Tayangkan Pemanggilan Arwah, 'Bukan Empat Mata' Kena Tegur KPI

Kamis, 03 September 2015 06:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Tayangkan Pemanggilan Arwah, 'Bukan Empat Mata' Kena Tegur KPI Tukul Arwana © KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baru-baru ini menemukan sebuah tayangan yang tidak layak untuk disiarkan di program televisi Bukan Empat Mata. Pada tanggal 11 Agustus kemarin, acara yang ditayangkan di Trans TV dan dipandu oleh Tukul itu menayangkan aksi pemanggilan arwah oleh seorang paranormal, yakni Mbah Bedjo.

Terlebih lagi, seorang pria mengalami kesurupan gara-gara adegan berbau mistis tersebut. Karena menganggapnya kelewat batas dan menyalahi norma yang berlaku, pihak KPI pun melayangkan sebuah surat teguran untuk program TV terkait.

Sebenarnya, tayangan mistis seperti itu tidak sepenuhnya dilarang oleh KPI karena ada jam-jam siar tersendiri. Hanya saja, Bukan Empat Mata dilabeli dengan tontonan untuk remaja (R) yang tak seharusnya diisi dengan siaran berbau mistis seperti itu.

"Bukan Empat Mata yang disiarkan oleh stasiun Trans 7 pada tanggal 11 Agustus 2015 pukul 21.48 WIB telah menampilkan aksi pemanggilan arwah yang mengakibatkan seorang pria mengalami kesurupan. Program siaran dengan klasifikasi R wajib mengandung muatan, gaya penceritaan dan tampilan yang sesuai dengan psikologis remaja. Muatan-muatan demikian dapat mendorong remaja untuk percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktik spiritual magis, supranatural, dan/atau mistik. Tayangan dengan muatan tersebut hanya dapat disiarkan pada pukul 22.00-03.00 waktu setempat (WIB). Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja, pembatasan program siaran mistik, horor, dan supranatural serta penggolongan program siaran," tulis surat teguran itu.

Surat teguran KPI pada 'Bukan Empat Mata' © KpiSurat teguran KPI pada 'Bukan Empat Mata' © Kpi

Karena ini merupakan teguran pertama untuk Bukan Empat Mata, maka surat yang dilayangkan hanyalah sebuah sanksi administratif teguran tertulis. Namun jika kejadian serupa masih terjadi, pihak KPI akan menindak lebih tegas tayangan itu.

"KPI Pusat memutuskan bahwa tayangan tersebut (Bukan Empat Mata) telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14, Pasal 20, dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Program Siaran Pasal 15 ayat (1), Pasal 32, serta Pasal 37 ayat (4) huruf b. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis," lanjut isi surat teguran itu.

Kalau menurut kamu, pantas kah Bukan Empat Mata disemprot gara-gara tayangannya di atas? Jangan lupa tulis komentarmu ya!

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING