SELEBRITI

Mastur Baru Tahu Omas Sakit Setelah Kakaknya Sering Pingsan, Menyesal Tak Sempat Jenguk Sebelum Meninggal Dunia

Jum'at, 17 Juli 2020 13:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Mastur © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Selama ini, Omas ternyata tidak pernah mengeluh sakit kepada keluarga, termasuk ke Mastur. Seniman ini mengungkap bahwa keluarga baru tahu setelah Omas dipaksa dibawa ke rumah sakit pada bulan Ramadan lalu.

"Almarhumah memang sudah lama sakit. Cuma keluarga memang tidak ada yang tahu dia sakit apa. Jadi tahu dia sakit pas sebelum bulan puasa. Dia mulai merasa sakit karena sering pingsan dan tidak sadar. Dia ngomong juga suka ngaco. Di situ saya baru tahu dia sakit," ujar Mastur ketika ditemui di rumah duka, Cimanggis, Depok, Jumat, (17/7).

"Setelah pertengahan puasa, keluarga berembug. Kita bawa ke rumah sakit. Dia cuma 3 hari dirawat di RS. Kata dokter sih, kalau sehat, 3 hari bisa pulang. Memang sebenarnya dia paling takut ke rumah sakit karena takut disuntik. Jadinya dia berobat jalan. Pas dicek, semua dirontgen, ketahuan ada penyakit paru-paru," lanjutnya.




 

1. Semua Penyakit Ketahuan di RS

Selain sakit paru-paru, hasil pemeriksaan Omas di RS juga mengungkap bahwa seniman ini menderita sakit penyakit lainnya. Selama ini Omas tidak pernah tahu, demikian pula dengan keluarga yang baru tahu setelah ia dirawat.

"Dari keluarga sampai saudara tidak ada yang tahu dia punya penyakit paru-paru dan diabetes. Katanya ada lagi lambung dan maag. Semua ketahuan setelah dari RS," terang Mastur.


2. Menyesal Tak Sempat Bertemu Sebelum Omas Meninggal

Selama Omas sakit dan dirawat di RS, Mastur dan keluarga saling bergantian jaga. Namun sebelum Omas meninggal, Mastur tidak sempat bertemu dan dikabari kala kakaknya sudah tiada.

"Saya ada kerjaan dan kesibukan, gak sempet besuk. Ya itu lah, pas gini baru (menyesal). Ya sebenarnya ada penyesalan nggak bisa melihat, diajak ngobrol lagi. Ya kalau memang besuk pun kita ngomong sendiri ke dia, karena dia udah gak bisa interaksi. Cuma lihat gerak mulut dan tangan aja, suara nggak bisa. Kita yang ngomong keadaan dia gimana. Dia jawabnya udah gak bisa. Dirinya sudah lemas dan tidak berdaya," terang Mastur.


3. Drop Sejak Rawat Jalan

Setelah pulang dari rumah sakit, Mastur mengungkap bahwa kondisi kakaknya sudah drop. Tetapi Omas tetap tidak mau dirawat di RS dan memilih rawat jalan.

"Pas sebelum puasa ke rumah sakit, masih bisa ngomong. Setelah di RS dibawa ke rumah, rawat jalan, ya udah ngedrop. Gak ada (pesan) sama sekali. Karena suaranya aja nggak keluar," tutup Mastur.

(kpl/far/phi)

Reporter: Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING