in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Berikut Deretan Ikon Dangdut Indonesia Dari Masa Ke Masa

Senin, 08 April 2019 21:31 Penulis: Dhimas Nugraha

Elvy Sukaesih dan Rhoma Irama ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Dangdut sudah menjadi ikon tersendiri dari dunia musik di Indonesia. Buktinya, sejak dulu hingga sekarang, dangdut selalu memiliki tempat di hati para pendengarnya. Bahkan meski sudah banyak mengalami perubahan dalam musiknya, dangdut masih bisa diterima oleh banyak orang. 

Dari mulai dangdut melayu yang dipopulerkan oleh Muhammad Mashabi pada tahun 50-60an, munculnya Raja Dangdut Rhoma Irama dan Evly Sukaesih tahun 80-an hingga tahun 90-an. Serta saat ini yang didominasi oleh penyanyi muda berkualitas seperti Lesti Kejora, Ayu Ting Ting, hingga Via Vallen. 

Ikon-ikon dangdut tersebut sangat jaya pada masanya. Dari yang mulai merintis musik dangdut hingga yang mulai mengakulturasi budaya luar, berikut daftar penyanyi dangdut yang menjadi ikon dangdut Indonesia dari masa ke masa. 

1. Muhammad Mashabi

Generasi dangdut sekarang mungkin sangat jarang dan bahkan banyak yang tidak mengetahui nama Muhammad Mashabi. Mashabi dikenal sebagai sosok perintis dari musik dangdut Tanah air pada tahun 50-an. Muhammad Mashabi mengubah musik melayu yang sedikit kaku, kemudian ia tambahkan sedikit instrumen hingga menghasilkan musik yang lebih luwes dan bisa dinikmati banyak kalangan. Beberapa karyanya yang terkenal seperti Ratapan Anak Tiri, Renungkanlah, dan Kecewa yang dipopulerkan oleh Iis Dahlia. 

2. Ellya Khadam

Salah satu ikon dangdut di tahun 50-an dan 60-an bersama Muhammad Mashabi, Ellya Khadam menjadi salah satu penyanyi dangdut yang populer kala itu. Lagu-lagunya sudah banyak dikenal kalangan luas. Bahkan meski sudah berjarak 50 tahun lebih lagu yang dibawakan ole Elya masih nikmat dinikmati oleh pendengar. Salah satu lagu yang masih terkenal sampai sekarang adalah Boneka Dari India. Lahir di Jakarta tahun 1928, Elya berkarir di dunia dangdut selama lebih dari empat dekake, dan meninggal tahun 2009 pad usia 80 tahun. 

3. Rhoma Irama

Siapa yang tidak kenal Rhoma Irama? Ikon dangdut tahuun 70-an dan diberikan gelar Raja Dangdut ini sudah menjadi legenda dangdut tanah air. Karya-karya yang ia buat selalu menjadi hits di Indonesia. Bahkan lagu-lagunya seperti Begadang, Darah Muda, Judi dan beberapa lagu lainnya tidak pernah termakan zaman. 

Rhoma Irama atau yang sering disapa Pak Haji ini memulai karir sebagai penyanyi rock. Beberapa tahun kemudian ia mendirikan sebuah grup dangdut bernama Soneta dengan 12 orang personil dan beberapa penyanyi latar. Tak hanya mennyanyi dangdut, Rhoma Irama juga sukses menjadi bintang film. Bahkan beberapa film ia sutradarai sendiri dan menggunakan judul lagunya menjadi judul film. 

4. Elvy Sukaesih

Kalau ada Raja Dangdut, pastinya juga ada Ratu Dangdut. Nah Elvy Sukaesih adalah Ratu Dangdut mendampingin Rhoma Irama sebagai Raja Dangdut pada masa itu. Penyanyi dangdut legendaris yang sudah menyanyikan banyak lagu, seperti Gula-Gula, Pesta Panen, dan Bisik-Bisik Tetangga, yang sampai saat ini lagu tersebut masih nikmat untuk didengarkan. 

Seperti Rhoma Irama, Elvy Sukaesih juga pernah bermain di beberapa film. Namanya kian melambung saat bermain peran di film Warkop yang berjudul MANA TAHAAAAN.

5. Meggy Z

Ingat Lagu Jatuh Bangun atau Anggur Merah? Ya, itu adalah lagu-lagu legendaris yang dinyanyikna oleh almarhun Meggy Z. Sampai saat ini, lagu-lagu tersebut masih sering dinyanyikan oleh para penyanyi dangdut dan di ajang pencarian bakat lagu dangdut. Terhitung sudah lebih dari 100 lagu yang dinyanyikan oleh Meggy Z. beberapa karya yang  masih hits sampai saat ini diantaranya Lebih Baik Sakit Gigi, Benang Biru, dan Terlanjur Basah. 

Meggy Z menjadi ikon dangdut tanah air di era 80-an hingga 90-an. Lahir tahun 1945, Meggie Z meninggal tahun 2009 di usia 64 tahun karena serangan jantung. 

