Bens Leo: Cerita Menarik Antara Mbah Surip dan Rendra

Jum'at, 07 Agustus 2009 10:40 Penulis: Yunita Rachmawati
Bens Leo: Cerita Menarik Antara Mbah Surip dan Rendra Bens Leo
Kapanlagi.com - Kehilangan seniman besar seperti W.S Rendra begitu dirasakan oleh sahabatnya yang juga pengamat musik Bens Leo. Bens yang harus kembali lagi dan berduka di Bengkel Teater Rendra - setelah sebelumnya menghadiri pemakaman Mbah Surip, Selasa (4/8) lalu, menganggap seniman yang akrab disapa Mas Willy itu sebagai seniman paling komplit, serba bisa, dan bisa ditempatkan di mana saja.

"Di musik dia bisa, apalagi di teater. Puisi dan budaya pun dia bisa menguasai. Mas Willy itu seniman besar yang tidak membeda-bedakan orang. Dia bisa berteman dengan siapa saja tanpa harus memilih. Bahkan dia pun sering kumpul di Wapres (Warung Prestasi) Bulungan, di mana sering ngumpul seniman jalanan. Mas Willy berkumpul dengan mereka di sana," kata Bens.

Ditemui di Bengkel Teater Rendra, Jumat (7/8), tempat seniman besar tersebut disemayamkan dan rencananya akan dikebumikan selepas sholat Jumat, Bens sebenarnya merasa berat harus mendatangi tempat itu untuk berduka lagi. Namun, di balik semua itu ia mengaku ada cerita yang menarik.

"Sebenarnya ada cerita yang menarik. Mbah Surip itu pernah datang ke rumah sakit satu minggu sebelum meninggal, dan dia meminta izin untuk dimakamkan di bengkel ini. Dan teman-teman yang berada di situ melihat dan merasa dia (Mbah Surip) akan meninggal duluan dan ternyata seperti itu. Nah, sekarang Mas Willy menyusul," tutur Bens.

Sementara saat disinggung soal sakit yang diderita Rendra, Bens mengungkapkan jika penyakitnya memang sudah cukup lama. Sepengetahuan Bens, Rendra sudah sakit sejak berusia 70 tahun, hingga akhirnya wafat di usia 74 tahun.

"Ya bisa dibilang wafatnya Mas Willy terbilang tiba-tiba. Ya buat saya ini merupakan bentuk kharismanya dia semasa hidup karena banyak sekali orang yang berdatangan. Dan saya melihat, tahlilan sebesar ini hanya ada waktu Mbah Surip dan sekarang Mas Willy," pungkas Bens.  

(kpl/hen/boo)


REKOMENDASI
TRENDING