Presiden Tidak Cuti Selama Mantu

Selasa, 22 November 2011 17:01 Penulis: Darmadi Sasongko
Presiden Tidak Cuti Selama Mantu Presiden di Acara Lamaran Ibas - Aliya
Kapanlagi.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan mengambil cuti dan tetap bekerja seperti biasa sepanjang pekan selama prosesi pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa berlangsung.

"Ada yang menanyakan lantas pekerjaan (pemerintahaan) bagaimana (saat rangkaian proses pernikahan). Tapi tidak ada yang bertanya mengapa tujuh tahun saya tidak pernah mengambil cuti," kata Presiden saat memberikan sambutan usai acara pengajian dalam rangkaian pernikahan Ibas dan Aliya di kediaman pribadi Presiden di Puri Cikeas, Bogor, Selasa (22/11/2011) siang.

"Juga tadi ada yang bertanya itu akad nikah di Istana Cipanas menggunakan uang negara atau tidak. Ada begitu. Saya bilang saya mengerti mana yang menggunakan uang negara dan mana yang menggunakan bukan uang negara meskipun milik negara," ujarnya.

Menurut Yudhoyono nantinya akan ada banyak duta besar negara tetangga yang turut menyaksikan acara adat, dan tempat yang paling baik di Istana Cipanas.

"Tetapi semua perhelatan itu tidak menggunakan uang negara. Sama saja menteri di Komplek Widya Chandara dan Denpasar mantu di situ. Yang memang tidak ada menyewa dengan negara. Karena rumah kediaman resmi di situ. Dengan demikian kalau punya hajat di situ menjadi wajar," kata Presiden.

Sebelumnya juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada wartawan di Istana Presiden Jakarta, Senin (21/11/211), mengatakan Kepala Negara tetap menjalankan tugas meski pada Selasa (22/11) dan Kamis (24/11) menyelenggarakan siraman dan akad nikah pernikahan Ibas dan Aliya.

"Beberapa hari belakangan saya ditanyakan apa presiden akan ambil cuti terkait acara hajatan dari pihak keluarga. Kita semua memahami kalau ada acara keluarga, sebagai warga negara biasa, perkawinan dan pernikahan wajar kalau cuti, memang dalam konteks kepala negara kita tidak biasa istilah cuti. Dan hingga saat ini beluam ada tanda-tanda dan informasi bahwa Presiden SBY menginginkan cuti," kata Julian.

Julian mengatakan hanya kegiatan pada Selasa (22/11) dan Kamis (24/11) yang menyita hari kerja, sementara kegiatan Sabtu (26/11) yang tidak menyita hari kerja.

"Yang saya ketahui presiden tetap menjalankan aktivitas kerja sebagai kepala negara dan pemerintahan, tetap pantau dan evaluasi jalannya pemerintahan, menteri terkait juga dimintai laporan, sampai hari ini saya tidak melihat sebagai cuti bagi Presiden SBY," paparnya.

Ketika ditanya mengenai penggunaan Istana Cipanas untuk akad nikah, Julian mengatakan Istana Kepresidenan merupakan tempat tinggal resmi Presiden dan tidak ada aturan yang dilanggar mengenai hal tersebut. Julian juga mengatakan meski akad nikah diadakan di Istana Cipanas, tentunya Hatta Rajasa dan keluarga calon pengantin wanita telah membahas mengenai pilihan tempat tersebut.

"Dianggap klop, acara ini sesungguhnya dalam adat pihak pengantin perempuan yang jadi tuan rumah, Pak Hatta sepakat di Istana Cipanas," kata Julian.    

(antara/dar)


REKOMENDASI
TRENDING