Pihak Halimah Kaget Gugatannya di MK Ditolak

Rabu, 28 Maret 2012 14:01 Penulis: Darmadi Sasongko
Pihak Halimah Kaget Gugatannya di MK Ditolak Halimah Agustina Kamil
Kapanlagi.com - Gugatan judical review UU Perkawinan yang diajukan Halimah Agustina Kamil ditolak oleh Mahkamah Konstitusi. Melalui pengacaranya, pihak Halimah mengaku kaget dengan keputusan tersebut.

"Hah, masa sih. Kaget saya, karena setahu saya nggak ada persidangan, makanya kita nggak hadir. Kok bisa saya kan pemohon kenapa kok nggak ada pemberitahuan sama saya," ujar kuasa hukum Halimah, Chairunissa Jafizam, SH saat dihubungi wartawan, Rabu (28/3/2012).

Pihak Halimah juga belum tahu langkah seperti apa yang akan dilakukan dengan adanya penolakan ini. Pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu karena belum mengetahui mengenai putusan tersebut.

"Anda nggak bisa tanya seperti itu. Karena saya belum tahu dan saya nggak bisa berkomentar apa apa. Saya akan berkoordinasi dulu dengan tim kita," pungkasnya.

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan mantan istri Bambang Trihatmodjo itu yang menggugat Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Ketua Majelis Hakim, Mahfud MD, saat membacakan putusan di Jakarta, Selasa (27/03/2012), mengungkapkan kalau dalil pemohon tidak beralasan hukum.

Dalam pertimbangannya, mahkamah berpendapat penjelasan Pasal 39 ayat (2) huruf f Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan sepanjang frasa "...antara suami dan istri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran..." justru memberikan salah satu jalan keluar ketika suatu perkawinan tidak lagi memberikan kemanfaatan, karena perkawinan sudah tidak lagi sejalan dengan maksud perkawinan.

Namun putusan MK ini tidak bulat karena Hakim Konstitusi Akil Mochtar menyatakan pendapat berbeda (dissenting opinion).

(kpl/adt/dar)


REKOMENDASI
TRENDING