[Eksklusif] Jalan Berliku Bjah Menghirup Udara Bebas

Rabu, 28 Mei 2014 20:31 Penulis: Wulan Noviarina
[Eksklusif] Jalan Berliku Bjah Menghirup Udara Bebas @KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Muhammad Hamzah atau yang akrab disapa Bjah, mantan vokalis band The Fly sudah menghirup udara bebas. Ia sempat ditangkap lantaran penyalahgunaan narkoba pada 19 Juni 2013. Ia kemudian dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Salemba.

Menghirup udara bebas, merupakan bagian dari disetujuinya pengajuan rehab Bjah oleh pengadilan. Kini, selain disibukkan dengan aktivitasnya di dunia event organizer dengan mendirikan Peskia Entertainment, Bjah mengaku tak akan meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya.

Ditemui KapanLagi.com® usai manggung di perayaan ulang tahun The Salemba Band yang ketiga beberapa waktu lalu, Bjah menuturkan jalan panjangnya bisa keluar dari balik jeruji besi dan kisah kehidupannya yang menginspirasi. Berikut petikan wawancaranya.

Tadi di panggung nyanyi lagu apa?
Ada dua lagu, pertama Make It on Your Way. Itu single terbaruku dan lagu 'mars' para napi di Rutan Salemba, Dikeong.

Dikeong? Artinya apa?
Itu seperti lagu mars teman-teman di sini (Rutan Salemba) artinya dikunci, nggak bisa ke mana-mana. Ha ha ha.

Bjah saat tampil bersama The Salemba band. @Teddy KurniawanBjah saat tampil bersama The Salemba band. @Teddy Kurniawan


Sering tampil di Rutan Salemba?
Udah beberapa kali sih. Di sini (Rutan Salemba) kegiatan seni sangat diapresiasi. Bahkan rutan ini punya band namanya The Salemba Band. Ini membuktikan, kreasi seni tidak tertutup oleh jeruji besi.

Bisa ceritakan proses disetujuinya rehabilitasi kamu?
Jadi gini, aku ketangkap 19 Juni 2013. Selama 22 hari ditahan di Bareskrim dan polisi sudah memutuskan aku direhab tapi berkas tetap jalan.

Tapi bukannya kasus kemarin berlarut-larut?
Iya, sebenarnya sih aku sudah harus bebas demi hukum karena berkasnya sudah lima bulan jalan tidak P21 (lengkap). Nah, jaksa nggak mau aku jalani sidang dari tempat rehab, maunya dari rutan. Padahal dokter dan polisi sudah jelas dibilang kalau aku harus direhab.

Lalu?
Ya, akhirnya mendekamlah aku di Rutan Salemba tanggal 18 November lalu. Setelah itu aku divonis pengadilan tanggal 7 Januari. Vonisnya rehabilitasi di Yayasan Kelima selama 18 bulan.

Berarti direhab saat di Rutan?
Jadi, tanggal 8 Januari aku dijemput dari Rutan Salemba oleh Yayasan Kelima untuk jalani rehab. Setelah menjalani rehabilitasi di Megamendung selama 12 hari. Yayasan Kelima terus mengizinkan aku untuk menjalani program aftercare, rehab jalan sampai masa hukuman aku nanti. Jadi saat rehab, aku sudah nggak di Rutan lagi.

Kok bisa dari rumah jalani rehab?
Aku dikasih rawat jalan, karena enggak ditemukan lagi narkoba pada hasil pemeriksaan ulang.

Lalu apa yang kamu rasakan saat ini?
Kita bisa sukses tanpa narkoba. Aku sedang menjalani cerita baru dalam kehidupan. Masuk ke dalam tahanan menjadi babak baru dalam kehidupan aku. Ini aku seperti terlahir kembali, menjalani kehidupan. Aku punya keluarga, ingin benar-benar memperjuangkan kehidupan keluarga.

Di dalam penjara sempat buat lagu sama Roby Geisha?
Iya, aku masuk duluan enggak lama Roby masuk. Kita di blok yang sama dan saling sharing masalah musik. Dia sudah seperti adikku dan akhirnya kami bikin lagu bareng, judulnya Bersabarlah Untukku.

Kisahnya tentang apa?
Ya, tentang orang-orang yang kita cintai untuk bersabar menanti, bisa keluarga, penggemar, teman.

Bjah kini lebih sehat dan segar. @KapanLagi.com®Bjah kini lebih sehat dan segar. @KapanLagi.com®


Mau dikomersilkan saat Roby bebas?
Ini masih dibicarakan. Apalagi Roby kan punya label sendiri (Musica). Belum tahu nanti bentuknya akan bagaimana. Bisa jadi aku yang nyanyiin sendiri bisa jadi orang lain, belum dipikirkan. Yang penting sekarang Roby bisa bebas dahulu karena tempatnya bukan di Rutan. Dia harus direhabilitasi.

Saat keluar dari penjara, ada 'turbulance' kehidupan?
Aku bersyukur punya keluarga yang selalu mendukung dan memberikan support. Saat keluar, aku jadi tahu mana yang benar-benar teman dan mana yang bukan. Aku banyak belajar tentang kehidupan di dalam penjara untuk bekal di kemudian hari. Intinya aku tidak ingin mengulangi lagi perbuatanku.

Sempat kehilangan krisis kepercayaan diri?
Ya! Aku sempat bingung, aku menjalankan ajaran agama yang aku anut tapi kok masih seperti ini (narkoba). Akhirnya aku berpikir mungkin ada yang salah. Aku coba untuk mempelajari lagi lebih dalam ilmu agama. Alhamdulillah, aku mendapat jawabannya. Aku harus bisa mengendalikan diri dan aku yakin bisa.

Sekarang lebih gemuk ya?
Iya, beratku sekarang 85 kilogram, naik sekitar 15 kilogram.

(kpl/ate/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING