Tulis Novel Terakhir Supernova, Dewi Lestari Baca Dari Buku Ke-1

Rabu, 02 Maret 2016 18:43 Penulis: Arai Amelya
Tulis Novel Terakhir Supernova, Dewi Lestari Baca Dari Buku Ke-1 Dewi Lestari © KapanLagi.com®/Dewi Lestari
Kapanlagi.com - 15 tahun menulis seri novel Supernova, Dewi Lestari akhirnya menutupnya dengan Intelegensi Embun Pagi (IEP). Yang unik, rupanya Dewi sempat membaca seluruh seri Supernova dari novel pertama kala menulis IEP. Dijumpai di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Dewi pun bercerita soal IEP.

"Kalau sama penerbit Bentang Pustaka, editornya hanya memverifikasi data dari karya saya. Sejauh ini perubahan struktur cerita belum pernah terjadi sih. Jadi saya nggak khawatir karena memang setiap cerita yang ada sudah saya perhitungkan strukturnya," jelas Dewi panjang lebar.

Beruntung bagi Dewi berada dalam penerbit yang editornya tidak terlalu banyak menghilangkan bagian ceritanya. Karena menurut mantan istri penyanyi Marcell Siahaan ini, dia tak pernah mengalami yang namanya pemenggalan cerita.

Menutup karyanya dengan IEP, Dewi sempat membaca lima novel terdahulu © Agus ApriyantoMenutup karyanya dengan IEP, Dewi sempat membaca lima novel terdahulu © Agus Apriyanto

"Mereka (editor) akan kasih tahu saya kalau ada keganjilan luar biasa. Palingan mereka cuma bilang, 'bagian ini boleh dicek lagi nggak faktanya?'. Akhirnya kita cek bareng-bareng. Jadi lebih ke pengecekan data dan ejaan aja sih," lanjut ibu dari Keenan Avalokita Kirana ini.

Sekedar informasi bagimu, seri pertama Supernova dirilis pada tahun 2001 lewat Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh. Karena jarak 15 tahun antara seri pertama dan IEP, membuat Dewi ternyata ikut membaca karya-karya lawas Supernova sebagai pengingat jalan cerita.

"Iya, ini kan Supernova sudah 15 tahun ya. Jadi kadang saya lupa dengan apa yang pernah saya tulis. Jadi melakukan cek ulang, eh ternyata karakternya begini, ada detail seperti ini. Editor juga sama ya, dia membaca buku pertama sampai kelima biar saling menemukan saja. Bahaya kalau nggak ada yang crosscheck," tutup Dewi.

(kpl/abs/aia)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING