SELEBRITI

Dian Sastrowardoyo Ingin Nangis, Ungkap Anaknya Pernah Mengidap Autisme

Sabtu, 24 Agustus 2019 10:48 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Dian Sastrowardoyo © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Bukan sosok yang banyak omong soal kehidupan pribadi, Dian Sastrowardoyo akhirnya mengungkap hal yang barangkali nggak banyak orang tahu. Ya, anak sulungnya mengidap Autisme. Hal itu diungkap Dian dalam Press Conference Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 Jumat (23/8) lalu.

Dilansir dari Liputan6.com, Dian pertama kali tahu si sulung, Shailendra, adalah anak berkebutuhan khusus kala sang anak masih berusia di bawah satu tahun. Dian menemukan sejumlah tanda-tanda autisme dalam perilaku Shailendra.

 

1. Dian Sastro Sempat Rindukan Koneksi Batin

"Dia enggak ada ketertarikan, kemampuan untuk melakukan. Dia enggak bisa niup, itu sampai latihan berkali-kali untuk ngelakuin gerakan motorik kecil," tukas bintang film ARUNA DAN LIDAHNYA ini.

Selain itu, sebab mengidap autisme, sang anak jadi nggak bisa diajak bonding. "Lalu jarang ada kontak mata, kita juga merindukan koneksi batin, bonding. Itu enggak pernah terjadi di anak saya," sambung Dian.

2. Dian Sastro Ingin Nangis

Mengingat kembali masa-masa mengetahui Shailendra mengidap autisme untuk pertama kali bikin Dian jadi ingin menangis. "Aku rindu loh ada eye contact sama anak saya, aduh saya kalau ngomong begini pengin nangis loh," kata Dian pada Liputan6.com.

Mengetahui ada yang nggak beres dengan perilaku sang anak, Dian lantas konsultasi ke dokter. "Kita harus juga kontrol ke dokter tumbuh kembang anak. Dari tujuh ciri (autisme) yang saya lihat, di anak saya ada semua," ucap wanita 37 tahun ini. Berkat deteksi dini dan lakukan berbagai terapi dengan dokter, putra Dian yang kini berusia 6 tahun sudah seperti anak normal lainnya.


REKOMENDASI
TRENDING