FFI 2014 Berbenah Diri Lewat Metode Penjurian Baru

Sabtu, 18 Oktober 2014 12:51 Penulis: Mahardi Eka
FFI 2014 Berbenah Diri Lewat Metode Penjurian Baru dok. KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Festival Film Indonesia 2014 akan menjadi sebuah awal era baru ajang penghargaan perfilman Indonesia. Pasalnya dalam penyelenggaraannya tahun ini, panitia akan menerapkan sistem penjurian baru. 

Seperti yang diketahui, sistem penjurian yang lama banyak menimbulkan kontroversi sehingga banyak pekerja film yang memilih untuk memboikot FFI. "Penjurian akan diubah dalam dua tahap, dan dilakukan di depan akuntan publik DeLoitte. Acara juga digarap sebaik mungkin. Semua tokoh film dan non-film akan dilibatkan sebagai juri," ujar ketua pelaksana FFI 2014 Kemala Atmojo saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/10).

Hal tersebut disambut oleh aktor senior Christine Hakim yang juga hadir dalam acara tersebut. Ia mengaku senang karena penyelenggaraan FFI tahun ini turut melihat para aktor muda seperti Reza Rahadian.

"Saya berharap Reza ini jadi anak ideologis saya. Idealnya, hanya ada satu festival film di Indonesia. Saat FFI dicetuskan, untuk melakukan apresiasi insan film atau penonton filmnya. Kalau ada kekurangan dalam penyelenggaraannya, itu wajar. Tapi tidak berarti meniadakan festival film Indonesia," harap bintang SANG KIAI ini.

Di Indonesia sendiri ada lebih dari satu ajang penghargaan perfilman seperti misalnya Apresiasi Film Indonesia, Piala Maya, Festival Film Bandung, dan Indonesian Film Awards. Christine Hakim memandang hal tersebut baik tapi tetap saja harus ada satu ajang penghargaan yang jadi barometer semuanya.

"Ini jadi catatan buat pemerintahan baru nanti. Kalau ada dua atau lebih, ya namanya pemborosan dan ada dampak negatif. Ini salah kita semuanya. Kesalahan kolektif. Nilainya berbeda dan terkesan komersil, bukan lagi apresiasi film," pungkasnya.

FFI 2014 akan diadakan pada 6 Desember mendatang di Palembang. Pastikan kamu terus mengikuti perkembangan beritanya di KapanLagi.com®. Pertama-tama intip trailer acaranya berikut ini:


(kpl/hen/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING