Rieke Dyah Pitaloka Bukukan Thesis S2-nya

Rabu, 20 Oktober 2004 22:18 Penulis: Darmadi Sasongko
Kapanlagi.com - Pemeran Oneng pada serial BAJAJ BAJURI, Rieke Dyah Pitaloka senang bukan kepalang, setelah mimpi untuk membukukan tesis S2-nya di Filsafat Universitas Indonesia (UI) akhirnya terwujud. Dua minggu yang lalu, tanpa diduga sebuah penerbitan bersedia mewujudkan mimpinya itu.

Alhasil, Selasa (19/10) bertempat di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), meluncurkan buku ketiganya bertajuk Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat. Buku tersebut merupakan karya dari tesisnya yang berjudul Banalitas Kejahatan: Aku yang tak Mengenal Diriku, Telaah Hannah Arendt Perihal Kekerasan Negara.

"Sejak lulus Agustus lalu, saya memang getol menawarkan ini ke penerbit, tapi enggak ada yang tertarik, eh baru dua minggu ini penerbit Galang Press mau menerbitkan," kata mojang Garut, 8 Januari 1974 itu.

Menurut Rieke, buku ini ia persembahkan untuk Indonesia anti-kekerasan. "Saya sangat prihatin bahwa kini kekerasan juga tak hanya dilakukan oleh aparat tapi juga oleh kita semua. malah dalam lingkungan keluarga," katanya.

Penulis buku kumpulan puisi Renungan Kloset, dari Cengkeh sampai Utrecht pun boleh bahagia. Saat peluncuran bukunya itu, sejumlah orang terkenal datang, dari dua seniman kondang asal Yogyakarta Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto, mantan Menneg Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa hingga mantan presiden Abdurrahman Wahid dan istri.

Di hadapan mereka dan sejumlah tamu undangan lainnya, Si Oneng pun berkesampatan unjuk kebolehannya bermonolog. layaknya si Oneng dalam Bajaj Bajuri, Rieke pun pandai membuat orang ger-geran dan terbilang berani. Dalam aksinya, ia bahkan sempat menyebut sejumlah tokoh yang diduga terlibat dalam sejumlah kasus kekerasan di negeri ini. 

(kmp/dar)


REKOMENDASI
TRENDING