Dicurhati Gadis 15 Tahun Soal Pancasila, Apa Kata Ridwan Kamil?

Jum'at, 03 Juni 2016 05:15 Penulis: Risang Sudrajad
Dicurhati Gadis 15 Tahun Soal Pancasila, Apa Kata Ridwan Kamil? Ridwan Kamil © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Topik pelecehan Pancasila akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat publik. Kita tentu masih ingat masalah yang dialami Zaskia Gotik. Pedangdut cantik itu jadi bulan-bulanan karena menyebut sila kelima Pancasila secara asal-asalan.

Banyak kalangan prihatin dengan sikap masyarakat saat ini yang apatis dengan Pancasila. Bahkan ada beberapa pula yang menjadikan lambang negara ini sebagai guyonan, seperti contohnya yang dirasakan oleh gadis 15 tahun ini.

Gadis yang diketahui bernama Naura itu curhat tentang sikap teman-temannya kepada Ridwan Kamil. Naura merasa sangat miris karena teman-teman di sekolahnya melecehkan Pancasila dengan kata-kata yang tak pantas.

Curhatan Naura buat Ridwan Kamil © Instagram.com/ridwankamilCurhatan Naura buat Ridwan Kamil © Instagram.com/ridwankamil

Curhatan ini ternyata menarik perhatian Ridwan Kamil. Walikota Bandung itu pun mengunggahnya di Instagram sambil memberikan jawaban yang keren banget.

"Jawaban saya: kamu harus optimis Naura. Negeri ini dibebaskan oleh orang-orang optimis, seperti Bung Karno, di tengah situasi yang sengsara dan bikin bete. Negeri ini akan maju oleh orang-orang yang optimis seperti kamu dan saya. Teman-temanmu yang mengejek Pancasila mungkin tidak paham atau bosan dengan seremoni-seremoni pembacaan Pancasila yang membosankan," tulis Ridwan Kamil di sepenggal caption postingannya.

Tak cuma itu saja, Ridwan Kamil lalu memberikan sebuah contoh nyata yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Menghormati Pancasila sangat bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, tak harus di medan perang.

"Tugas saya dan kamu juga, harus berperilaku atau membuat hal-hal yang sebenarnya sangat Pancasilais tanpa harus menyebutnya Pancasila. Misal/ rutin nolongin yang miskin dengan zakat/sodakoh, tidak membuli, posting only positive photo, mau gotong royong kerja bakti di RT nya, tidak menyontek, tidak berkata kasar kepada sesama dll. Tetap semangat Naura. **anak 15 tahun curhat pancasila. Eh di Bandung ada yang usia 25 tahun malah curhat harga cuanki dan tahu bulat," tambahnya.

Jawaban Ridwan Kamil yang luar biasa © Instagram.com/ridwankamilJawaban Ridwan Kamil yang luar biasa © Instagram.com/ridwankamil

Postingan Ridwan Kamil ini tentu saja dibanjiri komentar publik. Banyak yang memberikan dukungan hingga menuliskan sebuah harapan untuk Indonesia yang lebih baik.

Salut banget deh buat Naura dan Ridwan Kamil. Semoga semakin banyak orang yang peduli dengan Pancasila ya di negeri ini.

(kpl/abl)

Editor:

Risang Sudrajad


REKOMENDASI
TRENDING