SELEBRITI

Tata Liem Bocorkan Konsep Settingan yang Dilakukannya di Masa Lalu

Kamis, 25 April 2019 12:35 Penulis: Guntur Merdekawan

Tata Liem © KapanLagi/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Manajer artis, Tata Liem baru saja blak-blakan jika dirinya dulu memang dalang di balik kisah settingan antara Bella Shofie dan Adjie Pangestu yang viral bukan main. Hal senada juga diakui Bella yang menyebut jika masa lalunya penuh kepalsuan, di mana Ia sering kali disetir untuk menciptakan sensasi demi popularitas.

Skenario settingan di industri hiburan memang masih abu-abu. Publik sebagai 'konsumen' tak akan bisa tahu mana berita yang settingan atau beneran jika artisnya sendiri tak mengakui. Dan Menurut Tata, settingan zaman sekarang lebih mudah daripada di eranya dulu.

"Inilah industri zaman sekarang, digital. Semua artis acuannya viewers Youtube dan Instagram. Sah-sah aja sih menurut aku sebenarnya. Kalau dulu itu perjuangannya harus meyakinkan banyak orang dengan konsep yang kita buat baru bagus. Kalau sekarang, followers banyak jadi gampang aja bikin settingan. Ini kan kita kasih tontonan ke publik, harus dilihat apakah buruk atau atau nggak," ujar Tata ketika ditemui KapanLagi.com di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (23/4)

1. Butuh Modal

Lebih jauh, Tata menjelaskan beberapa kriteria penting yang harus disiapkan ketika menciptakan sebuah skenario settingan. Salah satunya adalah modal uang, teamwork dengan pihak-pihak terkait dan juga konsep yang matang.

"Kalau soal (bayar) uang, pasti. Kayak bikin film aja. Ini kan kita mengangkat cerita si artis gimana caranya agar bisa terangkat dan viral. Harus ada teamwork juga sih dari semuanya. Kalau aku dulu nggak bayar, justru dibayar, diundang TV. Dana keluar kalau kita pergi ke luar kota cari gambar yang bagus, bawa tim, pikirin hotelnya, belum lagi kalau preskon harus sewa tempat segala macam. Kalau saya keluar dana pun nggak banyak, karena saya mementingkan konsep. Gimana konsep yang saya bikin bisa viral dan dimakan media. Cerita Bella Shofie dulu kan fenomenal. Kalau sekarang bikin konsep, hari ini besok ilang," sambungnya.

2. Tak Cuma Sensasi

Gara-gara pengakuannya, tak heran jika saat ini Tata disebut sebagai sosok manajer settingan di mana artis-artisnya hanya sekedar menjual sensasi. Namun sosok berusia 43 tahun itu buru-buru menampiknya. Tata membuktikan jika ada beberapa artisnya yang sukses dan berprestasi.

"Banyak yang bilang artis saya nggak punya prestasi karena dibilang jual sensasi. Siapa bilang? Boy Hamzah mewakili Indonesia untuk Asian Fashion Award. Bella Shofie juga punya prestasi dengan filmnya. Adreano Philips pemang mister international juara 1 Mens health Indonesia dan menjadi wakil Indonesia di ajang dunia. Andi Soraya siapa yang gak kenal sebagai bintang iklan terkenal. Ozy Syahputra sukses dengan sinetron Si Manis Jembatan Ancol," pungkas Tata.

(kpl/pur/gtr)

Reporter: Mathias Purwanto.


REKOMENDASI
TRENDING