Kanker Paru Stadium 4, Cairan di Dada Budi Anduk Pernah Diambil

Senin, 11 Januari 2016 17:29 Penulis: Ahmat Effendi
Kanker Paru Stadium 4, Cairan di Dada Budi Anduk Pernah Diambil Budi Anduk ©KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Keluarga dan sahabat komedian tengah berduka dengan kepergian Budi Anduk yang meninggal dunia hari ini, Senin (11/01/2016). Ternyata sakit yang diderita Budi sudah cukup berlangsung cukup lama. Namun sosok yang dikenal dengan kata-kata 'Coy' ini termasuk keras kepala dan enggan dibawa ke rumah sakit.

"Telah berpulang sahabat saya almarhum Budi Anduk. Tadi dia meninggal jam 14.45 WIB," ucap Parto di RS Dharmais, Jakarta Barat, Senin (11/1/2016).

Parto menjelaskan kronologi sakit yang diderita oleh Budi Anduk, almarhum sempat dibawa ke RS Harum di Pondok Gede. Namun akhirnya Budi Anduk diarahkan ke rumah sakit yang khusus untuk menangani kanker yaitu RS Dharmais. 

Budi Anduk meninggal dunia karena kanker paru-paru stadium 4. ©KapanLagi.comBudi Anduk meninggal dunia karena kanker paru-paru stadium 4. ©KapanLagi.com

"Paru-paru. Penyakitnya sudah lama. Lebaran 2015 pas mudik di Cirebon dia sempat sesak dada, pas diperiksa ada cairan di dadanya. Cairan itu disedot tapi pemeriksaan nggak tuntas karena dia minta pulang. Dokter sempat menolak sampai akhirnya diizinkan setelah ada surat permintaan pulang. Rentang lebaran Budi memilih pengobatan alternatif," ujarnya.

Sahabat Budi Anduk berusaha keras agar komedian itu mau dirawat di rumah sakit dan bahkan membawa ambulan. Sayangnya hal itu sudah cukup terlambat, penyakit kanker paru-paru yang diderita Budi sudah masuk stadium 4 dan tak bisa diselamatkan. 

"Malam Sabtu istri akhirnya memaksa untuk ke RS Harum di Pondok Gede, tapi ternyata dokter angkat tangan karena perlengkapan kurang. Sampai akhirnya dibawa ke Dharmais. Mengetahui akan dibawa ke Dharmais Budi sempat menolak. Dia minta pulang tapi tetap dibawa ke sini. Malam Sabtu dia udah nggak jelas ngomongnya. Dia saya bilangin nggak usah ngomong SMS aja, dia ketawa," ungkap Parto.

Budi Anduk meninggal di usia 47 tahun, dan akhirnya dimakamkan di kawasan Jatiwaringin, Bekasi. Almarhum Budi Anduk sendiri dimakamkan dekat makam ibunda. 

(kpl/abs/sjw)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING