Selain 'WIRO SABLENG', Serial Silat Ini Jadi Tontonan Favorit Lho

Sabtu, 11 Februari 2017 12:45 Penulis: Agista Rully
Selain 'WIRO SABLENG', Serial Silat Ini Jadi Tontonan Favorit Lho © istimewa

Kapanlagi.com - Saat ini mungkin sinetron romansa, drama korea, dan serial India merajai di TV Nasional. Plot yang diangkat juga mirip satu sama lain, yakni percintaan. Berbeda dengan tayangan televisi pada tahun 1990-an yang lebih variatif dan tak segan mengangkat sejarah atau legenda zaman dahulu.

Sebelum cerita cinta digilai oleh sebagian besar penonton TV Indonesia, serial silat dan sejarah sempat menjadi primadona. Sebut saja WIRO SABLENG, SI BUTA DARI GUA HANTU, SILUMAN ULAR PUTIH, dan juga ANGLING DHARMA. Mungkin judul serial ini agak asing tapi KapanLagi.com® telah merangkumnya sebagian bagi kalian untuk mengenal atau bernostalgia dengan serial yang pernah hits di jamannya tersebut.

1. WIRO SABLENG

Wiro Sableng, pendekar kegemaran anak-anak tahun 90-an karena kocak dan hebat © istimewaWiro Sableng, pendekar kegemaran anak-anak tahun 90-an karena kocak dan hebat © istimewa

Nama Wiro Sableng kembali muncul ke permukaan setelah Vino G. Bastian berencana untuk berperan sebagai pendekar buatan ayahnya, Bastian Tito, tersebut. Bagi yang belum tahu, Wiro Sableng adalah pendekar kocak yang memiliki ciri khas tato 212, kapak 212, berambut panjang, dan mengenakan baju silat berwarna serba putih. Pendekar ini menjadi pahlawan masa kecil para anak-anak 90-an karena ceritanya yang kocak dan tidak terlalu berlebihan.

Bagusnya lagi, Wiro Sableng senantiasa mengajarkan para penonton untuk berbuat kebajikan melalui setiap episodenya. Bahkan angka 212 sendiri memiliki filosofis khusus yang identik dengan ketuhanan dan hidup berdampingan antar sesama manusia lho! Tak heran apabila serial silat ini menjadi hiburan favorit keluarga pada masanya.

2. SI BUTA DARI GUA HANTU

Si Buta Dari Gua Hantu pendekar yang jadi populer karena memiliki kisah hidup sangat tragis © istimewaSi Buta Dari Gua Hantu pendekar yang jadi populer karena memiliki kisah hidup sangat tragis © istimewa

Karakter Si Buta Dari Gua Hantu juga diangkat dari komik, sama seperti Wiro Sableng. Karakter ini diciptakan oleh komikus Ganes TH. Meski terkenal sebagai Si Buta Dari Gua Hantu, nama asli pendekar yang ditemani monyet ini adalah Barda Mandrawata. Dulu serial ini diperankan oleh Leo Hadi, serial ini mengisahkan perjalanan si pendekar berkelana ke seluruh Indonesia untuk membasmi kejahatan dan membantu orang-orang yang tertindas.

Cerita Si Buta Dari Gua Hantu berlatar belakang pada zaman kolonial Hindia Belanda. Tokoh utama Barda Mandrawata memiliki kisah hidup yang cukup tragis, yang pertama pendekar pencak silat Elang Putih ini harus kehilangan penglihatannya karena melakukan balas dendam. Lalu dia ditinggalkan oleh kekasihnya saat sedang mempelajari ilmu ajian langka dalam gua angker.

Serial ini mengajarkan bahwa balas dendam itu tidak berakhir indah dan seseorang yang memiliki hidup tragis dapat melewati sisa hidupnya dengan tidak berputus asa tapi membantu sesama manusia. Serial ini membuktikan bahwa Indonesia masih bisa menghasilkan serial yang berpengaruh positif bagi penontonnya. Setuju tidak?

3. ANGLING DHARMA

Angling Dharma dulu menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia karena menyinggung legenda Jawa © istimewaAngling Dharma dulu menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia karena menyinggung legenda Jawa © istimewa

Hampir sama dengan Drama Korea Sejarah (Saeguk), Indonesia juga memiliki banyak cerita yang diangkat dari epos, sejarah, dan juga legenda lho. Salah satu contohnya adalah ANGLING DHARMA. Bisa dibilang, ANGLING DHARMA adalah salah satu serial silat kolosal paling sukses di masanya. ANGLING DHARMA memiliki plot cerita yang cenderung tragis dan menggunakan teknologi CGI yang sedikit lebih canggih daripada serial lain. Bahkan ANGLING DHARMA bisa disebut sebagai pionir CGI yang ada di serial naga terbang saat ini.

Kelebihan ANGLING DHARMA adalah latar belakang pewayangan yang menjadi basis cerita. Serial silat kolosal ini menceritakan para tokoh yang sering ditemui dari dongeng Jawa dan pewayangan.

4. MISTERI GUNUNG MERAPI

Mak Lampir adalah tokoh serial silat kolosal yang terkenal hingga tahun 2000-an © istimewaMak Lampir adalah tokoh serial silat kolosal yang terkenal hingga tahun 2000-an © istimewa

Pada serial kolosal tahun 90-an, silat merupakan adegan yang sering dimunculkan. Meski berjudul horror karena diangkat dari cerita serupa dari radio, MISTERI GUNUNG MERAPI pernah menjadi serial silat primadona penonton Indonesia juga lho. Bintang utama serial ini adalah Sembara yang diperankan oleh Marcelino dan Mak Lampir yang diperankan oleh Farida Pasha.

Meski judulnya horor banget, serial ini lebih menceritakan tentang perjuangan Wali Songo melawan kebathilan (Mak Lampir) pada zaman penyebaran Islam di tanah Jawa. Lokasi yang menjadi latar belakang serial ini adalah Jawa Tengah, tepatnya di Gunung Merapi, Lawu, dan kerajaan Demak. Sama seperti ANGLING DHARMA, karena diangkat dari
legenda Indonesia zaman dahulu, serial ini mengajarkan cukup banyak sejarah tradisional Indonesia, terutama sejarah di Pulau Jawa.

5. TUTUR TINULAR

Tutur Tinular mengambil latar belakang kerajaan Majapahit dan Singosari © istimewaTutur Tinular mengambil latar belakang kerajaan Majapahit dan Singosari © istimewa

Serial ini diproduksi oleh rumah produksi yang juga membuat serial ANGLING DHARMA dan MISTERI GUNUNG MERAPI. Serial kolosal ini meraih sukses besar ketika ditayangkan pada tahun 1997 hingga dibuat season keduanya. Serial ini berkisah tentang perseteruan kakak adi Arya Kamandanu dan Arya Dwi Pangga pada zaman Kerajaan Majapahit dan
Singosari.

Kisah ini menitikberatkan pada kisah perluasan Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan Arya Kamandanu yang diperankan oleh Anto Wijaya. Berbagai unsur sejarah juga dimasukkan dalam kisah kolosal yang ditulis oleh Imam Tantowi ini. Seperti pemberontakan Ronggolawe hingga pemberontakan Ra Kuti.

Namun pada tahun 2000-an serial-serial silat ini mulai jarang ditayangkan di Televisi karena selera penonton bergeser pada sinetron modern, serial Asia, dan juga sinetron remaja. Kira-kira kalian sempat menonton kelima serial silat fenomenal di atas atau tidak KLovers? Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING