Sinopsis Sinetron 'INSYA ALLAH SURGA TINGKAT 2', Tayang Mulai Senin 1 Juni 2020

Kamis, 28 Mei 2020 15:00 Penulis: Canda Dian Permana
Sinopsis Sinetron 'INSYA ALLAH SURGA TINGKAT 2', Tayang Mulai Senin 1 Juni 2020 Sinetron Insya Allah Surga Tingkat 2 (credit: SCTV)

Kapanlagi.com - Semuanya perfect buat 3 bersaudara, Tatang-Karyo-Ucok. Kehidupan yang sangat amat sempurna! Bayangkan saja, berkat harta warisan dari Haji Ridwan kini mereka menjadi orang TERKAYA di Desa Cirempong. Tinggal di rumah mewah, punya mobil mewah, punya tabungan Milyaran, apapun yang mereka mau bisa dengan mudah mereka dapatkan.

Kehidupan percintaan pun berjalan PERFECT!
Karyo SEBULAN lagi akan menikah dengan Salwa yang sudah resmi dan sudah sah bercerai dari Nurdin. Karyo bersedia menerima Salwa apa adanya, itulah yang membuat Sala akhirnya menerima Karyo dan berhenti mengejar Tatang.
Tatang juga sudah bertunangan dengan Asma dan rencananya akan segera menikah setelah pernikahan Karyo-Salwa. Ucok biarpun belum ada yang tetep, tapi banyak cewe yang naksir Ucok gara-gara banyak duit. Ucok jadi Playboy Cirempong.
Namun ada satu janji Tatang-Karyo-Ucok ke Almarhum Ayah mereka, Haji Ridwan yang sampai sekarang belum mereka penuhi.. jadi Sarjana!

Ke-3 ibu mereka, Bulan-Klanting-Euis kini tinggal di Hawaii. Sebelum berangkat mereka titip pesen ke Tatang-Karyo-Ucok :
“Kalian harus kuliah! Biar pinter dan tidak sering-sering ketipu seperti selama ini.”

Tatang bersedia menjalankan perintah ayah dan ibunya, karena dia benar-benar ingin pintar. Maka Tatang-pun mendaftar di Fakultas Ilmu Politik Universitas Tribucin, terntu saja itu kampusnya Asma! Maklum Tatang kan nggak bisa jauh-jauh dari Asma.
Tentu saja Asma senang sekali karena dia akan sekampus dengan tunangannya. Asma sangat men-support niat Tatang untuk kuliah.
Karyo punya pemikiran sendiri..
KARYO
Gue juga mau kuliah!
Supaya nanti di undangan pernikahan,
Bisa ditulis : Karyo SH, ST, Ssos, Sosis!
Biar keren!

UCOK
Benga’ kau! Kau kan sebulan lagi menikah?
Mana mungkin sudah jadi sarjana?

KARYO
Kan bisa ditulis kecil di bawah dengan tanda bintang:
Semua gelar diatas, segera!

Karyo ingin pamer gelar panjang bererot, supaya orang tau kalo dia pinter, secara Karyo calon menantu Pak Kades Cirempong.

Sementara Ucok, merasa semua gadis di Cirempong tidak ada yang menarik hatinya lagi. Maka dia juga mau kuliah siapa tau bisa ketemu cintanya. Apalagi selama ini Atun sering cerita kalau di kampusnya ada girl band ala-ala Korea, impian Ucok banget punya pacar dari Korea.

Sebenarnya, selama ini dengan mobil barunya, Tatang sering mengantar Asma ke kampus, tapi hanya sampai depan kampus saja, maklum Tatang sibuk dakwah dan nyumbang sana-sini bersama Ustadz Ali. Sebelum trio Tatang-Karyo-Ucok mulai masuk kampus, kita diajak berkenalan dengan kehidupan Asma di kampusnya, Fakultas Ilmu Politik Universitas Tribucin.
Sejak pertama kali kuliah di Universitas Tribucin, Asma bersahabat karib dengan seorang gadis cantik bernama Melur (20 tahun).. Melur ini adalah anak semata wayang REKTOR Universitas Tribucin yang bernama Profesor Molen (50 tahun) pemimpin Universitas yang super galak dan bertangan besi. Kalo ada pegawai kampus atau Mahasiswa yang melanggar pasti disuruh Push-Up! Semua orang di Universitas Tribucin TAKUT setengah mati sama Prof. Molen.

Melur, gadis cantik yang punya penyakit Asma parah, selalu bawa Inhaler kemana-mana. Kalo udah sesek harus semprot Inhaler.

Melur adalah seorang gadis dengan pikiran yang kacau akan membuat emosi menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan ini menjadi salah satu penyebab kambuhnya asma Si Melur, karena tekanan mental yang berimbas pada saluran pernapasan.
Punya penyakit sesak nafas akut, hanya ASMA yang bisa membuat nafas Melur lega lagi.. (Asma selalu mengelus punggung Melur untuk menenangkannya)
MELUR
Lucu ya sakit Asma aku hanya bisa sembuh,
Kalo ada kamu, Asma.

Asma & Melur sahabat karib yang tidak terpisahkan saat mereka di kampus. Mereka sangaaat dekat sekali. Bahkan saat Asma kekurangan biaya kuliah, Melur lah yang membantunya.

Sekali waktu Asma bertanya ke Melur..

ASMA
Kamu kok bisa sakit Asma parah begitu sih?

Ternyata dulu jaman SMA, Melur pernah pacaran dengan seorang pemuda yang sampai sekarangpun masih sering menghiasi mimpinya, Melur memanggil mantan pacarnya itu dengan sebutan “Jaka Tarub”

ASMA
Kok Jaka Tarub?

MELUR
Dulu aku dan 6 orang teman SMA-ku
sedang latihan Dance,
Handuk aku jatuh dia mengambilnya..
Sejak saat itu kita jadian..
Aku sangat mencintai Jaka Tarub.
Tapi dia pergi meninggalkan aku begitu saja..
Sejak itu aku sering sesak nafas!

ASMA
Kamu tuh, kan sudah bertahun-tahun yang lalu.
Masa sampe sekarang masih sesak nafas hanya
gara-gara dia? Move-On dong Melur.

Asma menyarankan ke Melur untuk melupakan “Jaka Tarub” dan menerima cinta jagoan kampus yang bernama Samiri (25 tahun)

Samiri ditakuti di kampus, dia adalah pemimpin Geng Blangkon Merah yang sangat ditakuti di Universitas Tribucin. Ciri Khas mereka sesuai namanya : Selalu memakai Blangkon berwarna merah.

Sudah sejak lama Samiri berusaha mendekati Melur. Tapi Melur tidak mau dan selalu menolaknya. Apalagi ayah Melur, Profesor Molen tidak suka dengan Samiri yang miskin.

Profesor Molen bercita-cita anaknya married dengan cowo kaya-raya!

Biarpun selalu ditolak tapi Samiri pantang mundur, dia berusaha dekat dengan Melur, salah satunya dengan cara meminta bantuan Asma. Tapi begitulah cinta, cinta itu tidak pernah bisa dipaksakan sehingga Samiri selalu gagal!


Semuanya semakin kacau, ketika Trio Tatang-Karyo-Ucok mulai masuk kampus!


Hari pertama OSPEK, Tatang-Karyo-Ucok nyaris berantem dengan senior mereka anggota Geng Blangkon Merah, gara-gara disuruh melakukan hal-hal konyol dan tidak masuk akal. Ternyata di kampus baru mereka Bullying ketika OSPEK cukup menyebalkan. Tatang-Karyo-Ucok dikerjain abis-abisan oleh para Senior. Untungnya ada Abie, adik angkat mereka yang juga masuk kuliah di situ. Sehingga, Karyo, Tatang, Ucok dan Abie bisa sedikit memberikan perlawanan pada Samiri dan geng blangkon merahnya. Ospek yang lucu!


Asma yang senang Tatang mulai kuliah di situ ingin segera mengenalkan Tatang ke sahabatnya, Melur.

Alangkah terkejutnya Asma, begitu Melur melihat Tatang dia langsung SESAK NAFAS!

Ternyata Tatang adalah si Jaka Tarub...

Tatang dan Melur dulu pernah pacaran ketika SMA, dan Tatang meninggalkan Melur karena harus ikut ibunya mengurus kasus warisan H. Ridwan.

Asma tidak tega mengatakan yang sejujurnya kepada Melur, selain karena Melur adalah sahabat dekatnya, juga karena takut Melur meninggal akibat sesak nafas. Asma terpaksa menutupi, tidak cerita kalo Tatang adalah tunangannya! Begitu juga dengan Tatang, dia selalu enggan dan tidak pernah mau membahas masa lalunya dengan Melur, toh itu hanya cinta monyet. Tapi bagi Melur, Tatang adalah cinta pertama yang tidak pernah bisa dilupakan.

Melur senang sekali bisa ketemu Tatang lagi. Sejak itu Melur berusaha mendekati Tatang dengan berbagai macam cara. Bahkan Melur minta tolong Asma untuk membuat Tatang jadi pacarnya lagi! Tatang is my first love, rengek Melur kayak biasanya ke Asma.

Asma terpaksa harus memendam perasaannya sendiri, biarpun sebenernya dia juga terbakar api cemburu melihat tunangannya didekati oleh gadis secantik Melur.

Tatang yang tidak tau kalo Melur dan Asma bersahabat, berusaha menghindar dari Melur. Namun Tatang sering kali tidak bisa lagi menghindar ketika Profesor Molen ternyata juga SUKA SEKALI sama Tatang dan mau menjadikan Tatang mantu-NYA! Bahkan Profesor Molen mengancam akan MENGHABISI siapapun yang menghalangi pernikahan Tatang dengan Melur. Apalagi Profesor Molen mengetahui kalau Tatang adalah anak Almarhum Haji Ridwan, sahabatnya waktu susah dulu.

Sementara itu, Ucok yang sempat dikira Tukang Kebun oleh Mahasiswa di sana, gara-gara tampangnya yang kurang meyakinkan, mulai menunjukkan taringnya! Ucok akhirnya bertemu dengan cewek yang menarik hatinya.. Kembang kampus yang juga anggota Girlband MERAH JAMBU yang bernama Lisa (21 tahun)

Ucok mendadak POPULER di Kampus gara-gara pacaran sama Lisa yang terkenal cantik jelita. Lisa ini gayanya sangat K-POP dan kalo ngomong selalu campur-campur Indonesia-KOREA.

Semua orang bingung, kok mau ya Lisa sama si Ucok? Pasti dia Matre, begitu dugaan mereka. Apalagi Kaya Ucok selangit, bikin cowok-cowok kesel banget. Tapi memang Ucok membuktikan diri sebagai cowok tajir, apa saja bisa dibeli sama Ucok.

Masalah semakin tajam, ketika Partner, rekan Lisa di Girlband Merah Jambu, yang bernama Rose (20 tahun) ikut jatuh cinta sama si Ucok! Menurut Rose, Ucok itu nyenengin, bikin nyaman dan selalu bisa membuatnya tertawa. Apa lagi yang dicari selain kebahagian bersama pasangan? Begitu ungkapan Rose saat ada yang menyindir dia cewek matre yang mau sama hartanya Ucok.

Rose yang tak kalah cantiknya dengan Lisa ini membuat Ucok bingung harus pilih siapa? Akhirnya Ucok memilih.. Dua-duanya! Karyo dan Tatang sering nasehatin Ucok, buat milih satu saja, tapi Ucok selalu bilang, apapun didunia ini perlu cadangan, agar kalau satu hilang, masih ada satu lagi sebagai gantinya.

Kini Ucok punya pacar dua sekaligus, Lisa dan Rose hingga sering sukar mengatur pertemuan untuk kencan dengan mereka. Ketika kencan nonton ke Bioskop bersama Lisa, Ucok harus pura-pura pergi ke Toilet karena di Foodcourt Rose menunggunya! Ucok jadi pusing sendiri gara-gara kehidupan Playboynya..

Kelucuan lain muncul saat Ucok sedang mengantar Rose pulang dan mobilnya tabrakan.. Ternyata dia tabrakan dengan mobilnya Lisa! Ucok panik luar biasa karena ke-Gep! Terpaksa Ucok berpura-pura hilang ingatan. Supaya Lisa dan Rose tidak tau kalo Ucok menduakan mereka.

Lain lagi dengan Karyo. Walau di kampus, terkesan play boy dan suka deketin cewek, tapi hati Karyo ternyata hanya untuk Salwa seorang. Karyo tak pernah berani macam-macam kalau di depan Salwa. Cinta Karyo pada Salwa membuat Karyo selalu ingin cepat pulang kuliah. Walau Salwa tiap menit ngajakin vidio call, takut Karyo kesamber cewek kampus. Bahkan Salwa sering banget nungguin Karyo di kampusnya. Salwa ternyata super protektif, selalu ingin tau keadaan Karyo lagi ngapain? Sama siapa?. Tetapi di depan Ucok dan Tatang, Karyo malah sombong, ketampanannya mampu membuat Salwa bener-bener klepek-klepek, nggak mau pisah sama dia sedetik pun sudah terbukti.

Salwa gadis paling rempong di Cirempong itu, semula begitu baik, begitu sayang sama Karyo, tapi lama-lama karena sering datang ke Kampus, dan melihat kehidupan abg kekinian, Salwa merasa dirinya harus update, Salwa jadi sering ngambek, sering ke salon, sering shoping online baju-baju baru, bahkan hapenya Salwa sekarang ada 7. Tiap ada model hape baru, selalu minta dibeliin, dan sebagai orang kaya raya, Karyo selalu mengiyakan semua permintaan Karyo.

Kembali ke Tatang, sejak dia dekat dengan Melur hidupnya jadi sulit karena Samiri dan Geng Blengkon merah selalu menganggunya. Tatang sebenarnya benar-benar ingin fokus dengan Asma, kuliah dan belajar agamnya bersama Ustadz Ali, tapi situasi selalu membawa Tatang untuk bertemu dengan Menus.

Bahkan Samiri yang dendam kesumat sama Tatang bekerjasama dengan Nurdin, mantan Suami Salwa untuk merebut harta Trio Tatang-Karyo-Ucok. Dendam kesumat Nurdin yang merasa Salwa direbut Karyo membuat Nurdin mati-matian mencari cara mengghancurkan tiga saudara itu.

Hingga akhirnya, Karyo menikah dengan Salwa, Ucok masih sibuk dengan Lisa dan Rose. Bahkan dalam pernikahan Karyo, Lisa dan Rose dateng barengan. Lisa dan Rose yang sudah jatuh hati sama Ucok, bahkan rela buat dipoligami, sekali lagi, rasa nyaman, rasa aman dan kebahagiaan yang diberikan Ucok selama ini pada Lisa dan Rose membuat keduanya rela, jika kelak harus berbagi suami. Toh selama ini Lisa dan Rose adalah sahabat karib, yang tau baik dan buruknya masing-masing.

Ternyata, menikah tak seindah yang dibayangkan Karyo selama ini. Rumah tangganya dengan Salwa semakin hari semakin rungsing, Salwa selalu meminta macam-macam pada Karyo, kalau tidak diturutin, Salwa selalu bilang “Tidur di luar!” tetapi karena rasa cintanya yang begitu besar ke Salwa, membuat Tatang selalu menuruti Salwa. Bukan hanya harta benda yang diminta Salwa, Salwa juga meminta Karyo “memiliki TAHTA”, untuk menggantikan Pak Kades yang sebentar lagi habis masa jabatannya. Salwa ingin jadi ibu pejabat, bukan cuman anak mantan pajabat. Karyo habis-habisan menuruti Salwa. Lagi-lagi karena Karyo sangat mencintai Salwa, apa adanya.

Ucok dan Tatang sebenarnya mengetahui masalah Karyo, karena Karyo sering tidur di rumah mereka kalau malam. Tetapi di depan Ucok dan Tatang dia selalu cerita kalau rumah tangganya baik-baik saja, memang dari luar Karyo dan Salwa adalah pasangan paling bahagia, tapi di rumah, Karyo begitu tersiksa dengan sikap dan ulah istrinya. Bahkan Karyo sering nangis sendirian di mushola. Karyo yang tak kuat menahan beban batin, selain permintaan yang aneh-aneh, Salwa juga sering membandingkan Karyo dengan Nurdin, dan Tatang. Tak kuat menahan bebabm akhirnya Karyo cerita ke Ucok dan Tatang.

Masalah semakin pelik, sebuah rencana jahat dibuat untuk Nurdin dan Samiri untuk membuat Tatang-Karyo-Ucok jatuh miskin! Samiri yakin Tatang bisa mengalahkannya karena punya duit banyak, sementara Samiri sendiri berasal dari keluarga yang kurang mampu..

Asma yang semakin hari semakin yakin kalo Melur dan Tatang berjodoh, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri tali pertunangannya dengan Tatang! Asma tidak kuat menyakiti hati Melur... Tatang yang melihat rumah tangga Karyo di ujung tanduk juga menjadi takut untuk buru-buru menikah. Hingga akhirnya, keputusan berat mereka ambil, Asma dan Tatang putus!

Tentu saja ini membuat hati Tatang hancur tak karuan. Tapi Tatang dan Asma sepertinya memang ditakdirkan untuk selalu bertemu dan bertemu, walau sudah memutuskan untuk putus, tetapi mereka selalu bertemu dalan situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Tiba-tiba...

Tatang-Karyo-Ucok dihadapkan pada kenyataan mereka harus kehilangan seluruh HARTA mereka gara-gara permufakatan jahat Samiri dengan Nurdin!

Kondisi mendadak berubah 180 derajat untuk Tatang-Karyo-Ucok. Dunia Terbalik!

Samiri dan Nurdin menjadi orang terkaya di Cirempong!

Dan gilanya lagi, ternyata selama ini bukan Melur yang diincar oleh Samiri, melainkan Asma..

Memanfaatkan kerapuhan Asma, Samiri masuk! Dia melamar Asma dan Asma tak punya pilihan, Melur bisa mati kalau Asma tetap bersama Tatang, Asma akhirnya dengan berat hati memutuskan untuk menerima pinangannya Samiri..

Asma dan Samiri akan segera menikah...

Setelah kehilangan segalanya, barulah engkau akan mengerti arti memiliki...

Kini mereka mendapatkan pelajaran berharga dalam hidup. Bahwa selama ini mereka telah melakukan kesalahan besar..

Karyo salah karena terlalu mendewakan cinta, wanita dan harta hingga dia terjebak untuk mengejar tahta.

Ucok sadar kalo dia salah selama ini menilai orang dari fisiknya saja, ternyata tanpa HARTA dia tidak memiliki cinta (ngga ada cewek yang mau sama dia)

Sementara TATANG akhirnya tau dia salah selama ini kurang memperhatikan Asma dan dia terlalu ragu-ragu untuk menikah.

Tatang berusaha sekuat tenaga untuk merebut hati ASMA kembali (mulai dari nol) dan berusaha menggagalkan pernikahan Samiri dengan Asma.

Perjuangan Tatang untuk kembali mendapatkan Asma membuat Karyo dan Ucok sadar, mereka adalah saudara yang harus saling membantu. Ucok dan Karyo akhirnya membantu Tatang untuk mendapatkan kembali Asma, berbagai cara mereka lakukan, supaya Asma membatalkan pernikahan dengan Samiri. Harta bukan lagi menjadi yang mereka kejar, karena selama ini mereka sadar, banyak harta semakin banyak yang harus mereka pertanggung jawabnya. Kini, Ucok, Karyo dan Tatang mengejar kebahagian dunia Akhirat.

Pelan tapi pasti walau sangat berat, Tatang dibantu Ucok dan Karyo akhirnya bisa menyakikan Asma, bahwa Tatang sangat mencintainya.

Setelah itu Tatang dan Ucok membantu Karyo, menyelesaikan konflik rumah tangga Karyo dan Salwa. Dengan keiklasan, ketulisan dan kesabaran tiga saudara itu, Salwa pelan-pelan mulai sadar, apa yang dia lakukan selama ini tidaklah ada gunanya. Salwa yang sering membandingkan Karyo dengan orang lain, sadar apa yang dia lakukan menyakit hati Karyo suaminya yang ternyata begitu tulus mencintai Salwa.

Ucok tak mau kalah, dia juga meminta bantuan Karyo dan Tatang untuk mendapatkan kembali cintanya Lisa. Tapi ternyata Lisa dan Rose menerima Tatang apanya, walau miskin cinta Lisa dan Rose tak berubah sedikitpun. Ucok jadi panik sendiri, karena Lisa dan Rose tetep ngeyel, mereka tidak masalah dipoligami Ucok.

Sambil memperbaiki masalah hubungan masing-masing, Tatang Ucok dan Karyo mendapatkan bantuan dari Abie adik angkat mereka. Akhirnya Samiri dan Nurdin bisa mereka kalahkan, harta kembali, tapi Ucok, Karyo dan Tatang sudah nyaman dengan keadaan mereka saat ini. semua warisan itu disumbangkan ke yayasan sosial, atas persetujuan ibu-ibu mereka yang sekarang sudah punya usaha masing-masing di kampung halamannya.
Tatang, Ucok, Karyo merasa hidup mereka saat ini nyaman, tenang dan aman walau hidup pas-pasan dan apa adanya. Karyo dan Ucok mengelola Gatot Kaca Expres yang dulu sempat mereka beli. Tatang dan Ustadz Ali melanjutkan jalan hijrah dengan dakwah dari kampung ke kampung.
Mereka semua darar, hidup bahagia itu bukan karena banyak harta, tetapi hidup bahagia itu ketika banyak saudara dan bisa membuat orang lain bahagia…

(kpl/sctv/nda)


REKOMENDASI
TRENDING