PBB Minta Simpatisan Wyclef Jean Tenang

Minggu, 22 Agustus 2010 14:31 Penulis: Darmadi Sasongko
PBB Minta Simpatisan Wyclef Jean Tenang Wyclef Jean
Kapanlagi.com - Pasukan pemelihara perdamaian PBB di Haiti, Sabtu (21/08), meminta rakyat negara itu agar tenang menyusul penolakan komisi pemilihan umum setempat pada pencalonan bintang hip-hop internasional Wyclef Jean dalam pemilihan presiden 28 November mendatang.

Musisi yang memiliki banyak pengikut di kalangan pemuda Haiti itu paling terkenal di antara 15 calon yang dicoret dari daftar pencalonan diri.

Polisi Haiti dan pasukan pemelihara perdamaian PBB berjaga-jaga di luar kantor komisi pemilihan umum Haiti. Namun, meskipun ada kekhawatiran mengenai kerusuhan, kota tersebut tampak tenang.

Pemilihan presiden dan anggota dewan legislatif dijadwalkan berlangsung 28 November di negara yang masih belum pulih dari gempa dahsyat pada 12 Januari itu. Gempa itu sendiri menewaskan sedikitnya 250.000 orang dan membuat 1,5 juta orang lagi kehilangan tempat tinggal.

Misi Kestabilan PBB di Haiti (MINUSTAH) menyerukan kepada semua calon dan partai politik yang ikut dalam pemilihan presiden agar menghormati peraturan yang ditetapkan di Peraturan Pemilihan Umum.

Pasukan pemelihara perdamaian juga meminta semua partai agar mendesak para kader dan simpatisan mereka untuk tetap tenang dan menghormati para pemilih selama proses pemungutan suara.

Ada 13.000 prajurit dan polisi yang bergabung dalam MINUSTAH. Misi PBB ini juga dibantu oleh 2.000 warga sipil.

Keputusan Komisi Pemilu Haiti menolak pencalonan Wyclef itu mengundang tanggapan publik.

Mantan anggota dewan legislatif Emmanuel Wesner misalnya mengatakan, Wyclef adalah ancaman bagi calon yang disahkan oleh partai yang berkuasa.

Bintang hip-hop dunia ini juga dianggap sebagai ancaman terhadap seluruh kelas politik sebab pencalonannya telah menarik sangat banyak perhatian, kata Wesner.

Komisi Pemilihan Umum, Jumat larut malam, mengesahkan 19 calon untuk bersaing dalam pemilihan presiden.

Mereka yang ditolak termasuk warga Haiti yang tinggal di luar negeri, termasuk Raymon Joseph, duta besar Haiti untuk Amerika Serikat yang juga adalah paman Wycle Jean

(ant/dar)

REKOMENDASI
TRENDING