6. Rita Sugiarto

Penyanyi dangdut dengan power vocal yang tinggi ini menjadi salah satu ikon penyanyi dangdut di era 90-an. Terkenal denga suaranya dan nada tingginya yang khas, menjadikan Rita Sugiarto salah satu penyanyi dangdut yang sukses kala itu. Banyak lagu-lagu yang ia nyanyikan masih menjadi hits hingga saat ini. Beberapa lagunya tersebut diantaranya adalah Oleh-Oleh, Dua Kursi, Goyah, dan beberapa lagu lainnya. 

Sampai saat ini Rita Sugiarto masih aktif dalam dunia dangdut. Sampai saat ini ia masih sering tampil baik di siaran televisi, maupun di luar televisi. Bahkan Bunda Rita juga pernah didapuk sebagai juri di ajang pencarian bakat dangdut di stasiun televisi nasional. 

7. Mansyur S

Bicara soal dangdut, rasanya masih kurang kalau tidak memasukkan nama Mansyur S. sebagai ikon dangdut tanah air. Berkarir di tahun 60-an, lewat album Pesan Perpisahan, namanya melejit mengalahkan beberapa penyanyi dangdut lainnya. Dengan gaya dan suaranya yang khas, sampai saat ini lagu-lagu yang ia bawakan masih nyaman untuk dinikmati. 

8. Iis Dahlia

Iis Dahlia muncul pada generasi dimana musik Rock saat itu sedang berjaya. Namun dengan lagu dan suaranya, menjadikan dirinya sebagai penyanyi tersukses di era 90-an hingga 2000-an. Lagu-lagunya yang masih menjadi hits sampai sekarang antara lain Tamu Tak Diundang, Payung Hitam, Cinta Bukanlah Kapal, dan Seroja. Tak ayal jika statusnya ini menjadikannya pantas untuk menjadi salah satu juri di ajang pencarian bakat dangdut di Indonesia. 

9. Ikke Nurjanah

Bisa dibilang karir Ikke Nurjanah sebelas duabelas dengan Iis Dahlia. Selisih dua tahun dari Iis Dahlia, Ikke Nurjanah menjadi salah satu penyanyi dangdut yang sukses di awal 2000an. lagu-lagu Ikke Nurjanah pun juga mudah dihapal seperti Memandangmu, Birunya Rindu, dan Terlena menjadi hits pada waktu itu. 

10. Inul Daratista

Perjalanan karir Inul Daratista hingga mencapai puncaknya saat ini tidak semudah yang dibayangkan orang-orang. Inul memulai karir sebagai penyanyi dangdut orkes keliling dari panggung ke panggung. Selama beberapa tahun, Inul harus bernyanyi keliling kota tiap minggunya. Beruntunglah saat itu namanya kemudian tenar di salah satu stasiun televisi hingga akhirnya ia menjadi seperti saat ini. 

Tak hanya itu, Inul juga pernah diperkarakan oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama karena goyangannya yang sedikit vulgar dan seronok. Namun, kini ia sudah meninggalkan goyangannya tersebut dan menjadi Inul yang baru dan berkharisma. Lagunya yang populer kala itu berjudul Goyang Inul. 

11. Ayu Ting Ting

Datang dengan Alamat Palsu, nama Ayu Ting Ting langsung melejit di tahun 2014. Kala itu kehidupan karirnya lagsung berputar 180 derajat. Sukses dengan lagunya tersebut, membuatnya menjadi ikon dangdut di tahun 2014. Meski membawakan lagu dangdut, musiknya pun tergolong segar. Tidak melulu hanya gendang dan seruling namun juga ada tambahan house music.

Beberapa tahun kemudian ia semakin sukses kala lagu barunya berjudul Sambalado rilis. Namanya menjadi salah satu penyanyi dangdut yang banyak disorot kala itu. 

12. Siti Badriah

Selisih beberapa tahun dengan Ayu Ting Ting, Nama Siti Badriah muncul  dengan membawakan lagu berjudul Gedung Tua. Tahun 2018 menjadi tahunnya Siti Badriah. Lagunya yang berjudul Lagi Syantik menjadi trending di Youtube dan sudah ditonton lebih dari 480 juta penonton. 

13. Via Vallen

Namanya melejit ketika lagu berjudul Sayang muncul di Youtube tahun 2017 dan sudah ditonton lebih dari 150 juta penonton youtube. Sama seperti Inul Daratista, penyanyi kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur ini juga memulai karir dari panggung ke panggung. Ia mulai terkenal saat beberapa videonya di unggah di youtube. 

Meski masih baru dalam merintis karir, namun Via Vallen sudah berhasil meraih prestasi sebagai penyani solo terbaik versi Indonesian Dangdut Awards 2017 mengalakan Ayu Ting Ting. Tak hanya itu ia juga menyanyikan sebuah lagu yang menjadi lagu ikon dan tema Asian Games 2018. Beberapa waktu lalu, ia juga di undang di Russia sebagai bentuk apresiasi penyanyi berbakat 2019. Sungguh prestasi yang luar biasa. 


REKOMENDASI
TRENDING