SELEBRITI

Aksi Tanam Ratusan Pohon, 'Candi Darling' Hadirkan Igor Saykoji

Sabtu, 29 Juni 2019 13:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Siap Darling / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Di era yang semakin modern ini, berbagai lokasi wisata bertema kekinian dan futuristik mulai menjamur di tiap-tiap sudut kota Indonesia. Tidak mengherankan jika lokasi-lokasi tersebut akhirnya dibanjiri para wisatawan, terutama kaum milenial. Meskipun faktanya begitu, namun bukan berarti pariwisata dengan latar belakang sejarah lantas dilupakan.

Candi Prambanan contohnya. Dari penuturan Aryono Hendro selaku General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Candi Prambanan, jumlah para wisatawan yang datang ke Candi Prambanan masih begitu tinggi. Tahun 2018, terhitung ada lebih dari 2,4 juta wisatawan yang berkunjung. Sementara itu, pada Libur Lebaran kemarin saja, angka pengunjung mencapai 50 ribuan orang.

Seiring dengan fakta tersebut, muncullah sebuah gerakan bernama Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling). Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan, Candi Darling merupakan sebuah program dari gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Tujuan utamanya adalah penghijauan di kawasan Candi Prambanan.

 

 

 

 

 

1. Siap Darling

Gerakan Candi Darling melibatkan kurang lebih 500 mahasiswa gabungan dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Institut Seni Indonesia, Universitas Kristen Duta Wacana dan beberapa universitas lainnya. Bersama-sama, mereka melakukan penanaman 250 pohon dan 5 ribu semak berbunga yang terdiri dari 25 varietas pohon di kawasan candi yang ikonik tersebut.

"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs cagar budaya Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas. Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," ujar FX Supanji.

Bibit-bibit tanaman itu sendiri berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation Kudus.

2. Dukungan Saykoji

Pada penyelenggaraan perdana Candi Darling, terlihat 2 wajah yang pastinya sudah tak asing lagi; rapper Igor Saykoji dan Youtuber Andovi Da Lopez. Mereka hadir sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan peduli lingkungan ini, serta memberikan talk show edukasi mengenai fenomena pemanasan global yang terjadi.

"Pemanasan global ini masalah yang sangat serius, kita harus bertindak sekarang. Tidak akan ada lagi hari esok jika kita tidak mulai hari ini. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti buang sampah ke tempat yang seharusnya, dan pilahlah sampah sesuai jenisnya. Kita harus mengubah diri kita sendiri, sebelum kita bisa mengajak orang lain untuk berubah," ujar Andovi.

Senada dengan seruan Andovi, Igor menambahkan, "Faktanya, Indonesia menduduki peringkat nomor 2 di Asia sebagai negara penghasil sampah terbanyak. Dan seperti yang kita tahu, mayoritas sampah saat ini berjenis plastik yang sangat sulit diurai oleh bumi. Inilah yang membuat saya tertarik memberikan edukasi soal dampak dan tata kelola dari penggunaan plastik termasuk penghijauan demi kelestarian alam. Gerakan bersama mahasiswa seperti menanam pohon ini menunjukkan adanya harapan yang besar untuk memiliki lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang."

3. Langkah Awal

Candi Prambanan adalah sebuah langkah awal dari misi besar Djarum Foundation. Ke depannya nanti, aksi serupa juga bakal dicanangkan untuk candi-candi lainnya. Program ini ditargetkan berakhir pada tahun 2025 dengan menyasar seluruh candi yang ada di Indonesia.

Karena itu, partisipasi dari para millenial, terutama mahasiswa begitu dibutuhkan dalam gerakan besar ini. Nah buat kalian yang tertarik untuk ikut berpartisipasi, Siap Darling membuka kesempatan untuk jadi anggota Darling Squad juga loh! Mari kita perbaiki bumi dan Tanah Air kita bersama-sama.


REKOMENDASI
TRENDING