FILM INTERNASIONAL

15 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa dari Berbagai Tahun, Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Kamis, 02 Juni 2022 17:22

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Menonton film bisa jadi satu aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apalagi, jika film yang ditonton merupakan bagian dari rekomendasi film terbaik sepanjang masa. Ya, film menjadi hiburan yang sudah ada sejak lama. Sejak film pertama diproduksi hingga saat ini, ternyata terdapat beberapa judul film yang dapat label terbaik.

Pemberian label film terbaik bisa didasarkan pada berbagai hal, misalnya rating atau menang di ajang penghargaan bergengsi. Selain itu, ada pula film yang dinilai pantas masuk ke daftar rekomendasi film terbaik karena jalan cerita, akting, dan proses produksinya secara keseluruhan.

Penasaran, film apa saja yang masuk kategori terbaik sepanjang masa? Langsung saja yuk simak, berikut beberapa rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup.

1. THE GODFATHER

Salah satu film yang digadang-gadang disebut terbaik sepanjang masa ialah THE GODFATHER. Film THE GODFATHER merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan mafia di masa lampau yang lekat dengan tindak kriminal, kekerasan, bisnis illegal, penindasan, pembunuhan.

Film THE GODFATHER disajikan dalam bentuk trilogy. Ketiga seri THE GODFATHER selalu dikagumi pecinta film dan sukses besar. Tak tanggung-tanggung, film yang disutradarai Francis Ford Coppola ini tercatat pernah 11 kali masuk di Academy Award. Salah satunya, kategori best actor yang dimenangkan oleh aktor Marlon Brando.

2. THE SHAWSHANK REDEMPTION

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang kedua yaitu THE SHAWSHANK REDEMPTION. Film yang diproduksi tahun 1994 ini mengangkat latar tahun 1947. Berkisah tentang kehidupan seorang bankir muda di Portland yang bernama Andy Dufresne. Andy dipidana atas pembunuhan istrinya dan selingkuhannya.

Namun, Andy bersikeras dalam membela diri. Dia bersikukuh tidak melakukan pembunuhan itu. Tapi banyaknya bukti akhirnya mengantarkan Andy harus dipenjara seumur hidup di penjara Shawshank. Di sana, dia menjalin persahabatan dengan Red narapidana yang telah dihukum 20 tahun lamanya. Dari situlah cerita tentang kehidupan keras para narapidana di penjara bergulir. 

Dibintangi oleh aktor-aktor papan atas seperti Tim Robbins dan Morgan FreemanTHE SHAWSHANK REDEMPTION jadi salah satu film dengan rating tertinggi di situs imdb. Tak heran, sampai detik ini, film THE SHAWSHANK REDEMPTION kerap masuk dalam jajaran rekomendasi film terbaik sepanjang masa.

3. MEMORIES OF MURDER

Beralih dari film barat ke Korea, MEMORIES OF MURDER juga jadi salah satu film terbaik yang sayang dilewatkan. Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini wajib ditonton kalian pecinta film horor. MEMORIES OF MURDER bercerita tentang kasus pembunuhan berantai di kota Hwaseong.

Film yang disutradarai sutradara kenamaan Korea, Bong Joon-ho ini disebut-sebut sebagai salah satu film Korea terbaik sepanjang masa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang dimenangkan film ini. Mulai dari gelar Film Terbaik dalam Chunsa Film Art Awards, Grand Bell Awards, Korean Film Awards, hingga Film Asia Terbaik di Tokyo International Film Festival. Kalian pecinta film horor wajib nonton!

4. THE DAVINCI CODE

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa berikutnya berjudul THE DAVINCI CODE. Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Dan Brown. THE DAVINCI CODE bercerita tentang kejadian pembunuhan di Louvre di Paris yang menyita perhatian publik.

Pasalnya, kasus pembunuhan tersebut terungkap melalui sandi yang tersembunyi di karya seni Leonardo da Vinci. Sandi tersebut mengarahkan pada pengungkapan sebuah misteri besar. Menonton THE DAVINCI CODE, penonton akan dihantui penasaran dengan teka-teki yang yang harus dipecahkan. Jika penasaran, langsung saja tonton THE DAVINCI CODE!

5. PARASITE

Satu lagi film dari Korea Selatan yang masuk dalam jajaran rekomendasi film terbaik sepanjang masa. Film itu adalah PARASITE yang juga disutradarai oleh sutradara bertangan dingin, Bong Joon-ho. PARASITE bisa dibilang merupakan film yang lengkap.

Bagaimana tidak, film ini meliputi genre thriller dan komedi. Artinya, penonton bisa dibikin tegang sekaligus tertawa lepas saat menontonnya. Bercerita tentang betapa kontrasnya kehidupan masyarakat Korea kelas atas dan bawah. Cerita yang disampaikan begitu miris sekaligus ironis.

PARASITE sempat menyita sorotan ketika berhasil memenangkan piala Oscar 2020 lalu. Di ajang penghargaan film tertinggi itu, PARASITE meraih penghargaan tertinggi. Sebelumnya, PARASITE juga telah memenangkan penghargaan Palme d'Or.

6. SPIDERMAN: NO WAY HOME

SPIDERMAN: NO WAY HOME jadi salah satu film terbaru yang banyak dibicarakan. Setelah ditunggu-tunggu penggemarnya, ketika dirilis SPIDERMAN: NO WAY HOME langsung jadi salah satu film terlaris sepanjang masa. Menariknya, seri terbaru dari super hero Spiderman ini memberikan efek nostalgia pada penggemar Spiderman dari berbagai generasi.

Cerita di film SPIDERMAN: NO WAY HOME bermula ketika identitas Peter Parker sebagai spiderman terungkap. Hal ini kemudian membuat seisi kota menjadi gaduh. Berawal dari hal itu, Spiderman lantas datang meminta bantuan Doctor Strange. Sayangnya, apa yang dilakukan Spiderman tersebut justru membawa masalah yang lebih besar. 

Penasaran bagaimana kisah lengkapnya? Langsung saja tonton salah satu rekomendasi film terbaik sepanjang masa dan yang terbaru, SPIDERMAN: NO WAY HOME!

7. AVENGERS: ENDGAME

AVENGERS: ENDGAME menjadi rekomendasi film terbaik selanjutnya. Film ini bercerita mengenai kelanjutan kisah para Avengers. Sebelumnya, Thanos memusnahkan setengah dari populasi Bumi hanya dengan jentikan jarinya di AVENGERS: INFINITY WAR tahun 2018.

Jika kalian penasaran dengan kisah pasukan yang tersisa, silakan tonton cerita Avengers yang harus bertahan dan berkumpul sekali lagi demi menghentikan upaya Thanos mengurangi setengah populasi dunia.

8. SEARCHING

Jika kalian mencari rekomendasi film terbaik yang penuh teka-teki, SEARCHING adalah jawabannya. Film yang rilis pada tahun 2018 ini berkisah tentang pengungkapan kasus di balik hilangnya seorang anak bernama Margot.

Saat menonton ini, kalian akan dibuat penasaran dengan teka-teki yang disuguhkan. Sang ayah bernama David berusaha mencari putrinya yang dikira sedang les piano, tapi hasilnya nihil. Selanjutnya, dia melaporkan kehilangan ke kantor polisi. Pencarian pun terus berjalan. Berbekal akun media sosial sang putri, dia menemukan petunjuk sekaligus beragam fakta tak terduga.

9. GET OUT

Setelah menonton film GET OUT nanti, kalian mungkin akan langsung sepakat bahwa ini layak masuk ke daftar rekomendasi film terbaik. Tokoh dalam film ini bernama Chris, seorang pria Afrika-Amerika yang akan berkunjung ke rumah pacarnya yang berkulit putih selama liburan akhir pekan.

Awalnya, pertemuan tersebut memang terlihat normal. Namun selanjutnya, dia mengalami banyak kejadian mengerikan. Film ini bisa dikatakan sebagai gambaran mengenai isu sosial rasisme di Amerika.

10. US

Jika kalian suka film yang bikin deg-degan, US sepertinya bisa menjadi rekomendasi film terbaik yang perlu kalian tonton. Film thriller ini bercerita tentang teror yang dihadapi keluarga Wilson saat berlibur.

Kalian akan turut tegang menyaksikan situasi liburan keluarga yang awalnya menyenangkan, lalu berubah menjadi menyeramkan saat malam datang. Pasalnya, rumah yang disewa oleh keluarga Wilson diserang dan anehnya, para penyerang itu berwajah sama dengan anggota keluarga Wilson.

11. EXAM

EXAM menjadi rekomendasi film terbaik tentang psikologis yang tak boleh kalian lewatkan. Saat menonton, kalian akan dibuat geram melihat interaksi para tokoh yang terdiri 8 orang pelamar kerja. Mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal tes yang diberikan.

Pasalnya, hanya ada kertas kosong dan pensil tanpa ada satu pertanyaan. Akhirnya, mereka bekerja sama mencari cara untuk menyelesaikannya. Jawaban yang mereka temukan pun sangat mengejutkan.

12. TOY STORY 4

TOY STORY merupakan rekomendasi film terbaik untuk keluarga. Pada TOY STORY 4 ini, Bonni si pemilik mainan yang baru masuk TK takut bersosialisasi. Woody pun berusaha membantu Bonnie melewati harinya seperti saat dia membantu Andy dulu.

Masalah muncul lagi saat Bonnie membuat mainan baru di TK. Dia membuatnya dari garpu plastik yang diberi wajah, dan diberi nama Forky. Forky yang merasa tidak pantas disebut sebagai mainan pun kabur dari rombongan.

13. BAD GENIUS

Thailand memiliki banyak film-film berkualitas yang tak boleh dilewatkan, salah satunya adalah BAD GENIUS. Film ini berkisah tentang dua orang jenius yang berniat melakukan kecurangan dalam ujian masuk Universitas bergengsi di Amerika.

Tak hanya sampai di situ, mereka malah mewujudkan niat itu menjadi sebuah bisnis. Mereka memberikan contekan berskala internasional demi mendapatkan uang. Aksi berani mereka akan membuat kalian deg-degan saat menonton.

14. SPIRITED AWAY

Rekomendasi film terbaik selanjutnya adalah SPIRITED AWAY atau Sen to Chihiro no Kamikakushi. Film garapan Studio Ghibli ini bercerita tentang seorang anak yang masuk ke dunia lain tanpa sengaja. Dia melihat dua orang tuanya berubah menjadi babi saat makan di tempat tersebut.

Anak yang sebatang kara itu pun berjalan dan bertemu dengan dewa, penyihir, roh hingga manusia buas. Petualangan aneh Chihiro menjadi kisah yang layak diikuti oleh orang dewasa maupun anak-anak.

15. COCO

COCO menjadi rekomendasi film terbaik animasi yang juga tak boleh kalian lewatkan. COCO bercerita tentang mimpi seorang anak bernama Miguel yang lahir di keluarga pembenci musik. Keluarga itu melarang permainan musik karena masa lalu pahit sang nenek. Namun, hal itu tak menyurutkan minat Miguel untuk jadi musisi. Sejak itu, Miguel telah dianggap sebagai anak yang menyimpan impian terlarang.

Karena mimpi itu pula, Miguel pun terdampar di belahan dunia lain yang penuh keajaiban. Melalui perjalanan tersebut, perlahan Miguel pun mengetahui masa lalu sang nenek. Kisah penuh haru jadi tak bisa terhindarkan lagi.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film terbaik sepanjang masa. Gimana, tertarik menonton film yang mana?


REKOMENDASI
TRENDING