SELEBRITI

Pernikahan Belum Terdaftar Secara Negara, Jane Shalimar Disebut Tak Perlu Gugat Cerai Ke Pengadilan Agama

Rabu, 06 Januari 2021 14:40

Pernikahan Jane Shalimar belum terdaftar secara negara? © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Rumah tangga yang dibina Jane Shalimar dengan Cecep Adjat Sudrajat alias Arsya Wijaya tengah bermasalah. Diwakili oleh kuasa hukumnya yakni Ramdan Alamsyah pada Desember tahun lalu, Jane dikatakan bakal mengajukan gugatan perceraian ke Pengadilan Agama.

Namun setelah diusut, pernikahan antara Jane dengan Arsya rupanya belum terdaftar secara negara. Sehingga tidak perlu sampai harus melewati pengadilan.

"Kalau secara agama dibahasakan nikah siri, kalau secara hukum nikah di bawah tangan, secara administrasi tidak terdaftar. Kalau menurut saya diselesaikan secara kekeluargaan karena kalau di pengadilan harus dibuktikan dengan buku nikah, sementara pernikahan tidak tercatat di KUA," kata Hamid Dulmajid selaku Kepala KUA Teluk Jambe Timur, kabupaten Karawang, Jawa Barat, dikutip dari video yang beredar di kalangan awak media, Selasa (5/1/2021).

1. Sah Secara Agama

Meski tidak terdaftar, Hamid Dulmajid mengatakan bila pernikahan Jane Shalimar dan Arsya Wijaya yang berlangsung pada 20 Februari 2020 tetap sah secara agama. Karena tidak dilakukan dengan sembunyi-sembunyi dan telah memenuhi syariah.

"Secara agama pernikahan sah karena memenuhi hukum dan syarat. Namun secara administrasi hukum formal belum memiliki kekuatan," ujarnya.

2. Ikatan Pernikahan Sudah Bubar

Lebih lanjut, secara agama Jane Shalimar dan Arsya Wijaya sudah tak bisa dikatakan sebagai suami istri. Karena pihak laki-laki sudah memberikan talak tiga. Jika pun ingin rujuk, Jane harus menikah terlebih dahulu.

"Menurut saya kalau sudah terjadi ikrar talak secara tulisan maupun lisan dan ada saksinya, itu sudah bubar ikatan pernikahan. Karena diawali dengan agama, diakhiri dengan agama. Jadi tidak usah ke pengadilan, tidak perlu. Asalkan dia sudah memiliki catatan suaminya mengikrar talak," tandas Hamid Dulmajid.


REKOMENDASI
TRENDING