SELEBRITI

Dinyatakan Bersalah, Reza Bukan Diganjar 4,5 Tahun Penjara

Jum'at, 01 Maret 2019 08:55 Penulis: Rezka Aulia

Putusan hakim lebih ringan dari tuntutan sebelumnya. © KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang atas kasus penyalahgunaan narkoba atas tersangka artis Reza Bukan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan agenda putusan. Majelis hakim menyatakan kalau Reza terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak dan melawan hukum menyimpan sabu," kata Hakim Ketua Majelis dalam sidang, Rabu (27/02).

 

1. Hukuman Lebih Ringan

Reza yang saat dibacakan putusan itu hanya bisa tertunduk lemas. Selain hukuman 4,5 tahun penjara, dia juga harus membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 2 bulan kurungan.

Kendati demikian, putusan yang dikeluarkan hakim jauh lebih ringan dengan tuntutan yang diminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ingin mengganjarnya dengan hukuman kurungan 6,5 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa selama empat tahun enam bulan," ujar Hakim Ketua Majelis sekali lagi.

2.

Majelis hakim dalam hal ini punya pertimbangan lain dengan menjatuhkan hukuman lebih ringan dari apa yang diminta JPU. Sedangkan untuk hal yang memberatkan, Reza dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam memerangi peredaran narkoba.

"Terdakwa dalam persidangan merasa bersalah, menyesal, serta tidak akan mengulangi perbuatannya. Terdakwa masih punya anak, dan terdakwa belum pernah dihukum," jelas Hakim Ketua Majelis.

Atas hukuman yang dijatuhkan, Reza mengaku masih pikir-pikir untuk menerima atau mengajukan banding. Langkah serupa juga diambil JPU untuk menentukan proses hukum selanjutnya.

 

(kpl/aal/rna)

Reporter: Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING