SELEBRITI

8 Potret Erwin Prasetya Saat Masih Gabung Dengan DEWA 19, Bassis Andal Penggemar Musik Jazz

Sabtu, 02 Mei 2020 10:50

© istimewa

Kapanlagi.com - Dunia musik Indonesia kembali mendapatkan kabar duka. Erwin Prasetya, bassis dan juga salah satu pendiri Dewa 19, menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (2/5). Erwin menjadi bagian dari Dewa 19 sejak tahun 1986 hingga 2002. Sepanjang perjalanannya bersama Dewa 19, Erwin ikut menciptakan sederet lagu hits seperti Kirana dan Kamulah Satu-Satunya. Berikut adalah sederet potret Erwin Prasetya saat masih tergabung sebagai bassis band Dewa 19. Intip yuk!

1. Pendiri Dewa 19

Band DEWA dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya. Kala itu, keempat personilnya yakni Dhani Manaf, Erwin Prasetya, Wawan Juniarso, dan Andra Junaidi masih duduk di bangku SMP.

 

2. Asal Usul Nama

Nama DEWA dipilih tak hanya karena kesan gagah yang ditimbulkan, tetapi juga merupakan akronim nama keempat pendirinya. Dhani sebagai vokalis dan keyboardis, Erwin sebagai bassis, Wawan sebagai drummer, dan Andra sebagai gitaris.

3. Ganti Nama

DEWA sempat berganti nama menjadi Down Beat yang terinspirasi dari nama sebuah majalah jazz terbitan Amerika. Ya, Erwin merupakan seorang penggemar jazz yang memperkenalkan DEWA pada musik fusion band Jepang Casiopeia.

4. Lahirnya Dewa 19

Nama DEWA kembali berkibar dengan embel-embel 19 yang merupakan rata-rata usia para personilnya kala itu. Dengan formasi Dhani, Erwin, Wawan, Andra, ditambah Ari Lasso, Dewa 19 menelurkan album perdana mereka di tahun 1992.

5. Gonta-Ganti Personil

Dewa 19 dikenal sebagai band yang bolak-balik ganti personil di sepanjang karirnya. Tak terkecuali bassis mereka, Erwin Prasetya.

6. Tersandung Kasus Narkoba

Saat masih bergabung dengan Dewa 19, Erwin pernah tersandung kasus narkoba hingga harus menjalani rehabilitasi dan pesantren untuk menghilangkan ketergantungannya.

7. Kembali Berkarir

Setelah dinyatakan sembuh dari ketergantungan, Erwin kembali bergabung dengan Dewa 19 dan berkarya di belantika musik Indonesia bersama Ahmad Dhani, Andra Ramadan, Tyo Nugros, dan Once.

8. Akhir Kebersamaan

Namun, perjalanan karir Erwin bersama Dewa 19 akhirnya kandas karena berbagai hal yang konon tak bisa ditolerir di tahun 2002.

REKOMENDASI
TRENDING