FILM INDONESIA

5 Film Horor Indonesia Ini Ternyata Terinspirasi dari Kisah Nyata, dari 'DANUR' sampai 'KKN DI DESA PENARI', Yakin Berani Nonton Sendirian?

Senin, 02 Agustus 2021 19:49 Penulis: Editor KapanLagi.com

KELUARGA TAK KASAT MATA, RUMAH KENTANG, MATA BATIN (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Film horror dapat dikatakan sebagai salah satu genre yang paling banyak diminati dan ditonton oleh para muda-mudi. Alasannya tak lain untuk mengukur seberapa besar keberanian yang dipunya atau sekedar mencari alternatif hiburan yang beda dari yang lain.

Terkadang, kisah-kisah dari film horor menjadi sesuatu yang creepydan bahkan dapat menyebabkan para penontonnya mengalami ketakutan pasca menonton film yang penuh dengan hal-hal yang mengerikan itu. Nah, bagi kamu yang mempunyai nyali besar untuk menonton film horror, yuk disimak. Berikut 5 film horor Indonesia yang terinspirasi dari kisah nyata.

1. RUMAH KENTANG (2012)

Berawal dari seorang anak yang tewas karena terjatuh ke dalam kuali besar yang sedang merebus kentang, kisah ini kemudian diangkat menjadi film horor yang disutradarai oleh Jose Poernomo.

Meskipun sudah lama terjadi, tetapi kisah ini tetap saja populer bahkan hingga sekarang ini. Karena kejadian ini juga, rumah tempat tewasnya anak itu mendapat sebutan sebagai RUMAH KENTANG dan menjadi salah satu tempat terangker. Tak jarang, ada pula orang yang tak sengaja mencium aroma kentang rebus atau suara tertawa anak kecil dari rumah tersebut.

 

2. DANUR: I CAN SEE GHOST (2017)

Film yang berdurasi 1 jam 18 menit ini merupakan salah satu film horor Indonesia yang wajib KLovers tonton. Kenapa? Karena selain terinspirasi dari kisah nyata, film ini juga menyuguhkan banyak adegan yang bikin jantung berdegup kencang dan musik yang bikin merinding.

Selain itu, film ini juga mempunyai cerita yang unik tentang bagaimana seorang anak indigo bernama Risa, yang diperankan oleh Prilly Latuconsina, berinteraksi dengan para hantu yang tinggal di rumahnya. Di sini KLovers akan diperlihatkan bagaimana sudut pandang dari seorang anak indigo dan juga keseharian yang ia jalani. Menarik bukan?

 

3. KELUARGA TAK KASAT MATA (2017)

Film horor berikutnya yang diangkat dari kisah nyata adalah KELUARGA TAK KASAT MATA. Pada awalnya, kisah horor ini hanya dibagikan oleh seorang desainer grafis bernama Genta di sebuah forum diskusi online.

Namun, karena besarnya animo masyarakat, akhirnya kisah ini pun dijadikan sebuah film yang diproduksi oleh Max Picture. Sebelum diangkat menjadi sebuah film layar lebar, kisah ini ternyata sudah terlebih dulu ditulis ke dalam bentuk novel dengan judul yang sama dan menjadi best seller.

Cerita yang mencekam serta sosok-sosok yang mengerikan turut hadir di dalam film ini. Kerennya, kisah ini ternyata sudah disetujui oleh 'Keluarga Tak Kasat Mata' untuk dijadikan film loh.

 

4. MATA BATIN (2017)

MATA BATIN merupakan sebuah film horor yang menceritakan seorang wanita dan adik perempuannya yang memutuskan untuk kembali ke rumah lama mereka. Meski begitu, rumah yang pernah menjadi tempat tinggal mereka semasa kecil itu ternyata sangat angker dan juga jauh dari keramaian kota.

Sosok-sosok di rumah tersebut mulai menampakkan diri mereka dan dari saat itu juga banyak kejadian aneh yang bermunculan. Film yang dibintangi oleh Jessica Milla dan Bianca Hello ini banyak diminati oleh masyarakat dan bahkan sukses menyentuh angka 1,2 juta penonton.

 

5. KKN DI DESA PENARI (2021)

Siapa sih yang nggak tahu film yang satu ini? Yup, film yang dirilis pada awal tahun 2021 ini sukses memikat banyak penonton dengan alur cerita yang menarik dan penuh dengan nuansa mistis.

Kisah yang sempat ramai diperbincangan di Twitter pada tahun 2019 lalu ini nyatanya diambil dari kisah nyata sekelompok pelajar yang melakukan kegiatan kkn di salah satu desa yang disebut sebagai Desa penari. Akibat melanggar aturan yang ada di desa tersebut, akhirnya para pelajar kkn itu menerima banyak teror dan kejadian-kejadian horor lainnya.  

Artikel ini ditulis oleh: Gloria Trivena May Ary

 


REKOMENDASI
TRENDING