Gara-Gara Goyang Gojigo, 'INBOX' Ditegur KPI

Jum'at, 28 Agustus 2015 22:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Gara-Gara Goyang Gojigo, 'INBOX' Ditegur KPI Goyang Gojigo © Youtube/Yannus
Kapanlagi.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menemukan sebuah kejanggalan pada salah satu tayangan televisi Indonesia. Kali ini program Inbox di SCTV yang kena semprit gara-gara menayangkan hal yang dirasa tidak pantas dilakukan di salah satu episode-nya tanggal 14 Agustus 2015 kemarin.

Seperti diketahui, kala itu beberapa kelompok penari membawakan goyangan khas dan populer mereka, 'Gojigo'. Masalahnya, mereka mengenakan seragam pramuka yang telah dimodifikasi ketika melakukan goyangan tersebut. Pihak KPI merasa hal itu tidak pantas dan melanggar norma kesopanan, sehingga sebuah surat teguran pun dilayangkan.

"Siaran Inbox yang ditayangkan oleh stasiun SCTV pada tanggal 14 Agustus 2015 pukul 07.36 WIB menayangkan sekelompok penari melakukan goyang gojigo dengan mengenakan seragam pramuka yang dimodifikasi secara tidak pantas. KPI Pusat menilai hal tersebut sangat tidak layak untuk ditayangkan karena melecehkan organisasi pramuka yang wajib dihormati. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas norma kesopanan, perlindungan anak-anak dan remaja serta perilaku tidak pantas," penggalan salah satu tulisan di surat teguran yang dilayangkan KPI untuk pihak Inbox.

Teguran KPI untuk pihak Inbox © Kpi.go.idTeguran KPI untuk pihak Inbox © Kpi.go.id

Sebelumnya, program Inbox sendiri sudah beberapa kali mendapat peringatan serupa dari pihak KPI. Salah satu yang terbaru adalah teguran tanggal 28 Mei silam, ketika mereka menyiarkan aksi seorang pria mencium ular kobra secara close-up. KPI pun tak lupa mengingatkan ulang pihak Inbox akan teguran tersebut.

"Berdasarkan catatan KPI Pusat, program saudara (Inbox) telah mendapatkan Surat Teguran Tertulis Nomor 535/K/KPI/05/15 tertanggal 28 Mei 2015. Kami akan terus melakukan pemantauan intensif terhadap program saudara, jika masih ditemukan pelanggaran di kemudian hari, kami akan memberikan sanksi yang lebih berat sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012," sambung teguran itu.

Apa pendapat kalian mengenai hal ini? Pantaskah Inbox ditegur karena aksinya di atas? Tulis komentarmu ya!


Video by: puput iput

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING