayang di tahun 2020. Nahas, pandemi menyerang dan bioskop-bioskop tidak boleh beroperasi, sehingga film-nya pun terpaksa ditunda untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

Nah, awal tahun 2022 ini, MD Pictures mengumumkan jika KKN DI DESA PENARI angkat naik ke layar lebar pada bulan Februari. Namun lagi-lagi, para penonton yang sudah tak sabar harus gigit jari karena ada aturan PPKM dari pemerintah yang membuat film tersebut kembali ditunda hingga 30 April 2022 mendatang. Well, semoga saja tidak ditunda-tunda lagi ya setelah ini.

4. Proses Produksi Habiskan Biaya Rp 15 Miliar Lebih

Dalam sesi ngobrol dengan KapanLagi.com, Manoj Punjabi sang produser dari film KKN DI DESA PENARI sempat menjelaskan jika proses syuting film tersebut mengalami banyak sekali kendala. Bahkan gara-gara itu, biaya produksi pun membengkak hingga puluhan miliar rupiah.

"Banyak (kesulitan), waktu itu kita syuting bulan November sampai Desember, lagi hujan-hujannya, bangun set di hutan sempet lengser. Banyak banget cobaan yang kita alamin. Ya budget naik juga, tapi Alhamdulillah selesai dengan baik dan semuanya lancar," ungkap Manoj pada KapanLagi.com.

"Kisaran di atas Rp 15 miliar. Belum promosi. Memang gila," sambungnya singkat.

5. Dirilis Jadi 2 Versi Berbeda

Uniknya, KKN DI DESA PENARI nanti bakal dirilis dalam 2 versi yang berbeda loh, yakni UNCUT dan Non UNCUT. Masing-masing punya target usia penonton sendiri, di mana versi UNCUT hanya ditujukan untuk penonton usia 18 tahun ke atas.

Selain itu, MD Pictures juga mempersembahkan poster film KKN DI DESA PENARI dengan teknologi terbaru yang bernama Augmented Reality. Ini adalah poster film pertama dengan teknologi Augmented Reality dan bisa dinikmati oleh khalayak ramai.

"MD selalu mau melakukan terobosan-terobosan baru, dan melalui
teknologi ini, kami bisa berinteraksi lebih banyak dengan para pengunjung bioskop dan fans KKN Di Desa Penari," ujar Manoj Punjabi kepada KapanLagi.com.


REKOMENDASI
TRENDING