'THE ROOM' Disebut Film Terburuk Sepanjang Masa, Fakta di Baliknya Bikin Tercengang

Selasa, 20 Maret 2018 15:35 Penulis: Cinthya Septavy
'THE ROOM' Disebut Film Terburuk Sepanjang Masa, Fakta di Baliknya Bikin Tercengang The Room (credit: Wiseau-Films)

Kapanlagi.com - THE ROOM film yang sebenarnya bercerita mengenai drama serius tapi bakal membuatmu bertanya-tanya 'ini film apa sih?'. Okey garis besar dari film ini menceritakan tentang Johny (Tommy Wiseau) sebagai bankir yang sukses dan menjalin cinta dengan tunangannya Lisa (Juliette Danielle). Namun ternyata Lisa berselingkuh dengan teman Tommy yaitu Mark (Greg Sestero).

Tapi di sini tidak akan dibahas mengenai kisah selanjutnya akan seperti apa. Lalu? Mari membahas sesuatu yang lebih menyenangkan dan mencengangkan di balik pembuatan film yang disebut terburuk sepanjang masa.

THE ROOM Habiskan 6 juta dollar 
Percaya nggak percaya, THE ROOM menghabiskan dana sebanyak 6 juta dolar atau setara 82,5 miliar rupiah pada saat itu. Bukannya jadi film terbaik, nyatanya malah jadi film terburuk sepanjang masa.

Siapa yang menyangka film ini habiskan dana 80 miliar rupiah lebih? (credit: Wiseau-Films)Siapa yang menyangka film ini habiskan dana 80 miliar rupiah lebih? (credit: Wiseau-Films)

'(THE ROOM) menghabiskan dana 6 juta dollar untuk pembuatannya dan film ini malah terlihat seperti film 6 dollar,' ungkap James Franco dalam Toronto Film Festival. Apa yang dikatakan James memang benar adanya, tak ada yang menyangka film ini bakal menghabiskan dana fantastis bukan?

Alih-alih menyewa peralatan film, Tommy malah nekat membeli meski ini adalah kali pertama ia membuat film. Nekat dan totalitas memang beda tipis ya?

Tommy Wiseau Bukanlah Nama Asli
Dilansir dari nme, beberapa orang percaya bahwa Wiseau berasal dari bahasa Prancis oiseau yang berarti burung. Penambahan huruf 'w' di depan berasal dari Wieczor yang merupakan nama aslinya.  Ia mendapat julukan 'The Birdman' karena menjual beberapa mainan burung saat tinggal di Prancis beberapa waktu silam.

Foto ini diambil 20 tahun yang lalu ketika keduanya berada di LA untuk mengejar karir dalam dunia akting (credit: instagram.com/tommywiseau)Foto ini diambil 20 tahun yang lalu ketika keduanya berada di LA untuk mengejar karir dalam dunia akting (credit: instagram.com/tommywiseau)

Tommy juga bukan berasal dari New Orleans seperti yang disebutkan dalam film THE DISASTER ARTIST. Ia lahir di Polandia dan hidup berpindah di beberapa kota di Eropa sebelum akhirnya pindah ke Chalmette, Louisiana tempat paman dan bibinya tinggal.

Dan ketika berada di USA, dia menghabiskan waktu di San Francisco, di mana ia bertemu dengan Greg dan memilih pindah ke LA untuk mengejar karir di dunia akting.

Sewa Billboard Selama 5 Tahun Untuk Promo Film
Fakta mengejutkan lainnya adalah cara promo Tommy yang tak main-main. Dilansir dari people, Ia rela menyewa billboard selama kurang lebih lima tahun setelah filmnya gagal masuk Oscar pada masa itu.

Tak main-main, Tommy menyewa billboard selama 5 tahun untuk promosi film (credit: instagram.com/tommywiseau)Tak main-main, Tommy menyewa billboard selama 5 tahun untuk promosi film (credit: instagram.com/tommywiseau)

Ia pun membiayai sendiri iklan di billboard itu dan tahukah kamu berapa harga sewanya untuk satu bulan? 5 ribu dollar per bulan atau setara dengan 69 juta rupiah per bulan. So, berapa uang yang dikeluarkan Tommy dalam waktu setahun? 69 juta x 12 x 5 = 4,1 miliar untuk sewa billboard selama 5 tahun! Angka yang tak main-main bukan?

Tommy pun bisa membayar sewa billboard itu karena pada akhirnya filmnya diputar di beberapa kota besar setidaknya sekali dalam setahun. Dan itu berarti dia bisa mendapatkan 500 ribu dollar - 1juta dollar atau setara dengan 6,8 miliar - 13,7 miliar rupiah dalam setahun.

Lalu dari mana Kekayaan Tommy berasal?
Banyak yang takjub dengan biaya produksi film yang satu ini. Yang kemudian mempertanyakan dari mana kekayaan Tommy berasal?

Tommy mengatakan kekayaannya tidak jatuh dari langit (credit: instagram.com/tommywiseau)Tommy mengatakan kekayaannya tidak jatuh dari langit (credit: instagram.com/tommywiseau)

Semua pertanyaan yang menyangkut informasi pribadi Tommy tidak akan terjawab secara gamblang. Namun di tahun 2008 dia menceritakan kepada Entertainment Weekly ia mempunyai bisnis impor jaket kulit dari Korea yang didesain di Amerika.

"Jika kamu bekerja, kamu harus menyisihkan uangmu kan? Aku tak mendapatkan uang yang jatuh dari langit. Aku sudah menyiapkannya. Jadi biarkanlah seperti itu adanya." tutur Tommy dalam wawancaranya.

(kpl/cvn)

Editor:

Cinthya Septavy


REKOMENDASI
TRENDING